Mitos Resolusi 72 Pixels/Inch Untuk Web

Apabila Anda sering berhubungan dengan dunia desain grafis baik untuk cetak terutama desain web maka Anda tentu akan familiar dengan aturan resolusi 72 Pixels/Inch untuk setiap gambar yang akan ditampilkan di internet atau web. Alasan yang sering kita dengar kenapa ada aturan setiap gambar atau foto di web harus memiliki resolusi 72 Pixels/Inch adalah dikarenakan media monitor yang kita gunakan sekarang memiliki resolusi sebesar 72 Pixels/Inch. Dan dengan resolusi sebesar itu maka file size gambar akan menjadi lebih kecil sehingga proses loading di web menjadi lebih cepat. Tahukah Anda bahwa hal itu semua hanyalah sebuah mitos? Dengan kata lain alasan tersebut sebenarnya  salah? Berikut penjelasannya.

Pada artikel sebelumnya di sini dan di sini saya sudah jelaskan bahwa resolusi hanya memiliki pengaruh pada ukuran cetak. Dan sama sekali tidak mempengaruhi file size dari foto kita. Dengan kata lain, 2 foto identik namun dengan resolusi berbeda tetap akan memiliki file size yang sama. Membuat resolusi foto menjadi lebih besar tidak akan membuat proses loading foto tersebut menjadi semakin lama karena file sizenya juga  tidak ikut membesar. Demikian juga sebaliknya, membuat resolusi foto menjadi kecil bukan berarti mempercepat proses loading foto karena file sizenya juga tidak menjadi lebih kecil.

Monitor komputer kita memiliki resolusi 72 Pixels/Inch? Betul kalo Anda sekarang adalah pengguna komputer Macintosh keluaran pertengahan tahun 80an. Karena sejarahnya berawal ketika Apple membuat resolusi monitor komputer Macintosh sebesar 72 Pixels/InchKarena sejarahnya berawal ketika Apple membuat resolusi monitor komputer Macintosh sebesar 72 Pixels/Inch yang disesuaikan dengan mesin printer ImageWriter keluaran Apple yang memiliki resolusi 144 Pixels/Inch (2 kali dari resolusi monitornya). Dengan demikian pengguna komputer Macintosh dapat dengan mudah mengetahui dimensi pekerjaan mereka di monitor Macintosh ketika nantinya di cetak dengan printer ImageWork. Tapi resolusi monitor 72 Pixels/Inch ini pun tidak bertahan lama digunakan oleh Apple. Monitor-monitor generasi berikutnya tidak lagi memakai seting resolusi tersebut.

Lalu berapakah resolusi monitor yang kita pakai sekarang? Kecuali Anda masih menggunakan komputer Apple dari lebih 30 tahun yang lalu, maka resolusi monitor Anda sekarang bukan 72 Pixels/Inch.Bagaimana kita mengetahui resolusi monitor kita sekarang? Berikut langkah-langkah untuk mengetahui resolusi monitor komputer Anda yang sebenarnya:

Pertama, ukur lebar dan tinggi dari monitor yang Anda gunakan (dalam inci) dengan menggunakan penggaris atau alat pengukur lainnya. Pastikan Anda mengukur hanya area layar monitornya saja. Contohnya monitor yang saya pakai memiliki lebar 12,2 inci dan tinggi 6,8 inci.

Resolusi 72 Pixels/InchResolusi 72 Pixels/Inch

Kedua, temukan seting native display resolution dari monitor yang Anda gunakan sekarang. Caranya untuk pengguna OS Windows: pilih Start Menu > Control Panel. Kemudian di bagian Display pilih Adjust Resolution. Selanjutnya di window yang muncul pilih seting Resolution kemudian catat pilihan yang sedang aktif. Pada contoh di bawah ini saya menggunakan seting native display resolution pada monitor saya adalah 1366 × 768.

Resolusi 72 Pixels/Inch

Selanjutnya untuk menemukan resolusi monitor yang digunakan kita dapat membagi angka pertama di native display resolution monitor dengan lebar monitor yang dipakai:

1366 ÷ 12,2 = 112

Maka resolusi monitor sebenarnya dari monitor yang saya pakai adalah 112 Pixels/Inch. Untuk semakin meyakinkan kali ini kita bisa bagi angka kedua di native display resolution monitor dengan tinggi monitor yang dipakai:

768 ÷ 6,8 = 113

Hasilnya tidak jauh berbeda. Dengan demikian resolusi monitor sebenarnya dari monitor yang saya pakai adalah 112 Pixels/Inch. Jauh lebih besar dari mitos resolusi 72 Pixels/Inch yang kita kenal sebelumnya. Saat ini sudah tidak ada lagi monitor yang memiliki resolusi 72 Pixels/Inch, semua monitor komputer memiliki resolusi yang jauh lebih besar dari angka 72 Pixels/Inch. Nah, berapa resolusi monitor sebenarnya yang Anda gunakan?

Satu-satunya keuntungan menggunakan resolusi rendah seperti 72 pixels/inch untuk foto kita yg diupload ke web adalah membatasi kemungkinan orang lain mendownload foto tersebut lalu mencetaknya dalam dimensi yang cukup besar dengan kualitas yang cukup baik. Tapi bila memang tujuannya untuk itu, kenapa tidak set resolusi foto serendah mungkin seperti 1 pixels/inch ketimbang 72 pixels/inch.

Photo credit: Victoria Reay

  • Mohamad Borneafandri Abulga

    Kalo menurut pemahaman saya sih 72pixels/inch itu berarti terdapat 72 titik pixel setiap inchinya, itu berarti kan kalo resolusi makin besar pixel juga makin banyak dan otomatis file size gambar juga makin besar kan????

    • bismafs

      Maksudnya file size itu file size dalam ukuran kilobytes fotonya? Kalo yg dimaksud itu, resolusi tidak berpengaruh dng file size, coba aja rubah file foto yg resolusinya 72 pixels/inch jadi 1000 pixels/inch atau 1 pixels/inch. Dijamin filesizenya dalam kilobytes atau megabytes pasti sama. Karena informasi resolusi 72 pixels/inch hanyalah informasi yang disampaikan oleh image pada mesin cetak untuk mencetak foto tersebut sebanyak 72 pixels dalam setiap inci perseginya. Lebih jelasnya lihat artikel saya di http://fotografidesain.com/2014/01/resolusi-gambar-digital/

      • Mohamad Borneafandri Abulga

        Jadi resolusi hanya berpengaruh ketika gambar di cetak ya???

        Oh ya, saya juga masih sedikit bingung dengan bit.Jadi dalam bekerja dengan Photoshop sebaiknya kita bekerja pada bit berapa mas??

        • bismafs

          Betul resolusi pixels/inch baru pengaruh kalo kita mau cetak.
          Nah, mengenai bit depth, jawabannya lebih baik saya buat dalam artikel aja yah. Tunggu, mudah2an besok udah online artikelnya :)

        • bismafs

          Artikel ttg bit depth undah online yah. Silahkan dicek, sori kelamaan baru nongol sekarang artikelnya :)

          • oking

            Tp saya kalo.abis scann dokumen terus buat dikirim ke email suka saya turunin resolusinya kl di 300 px kegedean, tp hasilnya ukurannya lumayan signifikan ko,,

          • bismafs

            Kalo filesize tentu turun karena informasi jumlah pixel juga turun dari 300.