Tips Membeli Kamera Pertama Untuk Pemula

tips membeli kamera pertama untuk pemula

Sebagai pengajar dan orang yang “banyak bicara” tentang fotografi, pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada saya adalah: “Saya pemula di fotografi. Ada rekomendasi kamera apa yang paling bagus buat saya?” Atau pertanyaan lain yang juga sering ditanyakan: “Saya baru mau coba-coba hobi foto, bagus mana Canon atau Nikon yah?”. Pertanyaan seperti hampir selalu ditanyakan setiap kali saya mengajar di kelas atau menjadi pembicara di berbagai workshop. Lalu bagaimana saya menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Dengan balik memberikan pertanyaan-pertanyaan berikut :) Yah, saya akan balik memberikan pertanyaan-pertanyaan yang saya minta agar dijawab dengan baik. Karena setiap jawaban akan memberikan gambaran yang baik pada mereka, kamera apa yang cocok untuk mereka. Jadi disini yang ditekankan untuk mereka yang pemula atau pertama kali membeli kamera adalah bukan mencari kamera yang paling bagus atau paling baik, tapi yang harus dicari adalah kamera yang paling cocok untuk mereka. Berikut tips membeli kamera pertama untuk pemula dan berniat membeli kamera pertama, silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan temukan kamera yang paling cocok untuk Anda.

OK, sebelum ke pertanyaan pertama saya akan memberikan satu fakta penting yang perlu Anda pahami di awal. Yaitu bahwa hobi fotografi sangat berkaitan erat dengan teknologi. Dan sama dengan hal lain yang berkaitan dengan teknologi, maka pepatah yang mengatakan “ada uang ada barang” & “you get what you pay for” adalah sangat tepat. Tidak dapat dipungkiri, apabila Anda mencari kamera atau perlengkapan fotografi yang terbaik, maka ada bujet yang harus Anda siapkan. Semakin canggih kamera yang Anda inginkan akan semakin besar pula bujet yang diperlukan. Karena itu, apabila Anda pemula maka lebih baik yang Anda cari adalah kamera yang paling cocok dan bukan kamera yang paling baik atau canggih. Modal awal dan paling penting bagi semua fotografer bukan pada kecanggihan kameranya tapi pada mata yang terlatih, dan Anda tentu saja sudah memiliki mata. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melatih mata tersebut dengan bantuan kamera. Ok, let’s get into the first question…

1. Apa tujuan Anda membeli kamera?

Apa alasan utama Anda membeli kamera? Saya rasa pada tahap ini ada dua alasan utama membeli kamera (tiga bila Anda seorang mahasiswa yang mengambil kelas fotografi). Pertama untuk keperluan dokumentasi (biasanya untuk foto keluarga, acara-acara bareng teman-teman, acara kantor dst) dan kedua karena Anda berminat untuk menjalani hobi fotografi. Apabila Anda seorang mahasiswa peserta mata kuliah fotografi bisa jadi alasan ketiga adalah untuk mempermudah Anda menjalani kelas tersebut (mengerjakan tugas-tugas, dll).

Apabila alasan utama Anda adalah untuk keperluan dokumentasi atau kuliah, maka saran saya belilah kamera kit. Yaitu kamera yang dijual dalam satu paket yang terdiri dari body kamera dan lensa kitnya (biasanya lensa 18-55mm). Kemudian apabila bujet memungkinkan langkah berikutnya adalah membeli lensa tele (karena biasanya paket kamera kit tidak menyertakan lensa tele didalamnya) seperti 70-300mm. Pada tahap ini Anda sudah memiliki 1 body kamera dengan lensa 18-55mm (untuk pemotretan indoor dan wide) dan lensa 70-300mm (untuk pemotretan outdoor dan objek foto yang jauh). Untuk keperluan dokumentasi maka apa yang Anda miliki saat ini sudah cukup. Apabila Anda tidak terlalu suka gonta-ganti lensa, maka Anda bisa menjual lensa kit 18-55mm dan menggunakan uang hasil penjualan lensa tersebut untuk menambahkan bujet membeli lensa dengan focal length yang mencakup wide sampai tele (biasa disebut lensa “sapu jagat”) seperti lensa 18-200mm. Atau pilihan lain, pada saat membeli kamera Anda hanya beli body kamera saja, lalu membli lensa 18-200mm terpisah. Berikut starter kit untuk keperluan dokumentasi atau kelas fotografi:

  • Body kamera
  • Lensa kit 18-55mm
  • Lensa ┬átele (contoh: 70-300mm)

Contoh lensa tele:

NIKON AF 70-300mm f/4-5.6G - Black
NIKON AF 70-300mm f/4-5.6G – Black
CANON EF 75-300mm f/4-5.6 III USM
CANON EF 75-300mm f/4-5.6 III USM

Atau

  • Body kamera
  • Lensa “sapu jagat” (contoh: 18-200mm)

Contoh lensa sapu jagat:


CANON EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS
NIKON AF-S DX 18-200mm f/3.5-5.6G ED VR II
NIKON AF-S DX 18-200mm f/3.5-5.6G ED VR II
NIKON AF-S DX 18-300mm f/3.5-6.3 G ED VR
NIKON AF-S DX 18-300mm f/3.5-6.3 G ED VR

Apabila Anda berniat untuk mencoba hobi fotografi, maka setup perlengkapan sama seperti untuk keperluan dokumentasi di atas. Yaitu body kamera dan lensa yang bisa mencakup dari wide sampai tele. Namun karena umumnya lensa kit tidak memiliki aperture yang cukup besar dan begitu juga dengan lensa “sapu jagat”. Maka saya sangat menyarankan untuk memiliki satu lensa dengan bukaan terbesar minimal f/2. Lensa seperti ini (kita sebut fast lens) akan mempermudah Anda untuk kelak berlatih foto dalam kondisi low light dan bermain dengan Depth of Field yang sempit. Apabila bujet Anda terbatas, maka rekomendasi saya adalah satu lensa wide (lensa kit sudah cukup) dan satu fast lens. Saya sarankan apabila Anda pemula jangan terlalu banyak membeli lensa di awal. Kuasai dan berlatih dengan satu lensa hingga Anda benar-benar paham karakteristik lensa tersebut sebelum membeli lensa baru. Berikut starter kitnya:

  • Body kamera
  • Lensa wide (contoh: lensa kit 18-55mm)
  • Fast lens (contoh: lensa 50mm f/1.8)
  • Optional: lensa tele (contoh: lensa 70-300mm)

Contoh fast lens:

NIKON AF 50mm f/1.8D
NIKON AF 50mm f/1.8D
CANON EF 50mm f/1.8 STM
CANON EF 50mm f/1.8 STM
SONY DT 35mm F1.8 SAM Prime Lens [SAL35F18]
SONY DT 35mm F1.8 SAM Prime Lens [SAL35F18]

Selanjutnya: Berapa Bujet Yang Diperlukan?

  • Azam

    Trimkasih sngat bsrmanfaat

  • wulan

    halo kak, mau tanya
    kalau buat pemula yang baru mau mulai hobi fotografi bagusnya beli kamera apa yah kak ? budget 6-7jt an

    • Coba baca lagi artikel di atas. Intinya: pilih brand yg populer (biar after sales gampang, support banyak) dan sesuaikan dng kamera yg banyak ada di lingkunganmu (teman2, saudara2, tetangga) biar kalo ada apa2 bisa tanya2 dan bisa coba2 juga perlengkapan lainnya. Soal tipenya yah sesuaikan dg bujet aja.

  • Huii Vy

    halo, saya mau bertanya, dan saya juga ga tau soal kamera :D
    saya pengen traveling dan foto2 keluarga dan bisa video dengan kamera gitu, dengan hasil yang bagus bisa upload ke sosial media sperti selebgram hehehe…
    apa ada recomended camera kah? dengan budget 5-7 juta
    thanks untuk infonya :)

    • Coba cari kamera mirrorless yg bisa konek langsung ke HP seperti Sony seri A5000-A6000. Atau kalo nggak mau ribet yah beli aja hp yg bagus di range harga segitu.

      • Huii Vy

        Jika camera canon eos m3 dengan sony a6000 lbh bgus ya kak?

        • Kalo hanya lihat dari spesifikasi teknis dan kebutuhan saya pilih A6000 karena power batere yg lebih besar (artinya saya bisa ambil lebih banyak foto sebelum batere habis), pilihan lensa yg lebih banyak saat ini dan juga lebih ringan.

  • Terima kasih mas Andry buat masukannya. Link back juga yah :)

  • SAYA

    bermanfaat banget buat aku yang baru pemula di fotografi, makasih ya kak

  • Sahrial Sianggian Siregar

    Halo mas. Saya ingin tanya. Saya fotografi pemula. Saya ingin membeli kamera mirrorless dengan bujet 6 jutaan. Saya minta rekomendasi dong kamera apa yang cocok buat saya. Terima kasih.

    • Mirorrless di 6jt saya rekomen dari Fuji atau Sony karena bigger sensor dibandingkan yang lain. Tipenya tinggal disesuaikan dengan bujetnya.

  • Egi Virginia

    kak mau tanya, kan anak desai ada matkul fotografi nih nah, kamera dslr yg cocok bua pemula budget 5jt apa ya? makasiii

    • Silahkan beli kamera yang sesuai dengan bujet 5jt itu, tipenya banyak kok dan kalo di harga yg sama secara teknis tidak jauh beda.

  • Quin

    Mau nanya donk bagus canon 600d,700d ato 1200d ya kalo buat pemula?ato ada masukan tipe lainnya?makasi

  • Rizki

    Bang admin mau nanya saya mau nyoba pake kamera (pemula) lebih baik saya ambil eos 1100d atau 550d ya?
    Makasih

    • 550D punya beberapa kelebihan secara teknis dibandingkan 1100D

  • Fikri fauzi

    Gan mau tanya kalo mau beli camera second apa yg mesti di perhatikan dan garansi distributor ama resmi mempengaruhi juga ga?
    Sama satu lagi untuk pemula seperti mending pake canon 700d, 750d atau nikon d5500?
    Terimakasih

    • Lebih baik aja temen yg sudah punya kamera untuk ikut periksa kamera 2nd yang mau dibeli. Garansi distributor resmi dan garansi toko/bm yang berbeda. Tentunya lebih baik yg menggunakan garansi dari distributor resmi.

      • Fikri Fauzi

        Terus type kameranya lebih baik mana yang saya sebutkan sebelumnya?

        • Nikon D5500 punya beberapa kelebihan teknis dibandingkan yang lain.

  • Desi Natalia

    rekomen kamera yang harganya terjangkau dan paling bagus buat bikin video dong,kak ?

  • Tansky

    hallo mas. saya peminat fotografi yang masih pemula. saya punya canon 1100D beserta lensa 18-55m nya dan bermaksud untuk upgrade kamera canon ke 3 digit. punya budget dibawah 6jt. kira2 tipe apa yang cocok ya? terimakasih mas.

    • Sesuaikan dengan bujet aja karena ada beberapa varian dengan harga berbeda-beda.

  • Halo mas. Saya sudah browsing kamera2 yang sekiranya bakal cocok sama kebutuhan saya dan nemu beberapa yaitu Sony alpha a5000, Pentax q7, Samsung nx3000, dan Nikon 1 j5. Menurut Mas-nya yang paling oke dan noise nya paling minim yang mana ya mas? Terima kasih:)

  • resa

    ka mau tanya nih, kalau cuma cukup buat beli camera prosumer doang bisa kasih rekomendasi ga yg bangus apa? canon powershot sx420 atau nikon coolpix L340 ataukah sony ? thanks ya ka

  • herdian ardi

    Antara nikon d3000 sama canon eos 1100d bagus mana gan?
    Dan yg paling bagus hasilnya dgn lensa 85mm f/1.8 kalo ngk salah.

    • Secara teknis 1100D sedikit lebih baik dibandingkan D3000 karena sudah ada fitur rekam video, Live View dan kapasitas batere yang lebih besar.

  • Wilsen Wijaya

    halo. saya orang yang suka traveling. saya sepertinya lebih suka sama kamera mirrorless. buat pemula, boleh minta rekomendasi kameranya? saya juga berminat untung mempelajari lebih lagi tentang fotografi kedepannya.
    terima kasih

  • Farras Ghandura

    Mas. Saya mau belajar fotografi dan pengen beli nikon d3300 .saya liat2 di toko online harganya beda2 jauh. Ga tau yg mana yg betulnya. Kira2 harga nikon d3300 itu brapa yah mas?

    • Saat tulisan ini dibuat harga Nikon D3300 Kit sekitar 5jt rupiah. Kalo ada yang harganya beda jauh sampai selisih jutaan kemungkinan 2nd atau malah penipuan. Saran saya kalo pemula jangan beli online ataupun kalo beli online harus COD atau beli dari toko online yang memiliki toko offline yang jelas.

  • alief pratama

    Mas mau tanya untuk kegiatan toys fotography enaknya pakai kamera apa ya?

    • Kamera apa saja bisa, nggak ada yg spesifik khusus untuk toys photography. Paling nanti pilihan lensanya yang lebih spesifik.

  • Fauzi Maulana

    Mas mau tanya,lebih bagus mana buat pemula dslr canon 550d,atau dslr nikon d3100

    • Dua2nya ada di kelas yg sama, paling kalo nantinya bakal banyak dipake buat shooting video sy recomend 550D karena sudah ada input untuk external mic.

  • Wahyu Eko Cahyanto

    Canon eos m3 rekomend ga buat dibawa ke pegunungan sama konser? Apa ada saran yg lebih baik?, harga di 6-7jt

  • Anis Karisa

    Kak bole minta saran buat pemula mending canon 1300d atau canon 700d? Trims

  • Farid Razab

    Gan lebih bagus mana untuk foto & video antara canon 1300D kit atau sony A6000 mirrorless?

  • lutfi

    mas plih sony hs400,canon 1100d untuk pemula

  • Ficky

    Gan mau nanya nih,, bagusan Canon 750D atau 760D buat pemula,, trus lensa yg bagus buat foto pemandangan atau outdoor dr keduanya bagus gak? Thx

    • Canon 760D adalah versi upgrade dari 750D jadi tentunya lebih baik secara teknis. Untuk pemula bisa memaksimalkan lensa kit bawaannya.

  • Mesyan

    Mau nanya nih kalau camera canon dslr buat pemula yg cocok apa ya? Budget +/- 7jtan

  • Farid Razab

    Gan saya kan masih pemula dan ingin beli kamera untuk foto2 traveling, menurut saran agan beli kamera apa ya? Dan lebih baik canon eos 1200D kit atau canon eos M3? Terima kasih

  • ale

    rekomendasikan dong..toko kamera online yg terpercaya n http://www.focusnusantara.com terpercaya apa gak ??

    • Toko online besar seperti Focus Nusantara, JPC Kemang, TokoCamzone, Oktagon, dan Bhinneka bisa dicoba.

  • Farid Razab

    Bang saya kan masih mahasiswa yg ingin mencoba fotografi, saya minta saran kamera yg cocok untuk saya apa ya? Kalo diantara canon eos 1300D kit sama canon eos M3 bagis mana ya? Terima kasih

  • Gan kalo nikkon d3100 kira2 cocok gk buat pemula?

    • Nikon D3100 masuk kategori entry level jadi memang buat pemula.

      • Ok thx gan info nya

  • Samsung Galaxy K Zoom tidak bisa diganti lensanya (sudah fixed). Samsung NX300 bisa dipakai untuk pemula kok, cuma saran saya untuk mulai belajar coba cari dari merek sejuta umat agar mudah kalo ada apa2 banyak komunitasnya. Tapi kalo memang yakin dengan NX300 yah gak masalah.

  • CANON EOS 1300D Kit bisa jadi pilihan dengan sisa bujet bisa untuk keperluan lain (tas kamera, filter, dll).

  • winza

    hai saya mau tanya kalau untuk kebutuhan sekolah foto2 tugas karya graphic design dan foto pemandangan dan makanan mending beli canon eos m3 atau canon g7x mark ii ya?

    • Diantara 2 pilihan tsb saya pilih Canon EOS M3 karena lensanya bisa diganti2.

  • agus

    assalamualikum bang, maaf sebelumnya saya ini orang awam tentang fotografi tapi semenjak 1 thun kebelkang ini saya mulai tertarik dengan dunia fotografi, niat saya mau beli camera canon powershot sx 420 is untuk keperluan kantor sama foto foto biasa uotdor sperti ke pantai, gunung, perkampungan. yang jadi peratanyaan apa camera yg saya maksud beli cocok dengan keperluan saya, dan apa camera canon powershot sx 420 is itu bisa di ganti lensanya dengan lensa yang lain ?. sebelumnya dan ssdahnya saya mngucapkan terimakasih.

    • Soal cocok atau enggaknya tergantung bujet yang ada sekarang. Kalo memang bujet hanya memungkinkan untuk beli SX420iS yah dimaksimalkan saja penggunaannya. Untuk sekedar foto biasa outdor bisa2 aja kok. Karena saya bisa rekomendasikan kamera lain yang cocok, tapi kalo bujet diluar yang ada sekarang juga percuma kan? Oh ya kamera SX420iS termasuk jenis prosumer yang tidak bisa diganti-ganti lensanya.

  • Bisa2 aja. Cuma shootingnya dengan sistem yang lebih baik seperti dslr akan memberikan option lebih baik juga dibandingkan dng kamera prosumer seperti FZ300.

  • Putri

    Halo minta tolong bantuannya, saya mau tanya. Saya pakai kamera Fujifilm XA2 Mirrorless. Belakangan saya baru ngeh saat mau rekam video kalo ternyata dikamera ini ga ada slot buat external microphone.
    Tapi kira2 kalo saya tetap beli external mic nya, beli adapter, kemudian disambungkan dengan slot lain (semacam slot cable data) yang ada di kamera ini kira2 berfungsi gak yah mic nya?

    Maaf belibet. Terimakasih atas bantuannya.

    • Sayangnya tidak bisa karena jenis koneksinya berbeda. Solusinya mic tsb dikoneksikan ke audio recorder terpisah kemudian di sync ke video pada saat post processing.

  • Semua kamera dengan lensa yang tepat bisa foto langit kok, yang penting kitanya punya basic skill fotografi yang baik. Jadi saya sih sarankan belajar basic skill fotografi dulu.

  • Saya pilih XM-1 karena lebih ringkas dan lebih ringan dibandingkan D5300 sehingga enak buat dibawa travelling. Cuma saya perlu bawa batere cadangan kalo saya travelling seharian penuh karena kapasitas batere tidak sebesar D5300.

  • Saya pilih Fuji X-A2 dibandingkan M10 karena sensor yang lebih besar dan bisa pasang external flash.

  • Untuk audio bisa beli audio recorder terpisah cuma nanti harus disinkronisasi lagi pada saat post processing. Lebih mudah menggunakan kamera yang sudah memiliki fitur external audio jack sehingga kita bisa pake mic terpisah yang dihubungkan ke kamera langsung. Sony A5000 tidak punya external audio jack jadi hanya mengandalkan builtin mic untuk audio source yang hasilnya tidak maksimal. Kamera dengan external audio jack memungkinkan kita untuk menggunakan mic yang lebih bagus dan langsung dikoneksikan ke kamera.

  • Saya saran sih invest di 2 hal. Pertama, di kamera dng lensa yang bisa diganti karena kamera jenis ini (dslr atau mirrorless) memiliki sensor yang lebih besar ketimbang kamera poket atau prosumer. Kedua, invest belajar fotografi untuk punya basic skill fotografi yang kuat. Bisa dengan beli buku2, belajar online atau ikut kursus.

    • Nazmi

      Terimakasih infonya pak. Saya lebih tertarik mirrorless pak. Dibandingkan kan antara sony nexc3 dengan nikon 1 v2, mana yang bagus untuk hasil fotonya pak. Atau sekiranya bapak punya saran lain dengan budgetnya 5 jutaan pak.

