Select & Mask : Fitur Baru Photoshop CC 2015.5

Postingan kali ini masih merupakan rangkaian dari postingan sebelumnya di sini dan di sini mengenai fitur baru apa saja yang ada di Photoshop CC versi 2015.5. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai fitur Select & Mask yang merupakan fitur baru Photoshop CC 2015.5.

Fitur ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari fitur yang sudah ada sebelumnya yaitu fitur Refine Edge. Fitur Select & Mask bertujuan untuk menyatukan semua tool selection dan masing dalam satu interface. Dengan demikian proses selection dan masking menjadi lebih mudah dilakukan dalam satu interface.

Perbedaan utama dengan fitur Refine Edge adalah penempatan tool Quick Selection, Refine Edge Brush dan tools lain langsung di dalam interface ini sehingga semua tool seleksi cepat sudah tersedia. Selain itu dalam option View terdapat tambahan satu option lagi yaitu option view Onion Skin. Option Onion Skin ini memiliki slider yang mengatur opacity dari layer yang sedang aktif. Dengan mengatur slider ini Anda dapat melihat layer-layer lain yang berada di bawah layer yang sedang aktif.

Dengan menyatukan semua tool untuk melakukan seleksi cepat dan membuat masking dalam satu interface select & mask maka Anda dapat membuat seleksi dan masing dengan lebih efisien. Selain itu proses seleksi pada area detail seperti rambut yangbiasanya challenging juga menjadi lebih mudah. Karena masih seperti di fitur Refine Edge di Photoshop versi sebelumnya, kita dapat melakukan preview di mode View untuk beberapa tampilan. Yang memudahkan adalah adanya semua tool dalam satu interface seperti sekarang ini.

Namun hasil akhir dari proses seleksi ini tidak berarti akan menghasilkan seleksi yang presisi dan akurat karena tetap saja hasil seleksi nantinya akan ditentukan oleh karakteristik dari foto atau image yang digunakan. Namun untuk membuat seleksi awal, maka tool select & mask ini dapat digunakan untuk membantu proses seleksi dan masking menjadi lebih efisien.

Lebih jelasnya mengenai fitur baru Select & Mask yang ada di Photoshop CC versi 2015.5 ini bisa Anda lihat pada video berikut ini: