Retouch foto fashion

Retouch Foto Fashion

Istilah retouch foto fashion mungkin bukanlah istilah yang tepat untuk tutorial kali ini. Karena pada dasarnya apabila kita melakukan retouching untuk foto fashion, maka tujuan dari retouching adalah menampilkan objek fashion sebaik-baiknya (warna, tekstur, kontur, dll). Hal ini dikarenakan dalam foto fashion, objek fashion (baju, celana, tas, dll) adalah objek utama yang dijual. Karena itu proses retouching tidak boleh sampai menyimpang dari karakter objek tersebut baik dalam hal warna, tekstur dan lain-lain.

Namun pada saat ini istilah retouch foto fashion atau editing foto fashion juga berarti bagaimana membuat style visual yang biasa ada pada majalah-majalah high fashion seperti Vogue dan Bazaar. Pada majalah tersebut iklan-iklan fashion atau editorial fashion mengarah pada editing dengan gaya tersendiri.  Salah satu karakteristik utama dari foto tersebut adalah adanya seolah-olah unsur kabut atau mist pada foto tersebut. Dalam istilah desain grafis mungkin istilah yang tepat adalah unsur warna white washout yang dapat dilihat dengan tidak adanya unsur warna pure black pada foto. Karakteristik lainnya adalah permainan warna antara shadow dan highlight. Banyak foto fashion yang menggunakan teknik split tonning atau cross processing pada fotonya sehingga area shadow dan area highlight memiliki karakter warna yang berbeda.

Semua karakter foto fashion di atas dapat dilakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop seperti yang saya perlihatkan dalam video tutorial kali ini. Untuk membuat efek kabut atau misty saya akan perlihatkan dengan dua cara yaitu dengan adjustment Curve dan Exposure. Sedangkan untuk pewarnaan saya tidak akan menggunakan teknik yang lazim digunakan seperti dengan adjustment Color Balance, tapi pada tutorial kali ini saya akan perlihatkan sebuah tips menggunakan adjustment Solid Color untuk membuat efek Cross Processing pada foto.

Foto yang saya gunakan adalah sebuah foto dari Ed Frazier (EF Photography) yang dapat dilihat dibawah ini:

Untitled

Hasil akhir dari tutorial akan terlihat seperti ini:

Retouch Foto Fashion

Tutorial kali ini merupakan respon dari beberapa pengunjung FotografiDesain.com yang menanyakan perihal retouching foto fashion ini melalui Twitter. Pada kesempatan ini juga saya ingin menyarankan apabila Anda ingin menanyakan cara membuat, editing atau retouching sebuah foto, lebih baik bila Anda menyertakan foto refrensinya sehingga saya bisa lebih jelas melihatnya ketimbang dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Untuk Anda yang menggunakan teknik pada tutorial kali ini pada foto Anda, saya berharap Anda bersedia untuk share hasilnya di sini. Tulis saja link ke foto Anda di bagian Comment, atau kirim via Facebook atau Twitter.