Photoshop Versi Terbaru Diluncurkan Adobe Juni 2016

photoshop versi terbaru

Pada tanggal 21 Juni kemarin Adobe telah merilis Adobe Photoshop versi terbaru yang dinamakan Photoshop 2015.5 (walaupun sekarang sudah tahun 2016 namun Adobe tetap mempertahankan angka 2015 sebagai nama versi). Berbeda dengan versi-versi sebelumnya yang lebih berupa minor update maka di rilis Photoshop versi terbaru ini merupakan full version upgrade yang secara teknis bisa dikatakan sebagai Photoshop versi 17.

Di Photoshop versi terbaru ini Adobe menawarkan tidak hanya kemampuan editing foto yang lebih baik namun juga perbaikan dalam hal performa dan fitur-fitur baru yang akan sangat membantu baik bagi fotografer maupun untuk desainer. Lebih lanjut berikut ini adalah apa saja yang baru di versi terbaru dari Photoshop 2015.5:

Seleksi dan Masking yang lebih baik

Adobe memperkenalkan fitur “Selection & Masking Space” yang baru mirip dengan fitur Refine Edge yang ada di versi sebelumnya (fitur Refine Edge masih tetap tersedia di versi ini). Di dalam fitur baru ini Adobe mengintegrasikan beberapa selection tool terbaik Photoshop dalam satu window (space) dengan tambahan 2 fitur baru yang akan membuat proses selection dan masking menjadi lebih mudah, lebih presisi, dan efisien. Ke-2 fitur baru di dalam Selection & Masking Space ini adalah:

  • Visualization controls: slider transparansi dan mode tampilan “Onion Skin” akan memberikan tampilan prediksi terhadap seleksi yang dilakukan sehingga memudahkan user untuk melihat hasil seleksi yang dilakukan secara real time sembari proses seleksi dilakukan secara bersamaan.
  • Refine Edge Brush: tool brush yang mirip dengan brush tool di window Refine Edge akan membantu user dalam melakukan proses pemisahan foreground dan background secara manual untuk area seleksi yang lebih kompleks.
Facial Aware Liquify

Fitur ini merupakan fitur baru yang diperkenalkan di dalam filter Liquify yang berguna pada saat melakukan retouching dan editing foto portrait. Fitur Facial Aware Liquify akan melakukan proses deteksi secara otomatis terhadap elemen-elemen dalam wajah (mata, hidung, mulut, rahang, dll). Berikutnya untuk melakukan retouching terhadap elemen-elemen ini user hanya tinggal menggesert slider-slider yang ada tanpa harus melakukan proses seleksi yang rumit.

photoshop versi terbaru
Image by Adobe Inc.
Content Aware Crop

Tool ini merupakan pengembangan dari fitur Content Aware Fill yang sudah diperkenalkan di versi sebelumnya. Di Photoshop versi terbaru ini proses content aware bekerja dengan lebih baik dan lebih cepat dengan menawarkan solusi terhadap permasalah yang umum sering terjadi pada saat melakukan proses cropping.

Match Font

Fitur ini merupakan fitur yang paling banyak dinantikan oleh para desainer. Dengan fitur baru Match Font, Adobe Photoshop akan mencoba mengenali jenis font yang ada pada image. Lakukan proses seleksi pada area image di foto dimana terdapat teks, selanjutnya apabila Photoshop mengenali font tersebut maka akan ditampilkan jenis fontnya di koleksi font yang ada di komputer user atau di Adobe Typekit.

Artboards

Fitur Artboards merupakan salah satu dari fitur baru di Photoshop yang diperkenalkan oleh Adobe di versi CC 2015. Di Photoshop versi terbaru ini Adobe menambahkan beberapa pembaruan terhadap fitur ini diantaranya:

  • Duplikat layer atau group layer ke artboard baru
  • Merubah background artboard dengan lebih mudah
  • Menampilkan transparency di dalam artboard
Export As

Tambahan option untuk fitur baru Export As yang memungkinkan user untuk menempelkan (embed) color profiles dari image pada file.

Integrasi yang lebih baik

Pada Photoshop versi terbaru ini Adobe memberikan perbaikan integrasi antara Photoshop dengan layanan Adobe lainnya:

Adobe Stock. Saat ini sudah tersedia pilihan Open In Photoshop di web Adobe Stock sehingga user dapat membuka image langsung di Photoshop (dan juga InDesign serta Illustrator). Selain itu di Photoshop versi terbaru ini user dapat langsung melakukan pembelian image dari Adobe Stock langsung di dalam Photoshop.