  • Kalo buat jalan-jalan yang jadi pertimbangan utama adalah fisik kamera. DSLR punya kecenderungan fisik yang berat dan besar. Sekarang tinggal usernya saja mau/kuat bawa jalan2 kamera jenis ini atau tidak. Silahkan datang langsung ke toko kamera atau pinjam punya teman/saudara dan coba pegang2 dan rasakan. Kalau merasa tidak masalah yah pake kamera DSLR untuk jalan2 nggak akan jadi masalah juga kok. Saya pribadi cenderung cari kamera dng bentuk fisik yang lebih ringkas kalo untuk travelling seperti jenis kamera mirrorless ketimbang dslr.

  • Antara M3 dan 600D saya rekomen 600D karena sistemnya lebih lengkap (asesoris, flash, stabilizer, dll). Dari sisi teknologi mungkin bukan yang terbaru tapi kalo masalah bujet dan untuk mulai belajar saya rasa ini pilihan yang tidak salah.

  • Selama kondisi pencahayaan selalu extra terang nggak masalah pake kamera smartphone. Cuma yang jadi masalah kan kita nggak selalu dihadapi dengan kondisi ideal seperti itu. Nah kalo sudah seperti itu perlu kamera dengan sensor yang lebih besar, cuma saya rasa kalo cuma pindah ke kamera poket nggak terlalu terasa perbedaannya dibandingkan pindah ke kamera DSLR atau mirrorless yang sensornya lebih besar.

  • BAMBANG P

    Mas bisa di rekomendasikan untuk saya , rencana belikan camera canon untuk anak saya yang masih SMA dan mulai punya hobby fotografi dengan teman-temannya. Anak saya mintanya canon760D dan di sini budget saya pas-pasan menurut mas yang cocok kamera yang canon yang type berapa ? terima kasih sebelumnya.

    • Saya harus tau dulu bujetnya berapa karena cocok enggaknya kan dibatasi juga oleh bujet yang tersedia.

  • jeacsen jaya

    Permisi mas mw tanya mendingan beli eos 650d, 750d ato eos 1300d?

  • Lailaleel

    Artikel yang sangat membantu bagi pemula. Terimakasih mas. Dan mohon rekomendasinya, camera beserta lensa apa yang cocok untuk pemula yg ingin belajar sport fotografi ? Sementara dg bujet sekitar 7-8jt an. Semoga berkenan dibalas. Hehe

    • Untuk sport fotografi, lensa tele cukup esensial karena kita tidak bisa terlalu dekat dengan objek foto. Contoh lensa 70-300mm dan 70-210mm bisa jadi pilihan dan saya rasa tiap brand punya opsi lensa “murah” di focal length itu.

  • Christian Halim

    Mas bro. Saya pake fujifilm finepix s2980. Dengan menggunakan batterai alkalin aa 4x rekomen dong untuk baterai recharger bagusnya pakai baterai merk apa ya. Dan daya yg cukup. Kebanyakkan baterai recharger berkapasitas 1300.mAh sampai 2100.mAh beda dengan baterai alkalin yg bisa mencapai 3200mAh thks hehhe. Amatiran si. Cuman hobbi foto2 karna ada kebanggan tersendiri disetiap gambar atau momen yg kitr ambil. (Salam lensa)

    • Batere recharge banyak yg bagus sekarang seperti merek Sanyo Eneloop dll. Untuk kapasitas sampai 3200 juga ada, dan saya rasa pake kapasitas 2100 juga gak masalah karena kita bisa bawa beberapa set dan nantinya bisa direcharge kembali.

  • heri

    mas mau nanya kamera buat pemula kisaran 2jtdibawah 2,5jt. search di google hasilnya pocket. ada saran powershoot xs410 is. itu gimana ? ada saran dari mas ? dipake nya buat keperluan foto sehari hari , buat liburan, dan lebih ke keperluan post di sosial media aja.

    • Nggak ada masalah sih karena memang sudah sesuai bujet yang ada. Saran saya sih kalo hanya untuk dokumentasi dan post social media lebih fleksibel malah pake hp dng camera yang ok.

  • cesylia andriyani

    kak kalau aku sih cuman buat untuk foto foto ajah..kamera apa kira2 yg cocok kak?makasih?

  • Kus

    Mas permisi mau tanya, jika dibandingkan antara Sony A5000 dan Fuji X-M1, lebih baik yang mana?
    Terima kasih

    • Dua2nya ada di kelas yang sama. Mungkin saya condong ke Fuji X-M1 karena ada flash hot shoe jadi bisa pasang flash external.

  • nur

    mas rekomendasi untuk saya yang hanya ingin membeli kamera untuk kebutuhan foto2 saja bukan untuk yang lain. apakah canon 1200d cukup? karena budget saya juga hanya sekita 4 jutaan.. atau saya harus beli 1300d?

  • ck

    permisi mas mau nanya, kalau canon eos m3 dengan sony a5100 menurut mas lebih unggul mana? saya suka pergi2 dan kuliner saja sih. terimakasih sebelumnyaa.

    • Dari sisi teknis kurang lebih sama dua2nya. Saya sedikit condong ke a5100 karena pilihan native lenses lebih banyak dan batere yang sedikit lebih awet juga.

  • Citra Sela

    Maaf mas kalo milih antara nikon d3300 , dengan canon 60d bagus yg mana untuk hunting di alam dan indoor (banyaknya alam) dengan pilihan lensa nya banyak mana? Terutama lensa micro
    Atau ada rekomendasi lain untuk kamera yg cocok buat pemula dibawah 8 jutaa
    Makasih mass

    • Secara teknis dua2nya bisa dipake untuk foto outdoor dan nature dan memiliki pilihan lensa yang relatif sama juga. Bedanya Nikon D3300 merupakan produk yang lebih baru ketimbang Canon 60D.
      Selain 2 tipe itu, untuk dibawah 8 juta juga ada Canon 700D.

  • Debby

    aku baru mau beli kamera nih tp masih bingung.. pilihannya sony a5000 sama samsung nx3000 mending mana ya?

    • Saya lihat dari sisi brand saat ini antara Sony a5000 dan Samsung NX3000 saya lebih prefer Sony a5000. Saat ini Sony lebih support untuk bisnis fotografinya dibandingkan Samsung.
      Cuma satu minusnya yaitu tidak adanya flash hot shoe di Sony a5000 sedangkan di Samsung NX3000 sudah ada. Kalo nantinya bakalan beneran serius menekuni hobi fotografi ada baiknya pilih kamera dengan fitur ini supaya nanti tidak harus ganti kamera lagi.

  • Muhammad Alvin Faiz

    Permisi,mau tanya,saya dihadapkan 2 pilihan antara canon G7X atau Canon M3 dan keperluan saya adalah untuk vlogging,mengabadikan momen,saya sudah tertarik dengan Canon G7X tapi yg saya dengar camon G7X tidak bisa menggunakan mic external,dan saya disarankan menggunakan canon M3 yg bisa menggunakan mic external,mungkin ada saran lain,terimakasih jika berkenan menjawab dan maaf merepotkan??

