Tips mengatur posisi flare pada filter Lens Flare di Photoshop

Ketika menggunakan filter Lens Flare di Photoshop seringkali kita kesulitan untuk mengatur posisi flare agar pas posisinya sesuai dengan yang kita inginkan pada gambar. Ketika menggunakan filter ini, tidak ada option Preview di window filter Lens Flare yang memungkinkan kita untuk mengatur posisi flare dengan pas. Akbitnya seringkali dilakukan proses trial & error hingga posisinya sesuai dengan yang diinginkan. Dengan tips mengatur posisi flare pada filter Lens Flare di Photoshop ini kita dapat mengatur posisi flare secara real time karena flare akan kita buat di layer terpisah.

Keuntungan dari menerapkan filter lens flare pada layer terpisah adalah kita dapat merubah posisinya dengan menggeser layer tersebut. Selain itu kita dapat juga mengatur intensitas lens flare dengan lebih fleksibel karena telah berada di layer yang terpisah. Berikut langkah-langkah untuk membuat lens flare berada di layer terpisah:

Mengatur Posisi Filter Lens Flare:

  1. Buat layer baru.
  2. Fill dengan warna hitam pada layer tersebut kemudian apply filter Lens Flare pada layer tersebut.
  3. Selanjutnya rubah layer blending mode layer tersebut menjadi Screen.
  4. Berikutnya Anda tinggal mengatur posisi flare dengan menggerakkan layer tersebut dengan Move Tool. Apabila intensitas flare terlalu kuat, turunkan opacity layer tersebut. Sebaliknya apabila intensitas flare kurang kuat maka duplikat layer flare tersebut.

Untuk jelasnya dapat dilihat pada video berikut (durasi 1 menit 17 detik):

  • Heru_blur

    kereen iih gak pelit2 ilmunya :D

    • bismafs

      Terima kasih :)

  • Rifal

    Content diblog ini bagus semua mas, saluut..
    :)

    • bismafs

      Terima kasih :)