Creative Clouds Libraries. Pada versi terbaru ini terdapat pembaruan terhadap integrasi Photoshop dengan Creative Cloud Libraries:

  • Option baru Read-only Library Collaboration. Dengan fitur ini collaborator dapat menggunakan aset di dalam library user namun tidak bisa merubah, mengganti nama maupun menghapus aset tersebut.
  • Panel Libraries yang lebih besar. Photoshop akan mendeteksi secara otomatis apabila user menggunakan monitor dengan ukuran besar dan merubah ukuran panel agar mudah terlihat.
  • Support terhadap jenis aset yang baru. Komponen berikut ini sekarang dapat disimpan di dalam library: warna dan looks & pattern (dari aplikasi Adobe Capture CC).
  • Hasil pencarian Stock dan Libraries yang terfilter. Akan memudahkan user dalam menemukan content lebih cepat.
  • Adobe Stock License Badge. Info visual di library yang menandakan apakah aset memiliki lisensi untuk penggunaan.
Perbaikan Performa

Adobe menyatakan di Photoshop versi terbaru ini performa aplikasi menjadi lebih baik dan cepat. Proses instalasi menjadi yang lebih cepat, waktu loading menjadi lebih cepat, menghilangkan window-window yang tidak perlu, menu font 4x lebih cepat, fitur Content Aware Fill menjadi 3x lebih cepat dan proses membuka dokumen yang juga lebih cepat. Kedepannya Adobe akan merilis Photoshop dalam beberapa versi berdasarkan performance ini sehingga kita mungkin akan mendapatkan Photoshop versi ringan (lite) selain versi yang full features.

Legacy Healing Algorithm Option

Ini merupakan update yang bisa jadi kebalikan dari semua hal baru di atas. Karena update ini justru memberikan option pada user untuk kembali menggunakan algoritma lama (yang digunakan sebelum Photoshop CC) pada saat menggunakan tool Healing Brush. Option ini bisa ditemukan di menu Edit > Preferences > Tools. Bila Anda mengaktifkan option ini maka fitur “Live Healing Brush” di Photoshop CC akan non-aktif. Live healing adalah fitur dimana ketika Anda melakukan brushing dengan tool ini maka efeknya akan diproses seketika secara real time (live) pada saat Anda melakukan brushing sembari menekan tombol mouse. Di Photoshop versi lama, efeknya baru akan terlihat setelah Anda melepaskan tombol mouse pada saat brushing.

Keuntungan dari menggunakan Legacy Healing Algorithm ini adalah hasil dari proses healing bisa lebih akurat karena algoritma yang lama bekerja dengan cara memahami seberapa besar area sampling dan area target sebelum membuat kalkulasi untuk hasil akhirnya. Sedangkan algoritma di fitur Live Healing Brush bekerja seperti fitur auto untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih cepat (live).

Perihal Plugin *PENTING*

Photoshop versi 2015.5 ini adalah versi full upgrade dari versi sebelumnya. Karena itu, untuk Anda yang menggunakan plugin external (dan custom panel) di Photoshop versi sebelumnya Anda harus menginstal ulang semua plugin Anda di versi terbaru ini. Perlu diketahui, sama seperti versi-versi full upgrade sebelumnya maka plugin-plugin tersebut juga harus compatible dengan versi terbaru ini. Jadi pastikan developer dari plugin yang Anda gunakan sudah mengkonfirmasi bahwa plugin mereka compatible dengan Photoshop versi terbaru ini. Silahkan cek di web dari masing-masing developer tersebut.

Bila Anda masih ingin bisa menggunakan plugin-plugin Anda sebelumnya sampai Anda memiliki update dari plugin tersebut untuk versi terbaru dari Photoshop 2015.5 ini, maka Anda bisa tetap mempertahankan versi Photoshop sebelumnya pada saat menginstal/update Photoshop versi terbaru. Untuk itu pada saat instalasi update pastikan Anda klik “Advanced Options” lalu pastikan pilihan “Remove old versions” tidak aktif.

photoshop versi terbaru
Image by Jeff Tranberry – http://blogs.adobe.com/crawlspace/

Bagaimana mendapatkan update Photoshop versi terbaru ini? Sama dengan aplikasi Adobe lainnya yang berbasis Creative Clouds (CC), maka update Photoshop versi 2015.5 ini akan secara otomatis didistribusikan secara online kepada seluruh penggunanya. Apabila Anda ingin melakukannya tanpa ingin menunggu proses update dari Adobe, Anda bisa klik menu Help > Updates di Photoshop dan pastikan komputer Anda terhubung ke internet dan signin dengan Adobe user ID Anda.

Secara umum Photoshop versi 2015.5 merupakan full upgrade yang layak dari versi sebelumnya dengan menawarkan banyak fitur baru dan terutama perbaikan dalam performa yang dibutuhkan oleh para desainer maupun fotografer/retoucher. Untuk mencoba versi free trial Adobe Photoshop ini bisa Anda download di halaman ini. Untuk mendapatkan full version silahkan kunjungi halaman berikut ini dan klik “Buy Now”.