Tips Seleksi Foto Dengan Background Kompleks

Seleksi foto dengan Photoshop merupakan sebuah proses yang paling banyak dilakukan dan ditanyakan oleh banyak orang. Ada banyak proses atau cara seleksi foto dengan Photoshop. Masing-masing memiliki keuntungan dan sangat tergantung dari foto atau subjek yang akan diseleksi. Cara termudah seleksi foto dengan Photoshop adalah apabila background dari subjek cenderung monotone atau tidak terlalu kompleks. Maka seleksi foto dengan Photoshop bisa dilakukan dengan tool seperti Magic Wand dan Quick Selection Tool dengan cepat dan hasilnya juga cukup akurat.

Namun apa yang bisa dilakukan apabila proses seleksi foto dengan Photoshop ini dilakukan pada foto dengan background atau latar belakang yang kompleks dan tidak monotone? Hal ini yang ditanyakan oleh salah seorang follower FotografiDesain di Twitter yaitu @ryanfendi1 yang menanyakan tips untuk seleksi foto dengan photoshop apabila backgroundnya banyak warna atau cukup kompleks.

Tips Seleksi Foto Dengan Photoshop

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya di awal tulisan ini, banyak cara untuk seleksi foto dengan Photoshop. Mulai dari yang mudah seperti Magic Wan, Quick Selection Tool, Magnetic Lasso, dll. Namun ada satu tool yang pada dasarnya adalah sebuah tool bukan diperuntukkan khusus untuk seleksi namun lebih dibuat untuk menggambar (drawing) yaitu Pen Tool. Saya tidak akan membahas secara detail bagaiman cara menggunakan Pen Tool ini (akan saya buat dalam bentuk tutorial terpisah), namun saya sangat merekomendasikan buat teman-teman mempelajari bagaiman menggunakan tool ini. Karena cara seleksi yang paling baik, presisi dan advance serta banyak digunakan oleh retoucher pro adalah dengan menggunakan Pen Tool ini.

Sedikit tentang Pen Tool, apabila Anda sudah pernah dan terbiasa menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator, Macromedia Freehand atau CorelDraw; maka cara kerja dari Pen Tool ini akan terasa familiar. Semua shortcut dan behaviour dari tool ini di Adobe Photoshop persis sama dengan di Adobe Illustrator. Dengan menguasai cara kerja Pen Tool ini maka Anda dapat dengan mudah melakukan proses seleksi foto dengan Photoshop terutama untuk subjek yang kompleks yang tidak bisa dilakukan dengan baik menggunakan tool selection lainnya.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan contoh foto yang dikirimkan oleh @ryanfendi1 sebagai bahan tutorial kali ini. Pada contoh foto ini saya akan melakukan seleksi hanya pada orang-orangnya saja. Kemudian saya akan pindahkan orang-orang yang ada pada foto ini ke background yang baru dari Cedward Brice sehingga menjadis seperti foto di atas.

Foto pertama:

IMG_3283

Foto background:

S. Garey

Final :

Tips Seleksi Foto Dengan Photoshop

Tool yang akan saya gunakan untuk melakukan proses seleksi adalah dengan menggabungkan seleksi yang dibuat dengan Quick Selection Tool untuk membuat seleksi awal. Seleksi awal ini tidak harus sempurna, karena tujuannya lebih untuk membuat seleksi pertama untuk mempercepat proses seleksi berikutnya. Setelah membuat seleksi awal dengan Quick Selection Tool lalu saya tambahkan Layer Mask dan langkah terakhir adalah menyempurnakan seleksi pada mask dengan menggunakan Pen Tool.

  • una

    mas cara pen toolnya PENCET apa lebih jelas dong,dari tadi gk bisa bisa

  • odil

    thanks

  • wahid

    nice tutorial, tp saya malah tertarik sama begronnya mas, bisa dikasih tutor bikin efek sperti begron tsb

  • jamal syamsul

    assalamu alaikum mas Bisma,,,
    saya mau tanya ttg menseleksi foto yg backgroundnya kompleks,,,saya telah mengikuti step by step tutorial yg mas Bisma berikan,tapi pada waktu saya mau melakukan perbaikan gambar pada layer masking tidak bisa,contoh pabila pada bagian kaki tidak terseleksi dengan baik,setelah saya mau perbaiki,gambar kaki tidak muncul pada layer masking,,,,tolong arahannya,,,

    maklum saya belajar photoshop hanya dengan modal notebook dan tutor dari mas Bisma yg ada di Link ini / youtube,,,tanpa kursus ( otodidak )

    • bismafs

      Di layer masking di brush pake warna putih supaya kakinya muncul. Kalo pake warna hitam malah nggak akan kelihatan.

    • jamal syamsul

      saya sudah memakai brush warna putih,apakah pada CS5 dan CS6 harus mempunyai tingkat graphic tertentu dari PC yang di gunakan???

      • bismafs

        Coba filenya bisa diattach di sini atau dikirim ke saya?

        • jamal syamsul

          contoh pada model ini ( kebetulan istri saya ),,,saya mau memindahkannya pada sebuah background,,,untuk contoh yang akan di berikan oleh mas Bisma,,,bisa dipilih saja backgroundnya,,,thanks
          * smoga tidak bosan memberikan/membagi ilmunya,,,^_^

          • jamal syamsul

            sebelumnya saya minta maaf,,,setelah saya mengirim file foto ke Mas Bisma,,,saya kembali mengutak-atik CS6 saya,,,dan menjalankan kembali dari awal tutor yg mas Bisma berikan,,,setelah saya meneliti semua komponen/tools yg ada di CS6,,,ternyata Blending mode saya yang berada pada taskbar/diatas berada pada posisi mode multiply,,(tapi blending mode pada bagian sebelah kanan layar tetap pada posisi normal), setelah saya mengubah ke mode normal,,baru bisa menjalankan perbaikan gambar,,,,

            terima kasih atas ilmunya,,,semua Tutor mas Bisma,membuat saya tahu untuk memakai photoshop,,,

  • David

    Salam fotografidesain…
    mau tanya dong, klo mao ngedit fto kaya gini pake apa yah kira2….
    apakah dia pake plugin?
    klo pake ada ga yang buat di photoshop cs3

    • bismafs

      Coba rubah dulu foto bitmap ke vector (search google dng keywords: vector to bitmap tutorial). Kemudian blend hasil vector dengan foto bitmapnya di Photoshop.