Teknik Imagemotion dan Parallax 2.5D Untuk Membuat Video Animasi Dari Foto

membuat video animasi dari foto

Saat ini berbagai macam media visual telah banyak dikenal seiring dengan popularitas internet dan web yang semakin tinggi. Dulu sebagian besar orang mengenal foto (still photo) sebagai media visual 2D tidak bergerak. Namun saat ini kita dapat melihat banyak media yang membuat video animasi dari foto sehingga menjadi sebuah video-video singkat.

Istilah yang digunakan untuk membuat video animasi dari foto ini bermacam-macam. Diantaranya teknik Cinemagraph, Parallax 2.5D dan Imagemotion (photomotion). Aplikasi yang digunakan untuk membuat video animasi dengan “rasa” fotografi ini bermacam-macam. Namun aplikasi yang populer digunakan diantaranya adalah Adobe After Effects dan Adobe Photoshop.

Cinemagraph

Teknik cinemagraph ini dapat Anda lihat pada tutorial yang pernah saya buat sebelumnya. Untuk membuat video animasi dari foto seperti Cinemagraph maka bahan mentah yang digunakan adalah sebuah video. Dalam proses pengerjaannya kita akan mengisolasi area tertentu dalam video dimana area tersebut bergerak dan area lain yang tidak bergerak.

Imagemotion & Parallax 2.5D

Berbeda dengan cinemagraph, teknik imagemotion dan Parallax 2.5D menggunakan bahan mentah yang berasal dari foto biasa (still photo) bukan dari video. Dengan memanfaatkan fitur animasi dan keyframe yang ada di aplikasi seperti Adobe After Effects dan Adobe Photoshop, maka kita dapat melakukan animasi pada area tertentu di foto. Selanjutnya output dari file foto ini akan dirender menjadi sebuah video. Untuk membuat efek Parallax 2.5D bisa Anda lihat pada tutorial saya sebelumnya.

Membuat sebuah video dengan “rasa” foto menggunakan teknik diatas dapat menghasilkan karya-karya visual yang unik dan menarik. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk membuat foto yang biasa saja menjadi lebih “eye catching”. Selain itu teknik ini juga populer digunakan pada media-media iklan untuk menarik perhatian  orang lain.

Berikut contoh-contoh dari video animasi yang dibuat dari 1 buah foto biasa:

Efek Parallax 2.5D

Before (image by Jake Ingle):

membuat video animasi dari foto

After:

Before (image by Nathan Dumlao):

membuat video animasi dari foto

After:

 

Teknik Imagemotion

Before (image by Elaine Casap):

membuat video animasi dari foto

After:

Before (image by Chris Gill):

membuat video animasi dari foto

After:

Tertarik untuk mempelajari teknik Imagemotion dan Parallax 2.5D dan membuat foto Anda menjadi terlihat unik dan menarik? Ikuti workshop singkat dan mudah membuat animasi video dari foto yang diselenggarakan oleh FotografiDesain.com bekerjasama dengan InfoFotografi.com. Info lebih lanjut klik di sini.