Pengenalan Photoshop Action

Pernahkan Anda melakukan retouch images dengan banyak perintah dan waktu yang lama di Photoshop kemudian beberapa hari kemudian ketika Anda ingin melakukan retouching yang sama Anda telah lupa langkah-langkahnya apa saja? Atau Anda perlu melakukan proses retouch yang persis sama pada banyak foto tetapi waktu yang Anda miliki terbatas? Hal-hal demikian hanya sedikit dari beberapa kasus dimana fitur Action pada Photoshop dapat sangat membantu.

Pada intinya fitur Action pada Photoshop adalah kemampuan Photoshop untuk merekam semua langkah dan perintah yang kita kerjakan di Photoshop dan menyimpannya dalam satu entri. Entri ini kemudian dapat kita simpan dalam bentuk file yang kemudian bisa kita kirim atau bawa untuk dibuka di Photoshop yang ada di komputer lain. Dengan demikian Anda dapat melakukan proses retouch yang sama yang Anda lakukan di rumah dengan menggunakan komputer yang ada di tempat lain misalkan di kantor.

Pada artikel hari ini saya akan memberikan sebuah pengantar bagi pemula mengenai fitur Action pada Photoshop ini. Karena video keseluruhan cukup lama (hampir 30 menit), maka video saya pisah menjadi 3 bagian. Part 1 berupa contoh kasus dimana fitur Action dapat membantu memecahkan masalah. Part 2 berupa penjelasan langkah-langkah dalam membuat Action sederhana di Photoshop. Dan part 3 berupa penjelasan bagaimana menyimpan dan load file Action.

Panduan ini ditujukan untuk pemula dalam Photoshop. Perintah dan ulasan yang diberikan mencakup perintah dasar dan belum menjangkau fitur dan perintah yang lebih advanced dari Photoshop Action. Saya sedang persiapkan video lanjutan yang akan mengulas lebih dalam mengenai Action ini dan ditujukan untuk pengguna Photoshop yang lebih expert. Mungkin dalam beberapa hari kedepan akan sudah online.