Seleksi rambut dengan Adobe Photoshop CS5

Seleksi rambut merupakan salah satu langkah yang cukup sulit dan memakan waktu. Dalam tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana melakukan seleksi rambut dengan Adobe Photoshop CS5 menggunakan fitur Refine Mask yang ada pada Photoshop CS5. Dengan fitur ini maka seleksi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Selain itu tentu saja pekerjaan untuk seleksi rambut akan jauh lebih mudah apabila background berupa warna solid dan bukan gambar yang kompleks. Untuk tutorial ini saya akan menggunakan gambar contoh dari Stock Xchange. Selain itu semua materi file tutorial ini dapat didownload yang linknya bisa Anda temui di bagain akhir tutorial.

1. Buat seleksi awal

Langkah pertama adalah dengan membuat seleksi awal pada elemen yang kita inginkan. Pada contoh tutorial kali ini saya menggunakan Select > Color Range. Pilih anka Fuzziness yang tidak terlalu besar (contoh 10) kemudian dengan mengaktifkan Color Sample tool kita drag di warna-warna background yang hendak kita hilangkan. Pastikan kotak option Invert dalam keadaan aktif sehingga seleksi akan dibuat pada objeknya (model perempuan + rambutnya). Jangan khawatir apabila ada seleksi pada tubuh model seperti pada contoh di atas ada seleksi pada lengan kanan. Nanti akan kita perbaik pada langkah selanjutnya.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

2. Buat Mask

Setelah menekan tombol OK pada langkah sebelumnya. Berikutnya kita buat mask berdasarkan seleksi yang ada, pilih Layer > Layer Mask > Reveal Selection.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

3. Perbaiki Mask

Apabila ada bagian tubuh yang tertutup mask, perbaiki pada layer mask sehingga hasilnya seperti berikut.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

4. Refine Mask

Berikutnya kita adjust mask pada bagian rambut. Pastikan layer mask dalam keadaan aktif kemudian pilih Select  > Refine Mask. Pada pilihan Adjust Edge > Smooth. Semakin besar angka ini seleksi akan semakin smooth dengan konsekuensi detail rambut semakin berkurang. Sebaliknya apabila angka semakin kecil, detail rambut semakin terlihat namun seleksi menjadi terlihat kasar. Atur angkanya agar terlihat seimbang sesuai dengan gambar yang digunakan. Pada contoh ini saya menggunakan angka 19 sehingga contohnya seperti di bawah ini.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

Berikutnya aktifkan kotak Smart Radius pada bagian Edge Detection. Kemudian rubah angka Radius hingga didapat seleksi yang lebih baik. Pada contoh ini saya menggunakan angka 6.5. Berikutnya arahkan kursor (yang telah berubah menjadi brush Detection Tool selama di menu Refine Mask ini) ke foto dan brush  pada seluruh area rambut model. Setelah proses brush selesai, pastikan Output To: Layer Mask kemudian klik OK.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

Berikutnya pilih kembali Select > Refine Mask. Dengan melakukan refine mask berulang kali kita dapat melakukan pengaturan berulang kali pada mask sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik. Ulangi langkah-langkah sebelumnya (seting Radius dan brush) hingga didapat seleksi mask yang lebih baik seperti contoh di atas. Kemudian sebagai langkah terakhir pada bagian Adjust Edge > Contrast dinaikkan (contoh tutorial ini pada angka 13) sampai didapat bentuk yang yang lebih terlihat (jangan sampai terlalu besar karena seleksi akan menjadi kasar). Lalu di bagian Output aktifkan kotak Decontaminate Colors dengan Amount disesuaikan hingga warna background yg masih tersisa diseputaran rambut bisa berkurang. Pada contoh ini saya menggunakan Amount 51%.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

5. Preview Mask

Dengan memilih View: Black & White kita bisa melihat mask yang telah kita buat pada layer tersebut. Setelah selesai klik OK dan secara otomatis akan dibuat layer baru dengan seting yang telah kita buat sebelumnya.

seleksi rambut dengan adobe photoshop

6. Result

Dengan merubah background, hasilnya adalah sbb:

seleksi rambut dengan adobe photoshop

Berikut video tutorial untuk langkah-langkah di atas:

Materi file tutorial dapat didownload:

  • evan vinc

    mas gimana seleksi rambut jika backgroun kompleks??

    • bismafs

      Harus dilakukan seleksi secara manual dng Selection tool atau Pen tool

  • Herman Sugiarto

    Mas bisma sy ada poto keluarga jadul punya, sudah beberapa tempat jasa potoshop sy bawa untuk di edit dan diperbaiki akan tetapi ga ada yg mampu..apakah sy bisa minta tolong untuk mas bisma yg bagusi tuh poto..dan kemana sy kirimkan poto tsb trims banyak mas..

  • Herman Sugiarto

    gan tolong berikan contok seleksi poto yg backgroundnya batik2, sy kesulitan gan..trims

  • jamal syamsul

    assalamu alaikum…
    salam FD,,
    saya mau tanya tentang cara seleksi rambut pada foto yg beckgroundnya kompleks,tujuan saya agar supaya pada saat memberi efek blur pada backgroundnya tidak meninggalkan “cacat” pada pinggiran area yang di seleksi yg tidak akan di berikan efek blur,,,contoh pada foto ini,,

  • sangat bermanfaat

  • sangat bermanfaat

    • bismafs

      Terima kasih :)