Proses Pembuatan Foto “Impact” Karya Erik Johansson

Foto sebagai sebuah karya seni tidak hanya selalu mengenai moment yang datang secara tiba-tiba. Kita sebagi kreator seringkali harus “mengusahakan” agar sebuah karya foto dapat tercipta. Proses dan persiapan menjadi bagian yang penting dalam sebuah workflow untuk mendapatkan karya foto sesuai dengan yang kita inginkan.

Sebagai trainer dengan pengalaman yang cukup lama, saya selalu menekankan betapa pentingnya “proses” dalam tahapan menciptakan sebuah hasil. Untuk Anda yang baru menekuni dunia fotografi salah satu saran saya yang seringkali saya sampaikan adalah “think before you shoot”, pikirkan dengan baik sebelum Anda menekan tombol shutter kamera. Salah satu teknik yang sering saya sampaikan adalah pre-visualize. Pre-visualize artinya Anda harus sudah tahu atau sudah memiliki bayangan dalam kepala Anda, seperti apa hasil akhir dari foto Anda bahkan sebelum Anda melakukan proses pemotretan. Dengan demikian hal ini akan “memaksa” Anda untuk melalui tahapan “proses” dalam membuat karya foto Anda. Tahapan proses ini bisa berarti scouting lokasi, persiapan wardrobe, biaya produksi dll. Tahapan proses ini kadang complicated dan costly namun bisa juga sangat sederhana dan murah tergantung dari foto yang ingin Anda buat.

Photo by Erik Johansson
Photo by Erik Johansson

Dalam artikel berikut ini saya ingin berbagi mengenai proses yang dilakukan oleh fotografer Erik Johansson dalam membuat karya fotonya yang berjudul “Impact”. Bagaimana dia telah melakukan proses pre-visualize mengenai foto seperti apa yang dia mau nantinya. Dengan melakukan pre-visualize maka dia bisa mengetahui apa saja persiapan atau proses yang harus dilakukan. Semoga dengan video ini akan banyak memberikan inspirasi dan proses pembelajaran bagi kita semua.

Lebih lanjut mengenai Erik Johansson dalam Anda temui di websitenya: Erik Johansson Photo

PS: Ada yang tertarik untuk kolaborasi dengan FotografiDesain? :)