Smoothing skin dan sharpening image dengan teknik Frequency Separation

Teknik Frequency Separation merupakan sebuah teknik dengan menggunakan Adobe Photoshop dengan tujuan untuk memisahkan antara Low Frequency (komponen warna) dan High Frequency (komponen tekstur) pada foto. Dengan memisahkan warna dan tekstur maka kita dapat melakukan proses retouching pada masing-masing komponen tanpa mempengaruhi komponen lainnya. Cara smoothing skin dengan teknik Frequency Separation ini merupakan salah satu teknik high end yang banyak digunakan pada proses retouching model dan beauty.

Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana aplikasi dari teknik Frequency Separation yang digunakan untuk retouching photo model. Dengan teknik ini kita akan melakukan proses smoothing pada kulit tanpa merusak tekstur kulit. Kemudian kita akan memperbaiki blemishes & noda pada kulit tanpa merusak warna kulit. Dan terakhir kita akan menerapkan image sharpening pada foto tanpa merusak warna kulit.

Foto yang digunakan pada tutorial ini merupakan karya Cristi Mircea yang dapat didownload di sini. Jangan lupa share hasil karya foto Anda dengan menggunakan teknik ini Flickr Group FotografiDesain.com.