Memahami Arti Resolusi Dalam Gambar Digital

Resolusi merupakan istilah yang seringkali kita dengar dan bahkan kita sebutkan dalam dunia digital image. Semakin menjamurnya perangkat kamera digital dan situs untuk berbagi karya gambar digital semakin mempopulerkan istilah resolusi gambar digital ini. Muncul istilah seperti gambar low-res atau high-res atau kamera handphone beresolusi tinggi. Tapi tahukah Anda sebenarnya apakah yang dimaksud dengan istilah resolusi gambar digital itu sendiri? Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai istilah resolusi gambar digital dan resolusi dalam kamera digital serta hal yang berhubungan dengannya yaitu Pixel Dimensions dan Document Size di aplikasi Adobe Photoshop. Mari kita mulai :)

Sebelum kita bicarakan secara detail mengenai resolusi sebaiknya kita memahami dulu bagaimana sebuah gambar atau foto digital terbentuk. Khususnya foto digital yang dihasilkan oleh kamera digital merupakan jenis gambar digital bitmap (raster image). Dimana setiap gambar atau foto terbentuk dari kotak-kotak yang kita sebut sebagai pixel (picture element). Silahkan coba buka gambar apa saja di Adobe Photoshop, kemudian Anda Zoom In beberapa kali maka akan terlihat kotak-kotak yang membentuk gambar tersebut. Kotak-kotak tersebut itulah yang kita sebut sebagai pixel.

resolusi gambar digital dan kamera digital
Kotak-kotak pixel yang membentuk sebuah foto bitmap.

Jumlah pixel-pixel yang dibutuhkan untuk membentuk gambar bisa berbeda-beda, namun kita biasa menyatakannya dalam format dimensi yaitu panjang pixel × lebar pixel (width × height). Jumlah perkalian dari panjang dan lebar inilah yang akan menyatakan jumlah total pixel yang ada untuk membentuk gambar tersebut.

resolusi gambar digital dan kamera digital
Jumlah pixel di dalam sebuah image didapat dari perkalian pixel lebar (width) dan pixel tinggi (height).

Sebagian besar dari Anda tentu memiliki kamera digital. Tahukah Anda resolusi dari kamera digital Anda? Saat tulisan ini saya buat, saya masih setia dengan Nikon D7000 yang memiliki resolusi 16,1 Mega Pixels. Dari buku manual Nikon D7000 yang saya baca, native resolution dari sensor APSC yang ada pada Nikon D7000 saya adalah sebesar 4928 × 3264 pixels. Bila kita kalikan resolusi 4928 × 3264 tersebut maka hasilnya adalah 16.084.992 pixels yang bisa kita bulatkan menjadi 16,1 juta pixels atau 16,1 Mega Pixels. Angka inilah yang dimaksud dengan resolusi dari kamera tersebut. Berikut salah satu contoh foto yang dihasilkan dari kamera tersebut:

resolusi gambar digital dan kamera digital

Ketika saya buka file tersebut di Adobe Photoshop kemudian saya masuk ke menu Image > Image Size, maka akan muncul window Image Size. Pada window tersebut terdapat beberapa informasi, namun mari kita fokus pada informasi yang relevan dengan topik artikel kali ini. Pertama Anda dapat melihat informasi Width dan Height dari foto yang kita buka dalam satuan Pixels. Informasi yang ada adalah Width: 4928 Pixels dan Height: 3264 Pixels. Kalau Anda lihat angka tersebut sama dengan informasi yang saya dapat di manual kamera saya sebelumnya yaitu resolusi dari kamera sebesar 4928 × 3264 pixels.

resolusi gambar digital dan kamera digital
Dimensi pixel dari foto menunjukkan angka yang sama dengan native resolution kamera.

Ok sebelum saya lanjutkan saya harus jelaskan dulu perbedaan tampilan menu Image Size di versi Adobe Photoshop CC (Creative Cloud) yang saya gunakan dengan Adobe Photoshop versi CS6 dan sebelumnya. Pada versi sebelumnya menu Image Size dibagi adalam dua area utama yaitu area Pixel Dimensions dan area Document Size.

resolusi gambar digital dan kamera digital
Area Pixel Dimensions dan Document Size di Window Image Size versi Photoshop CS6

Sedangkan pada versi Adobe Photoshop CC, kedua area tersebut dibuat dalam satu drop down menu. Untuk melihat informasi Pixel Dimension, pilih unit Pixels dari drop down menu. Untuk melihat informasi Document Size pilih unit Inches (atau Centimeters) dari drop down menu.

resolusi gambar digital dan kamera digital
Akses Document Size dengan mengklik drop down menu lalu pilih unit Inches di versi Photoshop CC.

