Merubah Foto Menjadi Hitam Putih Dengan Photoshop

Merubah Foto Menjadi Hitam Putih

Tutorial merubah foto menjadi hitam putih ini merupakan tutorial pertam FD di tahun 2013. Beberapa minggu terakhir ini sejak akhir tahun 2012 kebetulan begitu banyak kegiatan yang menyita waktu sehingga FD tidak sempat membuat tutorial-tutorial baru. Namun saat ini kondisi waktu sudah mulai kembali normal sehingga mudah-mudahan tutorial-tutorial baru akan kembali mulai dipublikasikan.

Untuk tutorial kali ini saya akan memperlihatkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk merubah foto menjadi hitam putih dengan menggunakan Adobe Photoshop. Pada tutorial ini diperlihatkan teknik yang mudah dan cepat dan juga teknik lain yang lebih advance. Tutorial video juga diperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknik untuk membuat foto berwarna menjadi hitam putih. Dalam merubah atau membuat foto berwarna menjadi hitam putih tidak semudah dengan hanya menghabiskan Saturation pada foto.

Untuk dapat merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih yang baik, kita harus terlebih dahulu memahami karakter warna yang ada pada foto tersebut. Baru kemudian kita dapat menterjemahkan karakter dari warna-warna tersebut menjadi karakter tone hitam putih yang sesuai. Untuk dapat menghasilkan tone hitam putih pada foto yang sesuai dengan karakter warna awal dari foto maka kita harus dapat melakukan pengaturan tone pada masing-masing warna. Pada tutorial video kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana menggunakan fitur Channel Mixer dan Adjustment Black & White pada foto untuk merubah foto berwarna menjadi foto hitam putih yang baik dan tetap merefleksikan karakter dari warna sebelumnya.