    • Yah betul Panasonic GX7 tidak ada mic external sedangkan Canon M3 memiliki input untuk mic external. Kalo keperluannya untuk vlog tentu lebih praktis menggunakan Canon M3. Kalau pengen tetap menggunkan GX7 solusinya beli audio recorder terpisah dan sync dengan video di post processing.

  • Indriana

    Permisi, mau bertanya canon 700D dibanding nikon D5300 lebih unggul yang mana ya kalo lensanya sama2 yg kit 18-55?
    Saya masih pemula, dan tujuan membeli kamera untuk coba2 belajar fotografi, untuk travelling dan foto wisata kuliner. Mohon pencerahannya ya, trimakasih :)

  • denny

    Permisi mau tanya2 nih mas,kegunaan lensa xf 55-200mm itu buat apa?
    thx…

    • Focal length 55-200mm masuk kategori lensa tele, cocok buat portrait karena kompresinya tinggi sehingga tidak terjadi distorsi di wajah. Selain itu cocok juga untuk wildlife/nature photography (motret binatang) karena kita tidak perlu dekat secara fisik ke objek yang difoto.

      • denny

        aku baru beli kamera fuji Xt1o cocok kah dgn lensa itu buat foto2 konser band?
        maaf mas aku pemula… thx

        • Kalo dari focal lengthnya cocok2 aja, cuma masalahnya stage kondisi cahayanya seringkali tidak mencukupi, bukaan 3.5-4.8 bisa jadi tidak cukup. Kompensasinya harus menggunakan ISO tinggi dengan resiko noise jadi lumayan kelihatan.

          • denny

            Solusinya klo buat foto konser yg bagus buat kamera Xt10 apa aja yg harus saya siapkan?
            apa perlu pakai lampu tambahan?

          • Kalo lagi konser atau stage umumnya dilarang foto dengan menggunakan lampu flash. Pake 55-200 sudah bisa, nanti tinggal ISO nya saja dinaikkan. Kalo mau lensa lain tinggal cari yang maximum aperturenya at least f/2.8 seperti FUJIFILM XF 90mm f/2, FUJIFILM Fujinon XF 60mm f/2.4 atau FUJIFILM Fujinon XF 50-140mm f/2.8. Alternatif lain bisa pake lensa dengan merek lain menggunakan adapter lens.

          • denny

            Thx buat infonya Mas… GBU

  • Ivan

    Permisi mau nanya nih mas, kalo dengan budget 10jtan, rekomendasi kamera apa ya?
    mirrorless gitu sih mungkin
    Apakah Fujifilm XE-2? (harga sekitar9.5)
    atau Sony a6000? (harga 8-9)

    lalu, apakah MP pada kamera itu penting? saya melihat rata2 mirrorless punya fujifilm cenderung lebih rendah daripada kamera2 lain, termasuk sony

    Mohon pencerahannya, apa saja jenis spesifikasi yang penting dan harus diperhatikan, dan yang mana yang kurang begitu penting…

    terimakasih :)

    • Satu2nya yg saya sayangkan dari Sony a6000 adalah tidak adanya external mic jack, jadi kalo buat rekam video hanya mengandaklan mic builtin sedangkan XE-2 sudah ada external mic jack jadi untuk rekam audio saya bisa pake mic terpisah. Selebihnya saya rasa secara fitus teknsi A6000 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan XE-2.
      Kontribusi langsung dari resolusi yang besar adalah besarnya dimensi cetak foto nantinya. Semakin besar resolusi, semakin besar dimensi foto yang bisa dicetak. Lebih lanjutnya bisa lihat di artikel saya ini.

  • Grayvalta

    Kak mau tanya nih,untuk bujet 4-5jt
    Yang bagus kamera merk apa ya ?
    Dan type apa ya ?
    Mohon bimbingan nya,thanks kak

    • Kalo berada di rentang harga yang sama kurang lebihnya semua kamera sama saja. Kalo udah spesifik tipenya mungkin nanti ada perbedaan fitur teknis saja yang tidak signifikan tergantung kebutuhan.

  • Miya Aruka

    Mas kamera canon + lensa kit dg budget 4-5 jt kira2 dpt yg model yg apa ya? untuk keperluan traveling dan sehari hari..

  • ica

    Kak,mau tanya aku punya uang 6-8 jt, mau beli camera yang enak buat traveling,foto ootd,sama foto pemandangan kira” cocoknya pake camera apa ya?

    • Pilihannya yah semua kamera dengan harga yangs sesuai bujet (silahkan browse mengenai tipe2nya). Karena keperluannya sangat bervariasi saya rasa pilih saja tipe2 kamera yang ada sesuai bujet tsb.

  • Ahmad Fauzan Fadillah

    Kak,mau tanya.saya mau beli kamera DSLR bujet 4-5jt.
    kira” apa yang cocok buat saya ini?
    buat keperluan pribadi sih kek hunting dll :v hehe

    • Well, tentunya kamera DSLR yang harganya 4-5jt, pilihannya nggak banyak kok dan karena berada di rentang harga yang sama maka semuanya cenderung sama saja.

  • Stephanie

    Mas mau tanya dongg.
    Rekomendasi kamera dslr yang bagus buat foto” trevel, foto” keseharian gitu. Budget aku skitar 12-15jt.
    Trus rekomendasi lensanya yg bagus apa ya? Tipe brp?
    Klo yg aku denger” lensa canon lbh bnyk tipe ketimbang nikon. Bener gk mas?
    Aku si mau ny bs ganti2 lensa. Jd tinggal nabung lg beli lensa baru . Hehehehe.

    • Kalo untuk travel lebih enak bawa camera mirrorless daripada dslr karena lebih ringkas dan compact. Lensa pake yg kit seperti 18-55 juga enak karena kecil. Secara historis mestinya lensa kamera digital Nikon lebih banyak karena mounting lensanya tidak berubah dari era kamera analog ke digital. Beda dengan Canon yang mountingnya berbeda antara kamera analog dengan digitalnya sehingga memerlukan lensa berbeda.

      • Stephanie

        Klo untuk dslr rekomendasi nya apa mas ? Trus klo mirrorless rekomendasi nya apa mas?
        Budget nya 12-15jt.
        Thanks.

        • Saya rasa secara spesifikasi teknis di rentang harga yg sama baik DSLR maupun mirrorless sama saja. Perbedaan paling mendasar adalah dari sisi dimensi fisik.

