Photoshop action baru: FD Luminosity Selections

Di awal tahun 2012 ini FotografiDesain.com merilis sebuah Photoshop Action terbaru yaitu Photoshop Action Luminosity Selections. Kegunaan dari action ini adalah untuk secara otomatis melakukan seleksi pada foto berdasarkan luminositasnya atau berdasarkan area tonal terang gelapnya. Dengan action ini Anda dapat melakukan seleksi pada foto hanya pada area midtone saja (yang saya beri nama level 0), area terang saja atau area gelap saja. Lebih jelasnya berikut area yang bisa diseleksi secara otomatis dengan action ini:

  1. Semua area yang lebih gelap dari area midtone (lebih kecil dari level 0)
  2. Semua area yang terlalu gelap sehingga terlihat hitam tanpa detail sama sekali (under exposed)
  3. Area lebih gelap (level -2)
  4. Area gelap (level -1)
  5. Area midtone (level 0)
  6. Area terang (level +1)
  7. Area lebih terang (level +2)
  8. Semua area yang terlalu terang sehingga terlihat putih tanpa detail sama sekali (over exposed)
  9. Semua area yang lebih terang dari midtone (lebih besar dari level 0)

Aplikasi dari action ini contohnya adalah ketika Anda mau membuat area tertentu yang terlalu gelap dalam foto menjadi lebih terang. Anda tinggal menjalankan action untuk melakukan seleksi pada area yang Anda inginkan kemudian setelah seleksinya muncul Anda bisa rubah area tersebut menjadi lebih terang dengan menggunakan tool seperti Curve. Selain itu Anda dapat juga mengetahui apakah hasil foto atau retouch yang Anda lakukan mengakibatkan terjadi area yang over exposed. Tinggal jalankan salah satu action kemudian secara otomatis area yang over exposed akan diseleksi.

Sebagai bonus saya sertakan juga 4 bonus action yang memberikan efek warming dan cooling pada foto. Dengan menggabungkannya dengan action sebelumnya Anda dapat membuat efek-efek foto yang baru. Contoh Anda dapat melakukan seleksi hanya pada area gelap lalu Anda berikan efek cool lalu pada seleksi area terang Anda berikan efek warm. Sebelum Anda menggunakan action ini pastikan option untuk Quick Mask Mode dalam keadaan default. Bila Anda ragu silahkan double click tombol Quick Mask Mode di bagian bawah toolbar lalu pastikan pilihan Masked Areas dalam keadaan terseleksi.

Photoshop action ini saya buat dengan menggunakan Adobe Photoshop CS5 di Mac. Jadi action ini bisa dijalankan untuk Photoshop CS4 ke atas. Saya sangat menghargai untuk Anda yang telah menggunakan action ini untuk sharing hasil fotonya di Flickr group FotografiDesain, dan kemudian anda tulis link fotonya di comment post ini. Have fun….

PERHATIAN! Dilarang mendistribusikan langsung file action ini dalam format apapun di situs web lain. Bila Anda hendak share action ini silahkan langsung link ke artikel ini BUKAN ke file actionnya langsung. Link ke artikel ini adalah http://bit.ly/fd-luminosity-selections FotografiDesain.com tidak bertanggungjawab terhadap file action yang didownload langsung dari situs lain. FotografiDesain.com adalah official download link untuk Photoshop action FD Luminosity Selections.