7 Software Recovery Gratis Untuk Mengembalikan Foto Yang Terhapus

mengembalikan foto yang terhapus

Sebagai fotografer, maka foto-foto yang tersimpan di memory card merupakan harta yang tak ternilai karena merupakan kumpulan dari hasil pekerjaan pada saat itu. Namun ada kalanya nasib sial menghampiri sehingga karena satu dan lain hal, foto-foto itu kemudian terhapus. Pada artikel berikut ini saya akan membahas mengenai software recovery gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus sehingga Anda masih bisa mendapatkan foto-foto tersebut.

Dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti, sebuah media penyimpanan terdiri dari dua area yaitu area directory entry dan area binary data. Setiap kali Anda melakukan proses penghapusan (delete) file, maka yang sebenarnya terjadi adalah Anda menghapus informasi file tersebut di area directory entry sehingga ketika device membaca media penyimpanan tersebut, file tersebut sudah dinyatakan hilang. Jadi yang dihapus sebenarnya adalah informasi file tersebut sedangkan data file sebenarnya masih ada di binary data area.

mengembalikan foto yang terhapusKetika Anda membuat/menyimpan file baru maka data dari file baru akan menimpa data dari file-file yang lama dengan informasi file yang baru ditulis di area directory dari media penyimpanan tersebut. Proses ini akan terjadi terus pada media penyimpanan bahkan apabila Anda memilih option untuk format card di kamera, maka yang terjadi sebenarnya adalah “mengosongkan” area directory dari media penyimpanan tsb. Apabila Anda ingin benar-benar membuat memory card tersebut kosong maka pilihlah option “low level format” di kamera. Option ini akan menghapus tidak hanya area directory, tapi juga area data di memory card sehingga memory card menjadi benar-benar “bersih”.

Cara kerja dari softare photo recovery untuk mengembalikan foto yang terhapus, secara umum adalah mencoba mencari data file pada area data di memory card kemudian menulis info baru dari file tersebut di area directory sehingga bisa dibaca oleh komputer contohnya di Explorer atau Finder. Karena software recovery photo ini menulis info baru dari data yang dia temukan, maka pada saat mengembalikan foto yang terhapus kadang nama file yang muncul tidak sama dengan nama file sebelumnya. Ada banyak software recovery photo baik yang berbayar maupun yang gratis. Brand produsen media penyimpanan seperti SandDisk dan Seagate juga menawarkan mengembalikan foto yang terhapus baik dalam bentuk jasa maupun aplikasi. Berikut ini adalah 5 software recovery gratis untuk mengembalikan foto yang terhapus:

1. Recuva (Windows)

Aplikasi memiliki interface yang cukup baik, dibuat oleh developer yang juga membuat aplikasi tool populer CCleaner. Selain versi free juga ada versi berbayarnya, namun tidak ada tambahan fitur yang esensial di versi berbayarnya sehingga versi gratisnya sudah lengkap.

Download di sini.

2. PhotoRec, Digital Picture and File Recovery (Windows)

Aplikasi ini mendapatkan banyak review positif dari fotografer karena memiliki performa yang baik untuk mengembalikan foto yang terhapus. Dalam beberapa kasus juga berhasil mengembalikan file video bahkan file MTS dari memory card kamera video Canon. Sayangnya aplikasi ini berbasis Command Line Interface (CLI) mirip sistem operasi DOS, jadi untuk beberapa orang mungkin belum terbiasa. PhotoRec sendiri sebenarnya merupakan salah satu aplikasi bagian dari program TestDisk yang merupakan aplikasi untuk recover partisi hard disk.

Download di sini.

3. Zero Assumption Digital Image Recovery (Windows)

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa download versi demonya di link yang ada di bawah ini. Walaupun ini versi demo, namun fungsi recovery dapat dilakukan tanpa batasan. Aplikasi ini support selain file dalam format JPG, juga untuk video dalam format MOV dan AVI bahkan format raw dari Canon (CR2).

Download di sini.

4. Autopsy (Windows, Linux, Mac).

Aplikasi ini mungkin adalah aplikasi yang paling unik diantara aplikasi lainnya yang saya bahas dalam artikel ini. Aplikasi ini pada dasarnya adalah bagian dari aplikasi untuk forensik digital yang biasa dilakukan oleh pihak kepolisian maupun militer. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah untuk mengembalikan foto yang terhapus di memory card.

Download di sini.

5. Undelete 360 (Windows)

Aplikasi ini memiliki interface dengan tampilan grafis yang cukup baik. Selain dapat recover file juga dapat recover folder dari berbagai media penyimpanan seperti hard disk, USB drive, memory card, dll.

Download di sini.

6. Pandora Recovery (Windows)

Aplikasi ini ditujukan tidak hanya mengembalikan file foto yang terhapus tapi juga format file lainnya seperti mp3, video dan dokumen.  Sebagai aplikasi yang lebih bersifat umum, banyak fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini yang ditujukan tidak hanya untuk mengembalikan file foto yang hilang.

Download di sini.

7. EaseUS Data Recovery Wizard Free (Windows, Mac)

Aplikasi ini dirancang oleh developer yang sudah terkenal dengan berbagai tool aplikasi yang telah dibuat. Jadi dari sisi interface maupun fitur aplikasi ini terbilang cukup lengkap dan baik. Walaupun ada versi berbayarnya, namun dari sisi fitur recovery semua versi baik yang free memiliki fitur yang sama.

Download di sini.

Mana yang sebaiknya Anda gunakan dari aplikasi photo recovery di atas. Hal yang perlu Anda perhatikan bahwa semua aplikasi akan melakukan proses scanning dulu pada media penyimpanan untuk menemukan data-data dan proses scanning ini tergantung dari besar kecilnya media penyimpanan dan foto-foto yang hilang. Semakin banyak, maka prosesnya juga semakin lama. Salah satu web pernah melakukan tes pada sebagian aplikasi di atas dengan hasil sebagai berikut:

Aplikasi105 foto terhapusDurasi (menit)
Pandora Recovery80 recovered10
Zero Assumption Recovery105 recovered20
Undelete36080 recovered5
PhotoRec105 recovered5
EaseUS Data Recovery80 recovered3

Bila jumlah foto yang terhapus tidak banyak, bisa dicoba Zero Assumption Recovery. Namun bila jumlah foto banyak atau media penyimpanan besar, maka untuk menghemat waktu bisa dicoba PhotoRec.