Teknik Dodge dan Burn di Lightroom

Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas mengenai teknik dodge dan burn untuk melakukan efek dodging dan burning dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Setelah artikel tersebut terbit banyak pengunjung FotografiDesain yang menanyakan bagaimana melakukan dodge dan burn di Lightroom dan bedanya dengan di Photoshop. Untuk itu pada tutorial kali ini saya akan perlihatkan bagaimana cara teknik dodge dan burn di Lightroom.

Secara pribadi saya lebih suka melakukan dodge dan burn di Photoshop karena dengan engine Brush yang dimiliki oleh Photoshop, saya dapat melakukan dodging dan burning dengan lebih intuitif. Namun hal ini bukan berarti kita tidak dapat melakukan proses dodging dan burning di aplikasi Lightroom. Untuk Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi ini tentu lebih mudah menerapkan teknik dodge dan burn di Lightroom yang sering Anda pakai.

Dodge dan Burn di Lightroom vs di Photoshop

Perbedaan utama antara dodge dan burn di Photoshop dan Lightroom adalah karakteristik brush yang digunakan untuk melakukan proses dodging dan burning ini. Di Photoshop kita menggunakan Dodge dan Burn tool atau dengan Brush tool seperti yang saya bahas di tutorial sebelumnya. Sedangkan dodge dan burn di Lightroom kita dapat menggunakan Radial Filter dan Adjustment Brush yang ada pada modul Develop.

Dodge dan burn di Lightroom dengan Radial filter biasa digunakan untuk proses dodging dan burning dengan area yang lebih general atau besar seperti pada foto landscape. Sedangkan Adjustment Brush digunakan ketika kita akan melakukan dodge dan burn pada area yang lebih spesifik seperti pada foto portraiture. Cara kerja Adjustment Brush di Lightroom sedikit berbeda dengan Brush di Photoshop.

Di Photoshop kita bisa memperkuat efek brush secara bertahap (build up effect) dengan melakukan brush berkali-kali (gosok-gosok) di area yang sama ketika kita menggunakan nilai opacity yang rendah (misalkan 3%). Sedangkan di Lightroom, nilai opacity dinamai sebagai density dan ketika dilakukan brushing berkali-kali tidak akan memperkuat efek brush. Untuk memperkuat efek secara bertahap, pengguna Lightroom harus merubah nilai density dengan menggeser slider Density  secara bertahap juga beberapa kali. Penjelasan mengenai hal ini  serta bagaimana cara dodge dan burn di Lightroom selanjutnya bisa Anda lihat dalam video tutorial berikut ini: