Panduan Lengkap Teknik Dodge dan Burn di Photoshop

Dodge dan burn di Photoshop merupakan sebuah teknik yang berasal dari era fotografi analog ketika fotografi masih menggunakan media film untuk merekam cahaya. Proses dodging dan burning saat itu biasa dilakukan pada saat develop film di kamar gelap oleh teknisi laboratorium foto dengan tujuan menggelapkan atau membuat terang area tertentu di foto.

Dengan proses ini maka area foto yang terlalu gelap bisa dibuat lebih terang atau semakin gelap, begitu juga area yang terlalu terang bisa dibuat lebih gelap atau semakin terang semuanya sesuai dengan keinginan fotografer atau teknisi lab tersebut. Jadi bisa dikatakan bahwa proses retouching foto sebenarnya telah dilakukan bahkan semenjak masih era fotografi analog.

Pada video diatas Anda bisa melihat bagaimana penjelasan dari proses dodging dan burning dilakukan pada foto analog dengan cara “menggosok-gosok” menggunakan doge dan burn tool untuk menggelapkan atau membuat terang area tertentu di foto. Hal ini yang kemudian disimulasikan oleh Adobe sehingga proses dodging dan burning dapat dilakukan dengan tool Dodge dan Burn di Photoshop.

Fungsi Dodge dan Burn

Proses dodging dan burning seperti dijelaskan sebelumnya secara singkat adalah membuat area tertentu menjadi lebih gelap (burning) atau lebih terang (dodging). Mengapa kita ingin membuat area menjadi lebih gelap atau lebih terang? Tentunya ketika ada area yang terlalu gelap atau terlalu terang maka Anda bisa mengkoreksi area tersebut dengan proses dodging dan burning ini. Namun ada fungsi lain yang lebih luas dari kedua proses ini yang menjadikan proses dodging dan burning ini menjadi sebuah proses yang tak terpisahkan dalam dunia fotografi terutama di era digital ini.

Seperti kita ketahui fotografi merupakan medium visual 2 dimensi dari objek 3 dimensi yang kita rekam dengan kamera. Tantangan terbesar dari medium 2 dimensi adalah menciptakan kesan 3 dimensi dari objek yang kita rekam. Dalam desain visual fotografi, 2 hal penting untuk menciptakan kesan 3 dimensi adalah bentuk (shape) dan kedalaman (depth). Disinilah peran penting highlight dan shadow pada foto untuk memberikan kesan yang lebih berdimensi pada foto. Highlight akan memberikan kesan bentuk atau shape pada foto, sedangkan shadow akan memberikan kesan kedalaman atau depth pada foto. Maka penting bagi foto untuk memiliki highlight dan juga shadow, terang dan juga gelap, apabila ingin memberikan kesan dimensi yang lebih baik.

dodge dan burn di photoshop

Proses dodging yang dilakukan pada foto akan memberikan aksen lebih pada highlight sedangkan proses burning akan memberikan aksen lebih pada shadow. Proses dodging dan burning ini tidak hanya lazim digunakan pada beauty retouch atau portraiture, namun juga sering digunakan untuk landscape photography hingga architectural photography. Dengan demikian proses dodging dan burning merupakan salah satu proses yang esensial dalam fotografi apabila Anda ingin membuat foto menjadi lebih berdimensi.

Seperti pada contoh di atas, proses dodging dan burning dapat memberikan kesan dimensi yang lebih baik pada foto. Proses dodging dan burning di Photoshop umumnya sering dilakukan pada portraiture photography namun karena fungsi dari teknik dodge dan burn di Photoshop yang sangat baik dalam memberikan dimensi pada foto, maka teknik ini juga sering dilakukan pada genre foto lainnya.

Untuk contoh berikut ini saya menggunakan foto berikut dari Ricardo Liberato :

Alexei

Foto tersebut lalu saya crop dan konversi ke hitam putih dengan Layer Adjustment Black & White tanpa dodging dan burning (foto kiri) lalu kemudian berikutnya saya berikan proses dodging dan burning di Photoshop (foto kanan):

Dodge dan Burn di Photoshop

Proses dodging dan burning di Photoshop dilakukan dengan menggunakan tool Dodge dan tool Burn yang bisa Anda temukan di Toolbar. Tool Burn digunakan untuk membuat area pada foto menjadi lebih gelap sedangkan tool Dodge untuk membuat area foto menjadi lebih terang. Tool ini menggunakan engine Brush tool sehingga beberapa properti memiliki kesamaan dengan Brush tool yaitu diameter brush dan tingkat hardness yang bisa dirubah dari brush tersebut.

Lebih jelasnya lagi mengenai dodge dan burn di Photoshop bisa Anda lihat dalam video saya berikut ini: