Optimasi Proses Save File di Photoshop 20x Lebih Cepat!

Sebagai fotografer yang melakukan proses editing yang tidak terlalu berat tentu tidak pernah mengalami masalah dengan file size di Photoshop. Selama file size dari file PSD di Photoshop tersebut dibawah 2 Gb Anda tentu tidak pernah mengalami problem. Lain halnya dengan retoucher atau digital imaging artist yang sering bekerja dengan dokumen Photoshop yang memiliki banyak layer dan dimensi file yang besar sehingga document size bisa melebih 2 Gb dimana format PSD hanya support sampai file size 2 Gb saja. Disinilah fungsi dari format file PSB dari Photoshop.

Format file PSB ditujukan untuk support file berukuran besar sampai ukuran 300.000 pixels disemua sisi (width dan height), sedangkan format PSD hanya support sampai ukuran 30.000 pixels saja. Fitur Photoshop lainnya seperti layer, effects dan filter tetap berfungsi kecuali beberapa filter yang tidak support dokumen lebih besar dari 30.000 pixels. Format ini juga bisa digunakan untuk menyimpan dokumen HDR dengan bit depth hingga 32bit per channel.

Namun file dengan dimensi besar tentu akan memiliki file size yang besar juga. Buat Anda yang sering save file di Photoshop dengan dokumen size yang besar, proses saving file yang memakan waktu tentu akan mengganggu workflow dari proses kerja Anda. Terutama untuk Anda yang terbiasa melakukan proses saving  secara manual setiap menit untuk berjaga-jaga. Kenapa proses saving file di Photoshop bisa lama? Karena proses tersebut tidak hanya terjadi proses save tapi didahului oleh proses kompresi terlebih dahulu oleh Photoshop agar file size dari dokumen yang disimpan menjadi tidak terlalu besar. Proses ini memakan waktu karena Photoshop hanya menggunakan single CPU core dalam melakukan hal ini baik ketika menyimpan dokumen dalam format PSD maupun PSB. Anda tentu pernah merasakan ketika menyimpan file dengan format PSD di atas 1 Gb, proses penyimpanan atau save file menjadi sangat lambat.

Pada tahun 2011, Adobe memberikan solusi atas masalah ini dengan merilis plugin dan instruksi khusus untuk mematikan proses kompresi saat Photoshop (versi CS5 pada saat itu) melakukan proses penyimpanan file. Dan mulai versi CS6, solusi yang berupa plugin tersebut telah diaplikasikan langsung ke dalam Photoshop oleh Adobe. Untuk mengakses option tersebut, Anda bisa masuk ke menu Edit > Preferences lalu pilih File Handling.

cs6file
Pilihan disable compression di versi CS6
ccfile
Pilihan disable compression di versi CC

Dengan mematikan atau menonaktifkan proses kompresi tersebut, proses penyimpanan atau save file baik format PSD maupun PSB menjadi jauh lebih cepat untuk dokumen dengan file size di atas 1 Gb. Untuk file size di bawah 1 Gb hasilnya mungkin tidak akan terlalu signigfikan. Namun perlu diingat, bahwa ketika Anda mematikan proses kompresi ini maka file size dari dokumen Anda akan menjadi besar karena tidak dikompresi terlebih dahulu oleh Photoshop. Untuk Anda yang sering bekerja dengan dokumen besar tentu mematikan proses kompresi akan sangat berguna karena akan mempercepat workflow Anda dalam bekerja. Lagipula saat ini, harga space penyimpanan di komputer juga semakin murah.