  • bagus

    canon 600d,60d, sony a5000,a6000 bagusan mana ya ? (kalo bisa durutkan) kebutuhan untuk filmmaker sama buat traveling dan dokumentasi.
    lalu apakah mirrorles itu worth untuk pembuatan film? terimakasih

    • Dari semua, Sony A6000 adalah yang terbaru sehingga memiliki kelebihan dari sisi spesifikasi teknis karena mengusung teknologi yang lebih baru dibandingkan yang lain. Namun untuk filmmaker Canon 60D lebih optimal karena sudah ada audio input jack dan pilihan lensa yang lebih banyak.

  • DY

    lebih baik Canon M3 atau Fujifilm X-A2?

  • pratama

    Mas, saya mau tanya kalau nikon D5100 sama D3200 lebih recommended mana ya buat pemula seperti saya..soalnya saya sering suka mengabadikan moment di alam”/outdoor
    Terimakasih

    • Nikon D5100 sedikit lebih baik secara teknis dibandingkan dengan D3200.

  • zunius

    mas mau tanya nih.
    canon 700d dan canon 1200d
    lebih bagus mana ya?

  • Artikel-nya bermanfaat, jangan bosen nulis artikel berkualitas (lengkap beserta contoh lensa) macam ini :)

  • Nisa

    Kalo Conan d1200 sama Nikon d5200 untuk pemula bagusan mana ya? Budget sih cukup. Tapi saya masih bingung milihnya. Mohon pencerahannya

    • Secara teknis Nikon D5200 memiliki fitur yang lebih baik daripada Canon 1200D. Tapi pertimbangan beli kamera tidak hanya secara teknis seperti yg saya tulis di artikel ini.

  • Willy Nocturno

    mas saya minta saran
    Nikon d3300 vs d5300, perbedaan harga dan spek itu jelas.
    Tapi yang pengen saya tanyakan kalo perbedaan harganya tersebut apakah sebanding dengan fitur yang ditawarkan.
    Dan bila dengan budget yang sama yaitu bisa buat beli d5300, apa ya rekomendasi yang harus saya beli bila saya pengen foto untuk makro dan wide (prioritas makro). Mending d5300+kit atau d3300+kit+Lensa lain ” kalo cukup dg duitnya segitu :) ” (sekalian rekomen lensanya). oh ya kalo untuk makro dg Extension, Reverse apa hsilnya udah cukup bagus mengingat budget yang seadanya. maaf banyak nanya, biar tambah pinter :). mksih sbelumnya master. terima kasih

    • Kalo dari sisi harga bedanya tidak terlalu jauh saya lebih prefer Nikon D3300. Sisa bujet untuk beli lensa makro. Untuk Nikon pilihan lensa banyak banget, terutama lensa2 makro manual Nikkor yang dulu2. Coba tanya ke komunitas makro mengenai tipe2nya. Kalo memang ada bujetnya sebaiknya beli lensa makro daripada beli extension tube atau reverse.

      • Willy Nocturno

        beda hasilnya jauh ya, antara lensa makro dengan kit+extension tube atau reserve

        • Dedicated lens tentu lebih optimal. Extension tube akan menurunkan kualitas image karena ada tambahan optik dan pada banyak kasus juga menaikkan maximum aperture lensa beberapa stop.

  • Febriana

    Mas saya mau tanya kalo canon 1200d dengan 40d bagusan mana dari segi photography dan harganya kira” berapa…

    • Secara teknis Canon 40D sedikit lebih baik dari Canon 1200D. Paling kalo suka shoot video juga, Canon 1200D sudah support 1080p dengan 25fpserta video autofocus. Sedangkan kualitas still image 40D sedikit lebih baik daripada Canon 1200D.

  • Hervin

    Mas mau tanya kalo kamera prosumer atau pocket yang bagus untuk ambil gambar di indoor kamera apa ya?

    Makasih

    • Cari kamera prosumer atau pocket dengan aperture terbesar dan ISO tertinggi yang ada di kamera tsb dan sesuai dengan bujet. Mengenai merek dan tipenya banyak sekali pilihannya silahkan browse di toko2 online dan offline.

  • Leo

    mas

    Bagusan mana ya
    antara Nikon D3300, Nikon D5200 atau Nikon D5300

    untuk setingan standar nya seperti apa ya ? :)

    • Secara teknis urutannya adalah D3300D5200 – D5300 dimana D5300 merupakan pengganti tipe D5200, jadi secara teknis D5300 memiliki kelebihan dibandingkan 2 tipe sebelumnya.

  • Dyansyairi

    Ka, boleh tanya ga ?
    Kalo untuk pemula ky saya. Baru mau tekuni hobi photo.. DSLR yg cocok dan bagus spesifikasinya tuh apa ya ? Dan yg buget nya ga mahal ???
    Tp ka klo saya mau tambah lensa untuk mendapan gambar yg lebih optimal lensa apa ka ? Dan yg cocok dan pas buat kamera nya.

    Terimakasih ka :)

    • Nah ini tergantung bujetnya berapa, saya nggak bisa rekomendasi kalo saya nggak tau bujetnya berapa :)

  • al-farisyi

    Dari sekian banyak artikel tentang fotografi untuk pemula, menurut saya artikel ini yang paling cadas.
    Minta pencerahan bang, kaum serious amateur apakah sudah “diizinkan” pake nikon d7200?

    • Terima kasih buat commentnya. Sebenarnya pembagian kelas seperti serious amateur itu berdasarkan jenis kameranya. Kalo dari sisi pengguna, selama bujet memungkinkan dan mau belajar yah nggak jadi masalah :)

  • Puput

    Hallo mas bisma makasi infonya,
    Rekomedasi yang mana mas antara ketiga kamera ini ?
    fuji xm1, sony a5100, atau nikon d5200
    Keperluan utamanya untuk dokumentasi keluarga dan kegiatan sehari hari atau jalan jalan. Makasi

    • Saya rasa Sony A5100 lebih cocok kalau hanya untuk kegiatan sehari2 dan jalan2 karena bentuknya yg ringkas. Lain halnya kalo nanti lebih serius menekuni fotografi sebagai hobi, maka Nikon D5200 bisa jadi pilihan karena sudah ada flash hot shoe untuk menggunakan lampu flash eksternal.

  • hendy

    Terimakasih ilmunya mas.Mas mau tanya. Kl utk pemula yg senang foto mainan/Toys/Miniatur+candid jenis kamera + lensa yang tepat apa ya.bajet sekitar 8 – 9 juta. Mohon bantuannya

    • Untuk pemula, saran saya spend bujet untuk camera + kit lens saja dulu. Karena nanti seiring makin sering motret baru ketauan bener2 seneng motretnya apa. Kit camera sudah cukup untuk untuk memulai foto toy atau candid, kalo memang mau spesifik lensanya bisa pilih lensa wide karena focusing distance pendek kalo banyak bekerja di ruang sempit. Bisa juga lensa macro kalo memang mau. Tapi kembali, untuk memulai bisa dengan kamera + lensa kit kok. Bujet 8-9jt diantaranya ada Nikon D5500, Canon 750D, Fuji X-A2 dan Sony A6000.

