Sejarah Fotografi Dalam Video 5 Menit

Fotografi merupakan salah satu dari seni yang selain melibatkan unsur estetis juga kental dengan unsur teknologi didalamnya. Sebagai sebuah seni, fotografi telah memiliki umur yang cukup panjang dimulai dari 1800an. Anda bisa membaca salah satu tulisan saya juga mengenai sejarah fotografi di link ini yang lebih membahas pada sejarah dua merek besar dalam fotografi yaitu Canon dan Nikon. Sedangkan dalam artikel kali ini lebih pada sejarah umum fotografi yang ditutup dengan video diakhir mengenai sejarah dari fotografi yang dirangkum dalam video 5 menit.

Sejarah fotografi lahir dari 2 prinsip utama di tahun 1800an yaitu: penemuan konsep kamera obscura dan penemuan unsur kimia tertentu yang berubah ketika terkena cahaya. Entah siapa yang memulai, orang-orang mulai mencoba menggabungkan kedua prinsip ini sehingga lahir konsep kamera yang kita kenal sekarang. Kamera obscura merupakan prinsip dasar teknologi kamera yang prinsipnya masih digunakan sampai saat ini. Kamera lubang jarum merupakan kamera yang paling mudah menjelaskan bagaimana prinsip kamera obscura bekerja. Diantara individu yang dikenal dalam perjalanan awal sejarah fotografi ini diantaranya adalah Thomas Wedgwood yang mendokumentasikan percobaan dia dalam menggabungkan kedua prinsip di atas walau percobaan tersebut gagal :)

sejarah fotografi
Prinsip kamera Obscura (author: Meggar – https://en.wikipedia.org/wiki/User:Meggar)

Di pertengahan 1820, Nicéphore Niépce melakukan percobaan dengan prinsip yang sama dan akhirnya berhasil. Namun foto yang dibuat membutuhkan waktu pencahayaan hingga beberapa hari dengan hasil foto yang tidak bagus. Salah satu rekan Niépce yaitu Louis Daguerre kemudian mengembangkan teknik tersebut yang dikenal sebagai proses daguerreotype yang “hanya” butuh hitungan menit untuk pencahayaan dan menghasilkan foto dengan hasil yang jauh lebih baik dari yang dibuat oleh Niépce. Dari sinilah kemudian fotografi berkembang lebih pesat hingga menjadi yang kita kenal saat ini.

sejarah fotografi
Foto orang pertama di dunia yang diambil oleh Daguerre tahun 1838. Perhatikan orang yang berada di kiri bawah foto.

Berikut video sejarah fotografi yang dirangkum dalam sebuah video dalam 5 menit: