Memahami teknik Cross Processing dan aplikasinya di Adobe Photoshop

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan sebenarnya apa yang dimaksud dengan teknik Cross Processing di Adobe Photoshop. Teknik ini berawal dari istilah teknik developing film di era kamera analog. Dengan teknik ini hasil cetak menghasilkan karakter tonal dan warna yang unik pada foto.

Untuk lebih jelasnya saya akan menyertakan 1 slide dan 2 buah video pada tulisan kali ini. Pada slide pertama saya akan menjelaskan sebenarnya apa yang dimaksud dengan Cross Process itu. Kemudian di bagian video saya bagi menjadi 2 video. Video pertama menjelaskan teknik Split Toning pada Adobe Photoshop. Teknik ini merupakan dasar bagi kita mensimulasikan efek Cross Process pada gambar digital. Di video terakhir saya akan memperlihatkan bagaimana menerapkan teknik Split Toning yang telah dibahas di video sebelumnya pada foto dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Dibagian akhir saya menyertakan juga beberapa foto yang diproses dengan menggunakan teknik Cross Processing sebagai referensi Anda ketika mencoba mensimulasikannya di Adobe Photoshop. Seperti biasa saya berharap Anda dapat share hasil karya Anda dengan teknik ini di Flickr Group FotografiDesain atau mention link foto Anda ke @fotografidesain.

  • dika

    mantab, gan.. teory, praktek n sample.. bantu banget buat yg super nubie kyk ane ni…

    • bismafs

      Terima kasih… :)