Tutorial Digital Image Jari Putus

Untuk posting kali ini saya akan perlihatkan bagaimana membuat sebuah digital image sederhana yang memperlihatkan jari-jari tangan yang terputus seperti pada foto di atas.  Untuk keperluan digital image ini saya menggunakan foto yang dibuat sendiri.

Proses Foto

Untuk pembuatan gambar ini saya menggunakan foto yang diambil menggunakan kamera pada tripod dengan posisi dari atas. Seperti yang Anda lihat pada foto, posisi pisau dan alas pisau berada di dekat jendela sehingga sumber cahaya utama berasal dari arah belakang.

tutorial photoshop

Foto pertama saya mengambil foto alas pisau dan pisau saja tanpa tangan seperti berikut ini:

tutorial photoshop

Untuk foto kedua saya mengambil foto yang sama dengan foto pertama namun kali ini dengan menambahkan tangan pada foto. Hasil fotonya ternyata muncul masalah dimana bayangan dari jari tangan terlalu dominan sehingga nantinya akan menyulitkan pada saat memisahkan tangan dari alas pisau. Untuk itu saya menggunakan flash di mount di atas kamera sebagai fill in light untuk mengurangi kontras pada foto sehingga bayangan tidak terlalu pekat.

tutorial photoshop

Proses Retouching (Adobe Photoshop):

Pada foto ini, background saya ganti dengan menggunakan foto tekstur kayu yang saya dapat dari Linkie Lueville {lindsay}:

Scratched Wood Texture copy

Sedangkan untuk gambar tektur daging saya menggunakan foto dari Jace Hentges:

Blade steak.jpg

By Mywhitedevil, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=2424244

Sedangkan untuk gambar percikan darah Anda bisa search di Google dengan keywords: blood splatter.

Berikut tutorial digital imaging Jari Putus dengan menggunakan Adobe Photoshop: