Perbedaan Lightroom CC dan Lightroom Classic CC

Perbedaan Lightroom CC dan Lightroom Classic CC

Menjelang akhir Oktober 2017 ini Adobe merilis update besar pada produk aplikasi Adobe Creative Cloudnya. Salah satu yang mengalami update adalah aplikasi Adobe Lightroom. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Adobe merilis dua versi update yaitu Adobe Lightroom CC dan Lightroom Classic CC. Pada tulisan kali ini saya akan memperlihatkan apa perbedaan Lightroom CC dan Lightroom Classic CC tersebut.

Aplikasi Adobe Lightroom sebelumnya yang mungkin sudah Anda gunakan saat ini mengalami proses perubahan nama dari Adobe Lightroom menjadi “Lightroom Classic CC”. Hal ini dikarenakan Adobe memperkenalkan layanan baru untuk fotografer dalam produk Adobe Creative Cloudnya.  Layanan ini oleh Adobe disebut sebagai “Lightroom CC”. Perbedaan Lightroom CC dan Lightroom Classic CC adalah fokus ekosistem dari aplikasi tersebut. Adobe Lightroom didesain sebagai aplikasi dengan ekosistem berbasic cloud yang terintegrasi secara menyeluruh pada berbagai platform baik desktop, mobile maupun web. Sedangkan Lightroom Classic CC didesain sebagai aplikasi workflow fotografi digital berbasis desktop (file/folder).

Yang Baru di Lightroom Classic CC

Salah satu masalah utama yang dirasakan oleh pengguna Lightroom (sekarang disebut sebagai Lightroom Classic) sebelumnya adalah permasalahan performa. Ketika melakukan proses workflow mulai dari proses katalog sampai output, apabila melibatkan banyak foto maka terasa performa Lightroom menurun dengan cepat.  Pada update kali ini Adobe mencoba memperbaiki masalah tersebut diantaranya adalah perbaikan performa yang menghasilkan loading / processing time yang lebih cepat ketika:

  • Loading/launching aplikasi.
  • Proses pembuatan preview.
  • Workflow dalam pemilihan sewaktu proses Import
  • Berpindah antar modul Library dan Develop dan sebaliknya.
  • Berpindah dari satu foto ke foto lain di modul Develop.
  • Proses penggunaan Brush yang lebih responsif.

Lebih lanjut mengenai fitur terbaru di Lightroom Classic CC bisa dilihat di sini.

Selain itu ada tambahan fitur baru yang berhubungan dengan proses masking. Seperti kita tahu proses masking di panel Local Adjustmen di Lightroom tidak seakurat dalam melakukan masking di Adobe Photoshop. Kali ini Adobe menambahkan option baru yaitu Range Masking yang dapat ditemui di bagian bawah panel Local Adjustment. Bersama dengan fitur Auto Mask, option ini akan semakin mempermudah kita dalam membuat masking di Lightroom.

Apakah Lightroom CC?

Ekosistem aplikasi Lightroom CC adalah layanan berbasis cloud dengan 3 aplikasi perangkat berbeda yaitu dekstop, mobile dan web. Dengan demikian Anda akan mendapatkan cara penggunaan dan fitur yang sama dalam beberapa platform yang berbeda. Apapun yang Anda lakukan dengan Lightroom CC akan secara otomatis tersinkronisasi di cloud. Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan foto Anda dari berbagai macam perangkat dimanapun Anda berada.

Perbedaan Lightroom CC dan Lightroom Classic CC

Aplikasi Lightroom CC berbeda dengan aplikasi Lightroom Classic CC. Aplikasi Lightroom CC di desktop, mobile (iOS dan Android) maupun di web didesain dari awal sesuai dengan kebutuhan fotografer saat ia berpindah-pindah perangkat. Selain itu Lightroom CC secara maksimal memanfaatkan keuntungan dari workflow fotografi berbasis cloud.

Berbarengan dengan berita update ini Adobe juga mengumumkan berakhirnya Lightroom 6 yang merupakan aplikasi di luar dari paket Adobe Creative Cloud. Adobe akan berhenti memberikan support dan update untuk Lightroom 6 mulai tahun 2018 dengan update terakhir direncanakan pada akhir Oktober 2017 ini untuk support kamera Nikon D850 di Lightroom 6.13.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Lightroom ini salah satunya dengan berlangganan paket Adobe Photography Plan.  Paket ini sudah termasuk Photoshop CC, Lightroom CC dan Lightroom Classic CC dengan kapasitas penyimpanan di cloud sebesar 20Gb. Biaya berlangganan paket ini adalah 13 USD per bulan.  Untuk berlangganan silahkan daftar di link ini.