      • hendy

        Ok. Terima kasih atas sarannya mas.

  • Chalisa Putri Mirasetya

    Bagaimana dengan nikon coolpix L320? L 820? dan nikon 60d? Bgus yg mana kalo buat foto?

    • Maksudnya Canon 60D? Tentu lebih prefer Canon 60D karena interchangeable lenses (lensa bisa diganti2) sedangkan Nikon L820 bukan DSLR jadi lensanya gak bisa diganti2.

  • handa

    Selamat malam mas
    Mau nanyak nih mana yang bagus nikon d5200 vs canon 750d ?
    Dan lensa apa yang pas pengganti lensa kit buat jalan jalan

  • Hasyim

    Salam bng, artikelnya sangat bagus mas apalagi bagi pemula fotografer
    Hehehe mau crita dikit nih mas
    Saya masih bingung pilih sony,nikon,canon.
    Saya orangnya suka traveler mas, jadi ya kmana mana pengen bawa kamera yang bagus.. Trus saya ada budget hampir 7 juta kira” 7 juta ini dapet kamera apa yang paling bagus sony,nikon,canon? Sekalian sama lensa yang cocok untuk traveler mas bagusnya apa ya? ???
    Mohon pencerahannya mas
    Terimakasih sebelumnya mas ???

    • Halo. Terima kasih sudah menyukai artikel ini senang bisa membantu :)
      Bagusan mana Sony, Nikon atau Canon? Jawabannya sama saja kalo dilihat dari brand saja. Lebih enak kalo dilihat pilihannya apa aja dengan bujet 7jt itu yah, ada Canon M10 Double Kit, Canon 1200D, dan Nikon D5200. Dari ketiga itu rekomendasi saya Nikon D5200. Ini bukan berarti Nikon lebih bagus, hanya saja secara teknis di range harga segitu Nikon D5200 memiliki kelebihan dibandingkan tipe lain. Lensa kit 18-55mm yang disertakan bersama kamera sudah cukup untuk traveller, ringan dan tidak terlalu besar.

  • Julian

    Selamat malam Mas Bisma,
    Saya punya kamera nikon d3000 udah lama, dulu sih blom trlalu serius utk hobi fotografi
    Tapi skrang saya mulai trtarik utk fotografi trutama saya suka foto utk spot2 alam, tanaman, kota, mikro dll
    Saya udah coba kamera tsbt, namun hasil gambarnya suka kabur, dan utk keadaan yg low light foto y gelap, mohon sarannya mas ? Saya jg ad rencana upgrade kamera dgan bugdet 5-10 jt, ad saran mas buat kameranya yg cocok buat foto2 alam, outdoor yg punya ktajaman warna
    Terimakasih

    • Kalo masalahnya gambar suka blur atau foto low light jadi gelap kemungkinan besar masalah exposure (aperture lensa kurang besar atau shutter speed terlalu lambat). Walaupun Anda menggunakan kamera lama, kalau seting aperture dan shutter speed sudah tepat nggak akan blur atau gelap. Yang lumayan membantu bukan dengan ganti kamera tapi beli lensa dengan aperture (bukaan besar) seperti Nikon 35mm f/1.8G atau Nikon 50mm f/1.8D.
      Masih tetap ingin ganti kamera? Bisa aja, dengan bujet 5-10jt pilihannya banyak kok (contoh: Nikon D3300 Kit dan Nikon D5200 kit) cuma semuanya dapet lensa kit dengan bukaan yang tidak terlalu besar. Jadi kuncinya disini harus paham dulu tentang exposure (aperture, shutter speed dan ISO) baru ganti kamera atau beli lensa.

  • Riki Apriliandan

    terimakasih bang atas sarannya ..

  • Riki Apriliandan

    maaf nh bang , mau nanya lagi ..
    kalo misalkan punya rekomendasi antara kamera canon 650d ama nikon d3300 kira2 lebih bagus yang mana ya bang?

    makasih sebelumnya

  • gita karisma nan rizky

    permisi mas, adek saya kan sdg ada matkul fotografi. kebetulan camera yg digunakan dosennya canon karena mudah buat belajar. dosennya nge rekomen camera canon 650d. tp ane denger 650d udah kaga produksi lg mas. ane butuh saran dengan range harga segitu (bisa nambah 1-2jt) camera canon baru yg bagus apa ya mas? terima kasih

  • Riki Apriliandan

    kalo cuma punya bujet 2 jt, kira kira bisa nekunin hobi tentang fotografi gak ya bang?
    kalo 2 jt kamera apa yg cocok untuk pemula banget ??

    • Untuk memulai bisa aja kok. Bujet 2 juta mungkin beli kamera pocket, tipenya banyak diharga segituan. Bisa belajar komposisi dan belajar “melihat” melalui kamera. Banyak2in motret sambil nabung buat beli kamera DSLR atau mirrorless yang bisa seting manual.

  • Mas boleh nanya ga, utk kamera digital , lebih bagus mana yah Canon sx410 is atau Nikon l340?

    dari segi baterai di web web nikon l340 ( klo pke alkaline biasa 200an)lebih bisa shoot gambar lebih banyak dibanding canon yg pake lithium (170 photo)

    nah tapi di sisi zoom lebih hebatan canon… sampe 40x zoom…

    lalu di sisi gambar lebih tajaman, sama yg gak blur ( yg ad image stabilization) yang mana yg mass..

    lagi bingung mas karena harganya itu 2-2nya hampir sama…

    jadi lebih bagus mana ya mas diantara 2 itu klo bole minta saran… ( sorry mas banyak bertanya) *saya pemula jadi kurang tau mas ketika ngeliat compare diantara 2 kamera itu*

    • Kalo dari sisi harga “sama” biasanya bedanya nggak terlalu jauh satu sama lain. Tinggal cari yang sesuai kebutuhan saja. Kalo yg dicari image stabilization yah pilihannya Canon SX-410 IS karena Nikon L340 belum ada image stabilizationnya.

      • makasih yahhh mass sarannya thankss.. saya jg maunya gituu.. oo berarti lebih bagus hasil shooy canon dong yah karna ad image stabilizationnya.. =D

        • Hasil foto yang bagus pengaruhnya nggak hanya dari image stabilizationnya saja, ada banyak faktor. Saya rekomen Canon SX-410 IS dibandingkan Nikon L340 karena berdasarkan kebutuhan, katanya kan pengen yang gak gampang blur :)

  • Gojang

    haloo gann. saya msh pemula banget gatau apa apa soal kamera. cuman bisa ngoprek fokusnya aja di slr hahahh. saya mau belajar soal fotografi. buat acara acara kelas/keluarga sama buat foto foto di alam, objeknya pemandangan. nahh mnrt agan mending canon 550d atau nikon 5200 yaaa? sebutin kelebihannya juga gan hehehe, makasihh

    • Secara teknis Nikon D5200 lebih bagus daripada Canon 550D. Tahun rilisnya aja lumayan beda jauh, 550D dirilis tahun 2010 sedangkan Nikon D5200 dirilis tahun 2012. Beda 2 tahun di era fotografi digital itu lumayan signifikan.