Berikutnya informasi yang ada di window Image Size adalah informasi Resolution dengan pilihan unit Pixels/Inch atau Pixels/Centimeters. Kata Resolution tersebut merupakan informasi yang hanya relevan pada saat kita akan mencetak (print) foto tersebut. Pada contoh foto ini informasi yang muncul adalah Resolution: 240 Pixels/Inch. Ini artinya, setiap 240 pixels yang ada dalam foto tersebut akan dicetak dalam setiap ukuran 1 inci persegi.setiap 240 pixels yang ada dalam foto tersebut akan dicetak dalam setiap ukuran 1 inci persegi. Sebagai ilustrasi, apabila saya memiliki foto dengan dimensi 240 × 240 pixels dan resolusi 240 pixels/inch maka apabila foto tersebut dicetak ukurannya adalah 1 × 1 inci. Apabila foto saya memiliki dimensi 480 × 480 pixels dengan resolusi 240 pixels/inch maka apabila dicetak ukurannya adalah 2 × 2 inci dan seterusnya.

Pixel DimensionsResolutionHasil Cetak (inchi)
WidthHeightPixels/InchLebarPanjang
24024024011
48048024022

Nah apabila kita kembali pada contoh foto saya di atas yang diambil menggunakan kamera Nikon D7000, maka informasi Pixel Dimension adalah 4928 × 3264 pixels dengan resolusi 240 Pixels/Inch. Berdasarkan perhitungan yang dijelaskan sebelumnya maka apabila foto ini saya cetak ukurannya  akan menjadi:

  • Width : 4928 ÷ 240 = 20,5 inci
  • Height : 3264 ÷ 240 = 13,6 inci

Dengan demikian kamera Nikon D7000 memiliki kemampuan optimal mencetak hingga ukuran 20,5 × 13,6 inci dengan resolusi 240 pixels/inch. Apabila kita lihat maka ukuran cetak inilah yang muncul di area informasi Document Size. Jadi informasi pada area Document Size memperlihatkan ukuran cetak dari foto tersebut sesuai dengan angka resolusinya.

Setelah Anda membaca dan memahami informasi di atas, maka Anda dapat mengerti sekarang bahwa definisi “resolusi” baru akan berpengaruh atau hanya relevan ketika kita akan mencetak foto.“resolusi” baru akan berpengaruh atau hanya relevan ketika kita akan mencetak foto. Apabila foto hanya ditampilkan di layar monitor, angka resolusi ini tidak memiliki pengaruh apapun. Resolusi sama sekali tidak mempengaruhi bagaimana gambar kita ditampilkan di layar monitor. Resolusi tinggi tidak akan menghasilkan foto yang lebih tajam di layar monitor kita, begitupun sebaliknya resolusi rendah akan menghasilkan foto yang soft di monitor. Tidak percaya? Silahkan Anda rubah angka Resolution di area Document Size ke angka ekstrim seperti 1 Pixels/Inch atau 500 Pixels/Inch. Apakah ada perubahan tampilan foto tersebut di layar monitor Anda? Tidak ada. Yang berubah hanyalah ukuran cetak foto tersebut yang terlihat di area informasi Document Size.

resolusi gambar digital dan kamera digitalresolusi gambar digital dan kamera digitalresolusi gambar digital dan kamera digital

Keterangan resolusi 3 foto di atas: 1 Pixels/Inch (kiri), 72 Pixels/Inch (tengah) dan 240 Pixels/Inch (kanan). Ketiga foto terlihat identikal di layar monitor. Bahkan masing-masing foto juga memiliki file size yang sama semua yaitu 23,16 Kb.

Dengan demikian bisa kita simpulkan 2 hal mengenai istilah resolusi sebagai berikut:

  1. Resolusi menunjukkan berapa banyak pixel pada foto yang akan dicetak dalam 1 inci persegi (atau sentimeter persegi) di media cetak seperti kertas. Resolusi tidak ada pengaruhnya apabila foto ditampilkan di media elektronik seperti monitor.
  2. Foto dengan resolusi tinggi memiliki jumlah pixel yang juga semakin banyak dalam satu inci persegi. Contoh, foto resolusi 72 pixels/inch akan memiliki total 72 buah pixel dalam 1 inci persegi. Apabila resolusi kita rubah menjadi 300 pixel/inch maka sekarang dalam 1 inci persegi total jumlah pixel menjadi semakin banyak yaitu 300 buah. Akibatnya ukuran masing-masing pixel menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Dengan demikian istilah resolusi juga menunjukkan ukuran dari pixel, semakin tinggi resolusi semakin kecil ukuran pixel dan sebaliknya semakin rendah resolusi semakin besar ukuran pixelnya (lihat ilustrasinya di gambar ini).

Singkat kata resolution atau resolusi hanya berpengaruh pada ukuran cetak. Kamera digital dengan resolusi tinggi tidak berarti akan menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kamera dengan resolusi yang lebih rendah. Resolusi menjadi penting ketika Anda berniat untuk mencetak foto dengan kualitas yang terbaik. Pada artikel berikutnya saya akan jelaskan lebih lanjut mengenai hubungan antara Resolusi dengan kualitas cetak.

  • kahfi

    Min, mau tanya mengenai cinemagraph.
    Apakah untuk membuatnya harus menggunakan adobe photoshop extended edition?
    Karna photoshop saya cs 6 tapi tidak bisa membuka file video.
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    • Seharusnya CS6 sudah bisa buka video. Beberapa masalah video nggak bisa dibuka di Photoshop biasanya karena Photoshopnya b4j4kan.