      • Gojang

        oke masss mkshh. atau punya rekomendasi yg lain harga segituan?
        trs maaf mas komen dibawah bikin lagi hehehe, kirain yg kmrn ga kekirim

  • Tedy

    Halo, kalo untuk pelajar yang sekedar buat dokumentasi sehari-hari plus terjangkau kira-kira kamera apa ya?

    • Kamera dengan harga yang sesuai dengan bujet yang kamu punya :)

  • Putri

    Bang mau nanya dong mau beli kamera buat dokumetasi kira” kamera apa sama nama tipeya apa yang bang ? Terus yg harus ditanyakan saat membeli apa aja supaya ga salah beli ?

    • Yang jelas harus ditanya harganya berapa. Kalo kameranya udah nemu tapi bujet nggak cocok kan percuma aja :)
      Bujet itu menentukan kamera apa sama tipenya yg gimana.

  • Arsyil Axel

    Saya ada budget sekitar 7 jutaan, untuk dokumentasi acara2 sekolah saya, rekomendasi kamera yg bagus untuk foto objek jarak jauh dan videografi untuk seperti after movie acara. kira-kira bagusnya seperti apa?
    Terima Kasih

  • Rio ag

    bank mau tanya ni…
    saya pemula ni dan baru mau pertama ini beli kamera dan saya mau beli canon bajet daya cuma 4 juta. kira” canon yg mana dpt n bgusnya bnk…hhee.
    jwb bnk…!!!

  • Prila Nursidiq

    Selamat malam pak, saya masih pemula dan saya masih bingung antara pilih nikon D5200 apa Canon 1200d. Kira2 Bagus yg mana ya pak? Terus yg di maksud huruf ‘D’ dalam kata ‘D5200’ ataupun ‘1200D’ itu apa ya pak? Semakin besar satuan D apa menunjukkan semakin bagus kualitas kamera pak? Tolong penjelasan nya ya pak, terimakasih pak sebelumnya..

    • Kalo keduanya dibandingkang, secara teknis Nikon D5200 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Canon 1200D. Dilihat dari harganya juga lumayan jauh bedanya (1juta lebih) yang bisa jadi menandakan keduanya tidak berada dalam kelas yang sama.
      Huruf “D” dan angka pada nama kamera menunjukkan nama model atau tipe kamera. Canon dan Nikon memiliki konsep penamaan yang mirip: semakin besar jumlah digit (angka) biasanya kamera untuk entry level (pemula), sedangkan semakin kecil jumlah digit (angka) mengarah pada kamera untuk profesional. Semakin besar angkanya, maka biasanya kameranya semakin baru.

  • Mochbagas

    Maaf mas sebelumnya, Saya bingung mau beli kamera jenis apa dan type apa. Soalnya saya masih nol dalam masalah seperti ginian jadi tolong dong rekom dong jenis sama type apa yang cocok buat saya terutama saya suka fotoin seperti pemandangan gitu deh, makasih

    • Ada pepatah bagus mengatakan: kamera terbaik adalah kamera yg Anda pegang sekarang.Jadi nggak usah bingung2 tinggal beli aja kamera sesuai dng bujet. Kalo bujet 5jt yah beli kamera yg harganya 5jt, kalo bujet 20jt yah kamera yg 20jt, dst.
      Masalahnya sy kan gak tau bujetnya berapa jadi bisa aja saya rekomendasiin kamera yg bagus dng harga 50jt tp kalo bujetnya ternyata 10jt jadinya malah gak kebeli kameranya :)

  • Fatkah

    Halo Kak, tulisannya sangat bermanfaat. Kalau kamera pocket yang bagus untuk foto-foto ala selebgram bisa rekomendasikan apa ya Mas? Untuk keperluan foto produk fashion di luar ruangan budget 2-3jt

  • Fendy

    Mas Gan mau tanya dong,, ane pemula ini ane punya budget 6jutaan untuk kamera, pengen nya si Nikon,, ada Rekomendasi g Gan?

  • Safira

    Hi mas, kebetulan saya suka travelling. Nah, untuk kamera sendiri saya agak bingung antara xa-2 atau sony a5000. Bisa kasih masukan mas, kamera yg lbh menguntungkan dan menghasilkan kualitas yg lbh bagus itu fuji xa-2 atau sony a5000? Terimakasih sebelumnya, ilmunya sangat bermanfaat! :)

    • Kalo soal kualitas teknis image yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Perbedaan signifikan adalah di dimensi, SONY A5000 lebih ringan (210gr vs 350gr) dan lebih kecil. Oh ya, kalo FUJIFILM X-A2 dirilis tahun 2015 sedangkan SONY A5000 tahun 2014 jadi harganya masih lebih mahal FUJIFILM X-A2 dibandingkan SONY A5000. Kalo mau Sony yang versi update dari A5000 ada SONY A5100 dengan harga yang sama. Nah kalo tidak akan banyak main dengan external flash, saya rekomen SONY A5100 karena lebih ringan, kecil, autofocus lebih cepat, dan display yang sudah touch screen. Sebaliknya kalo nantinya bakalan mendalami fotografi dan bermain2 dengan external flash saya rekomen FUJIFILM X-A2 karena ada sudah ada flash hot shoe nya.

  • Bahsyar

    Mas saya mau tanya .. Saya punya bujet kisaran 5 jt .. Kira kira kamera yg bagus buat shoot video kamera apa ya mas ?? Trus tipe berapa? Trus kelemahannya apa ?? Trus pixel kamera ngaruh ngak ya sama hasil videonya .. Thanks masa :))

    • Bujet segitu pilihannya bisa NIKON D3300 Kit karena sudah ada external mic jack untuk input audio pada saat rekam video dan support video hingga 60p. Kalo soal kelemahannya yah tergantung dibandingkan sama kamera apa :)

  • astri

    mas mau tanya dong kalau buat pemula bagusnya kamera CANON SX410IS atau SONY DSC H-300 ????? mohon pencerahannya ya mass.. hehehe

    • Kalo tidak masalah dengan bentuknya yang sedikit lebih besar dan berat dari CANON PowerShot SX-410 IS, saya rekomen Sony DSC H300 karena 3 hal:

      • Kapasitas batere 90% lebih besar sehingga tidak khawatir kehabisan power ketika memotret.
      • Maximum ISO 2 stop lebih besar (3200 vs 1600)
      • Maximum exposure sampai 30 detik (SX410IS sampai 15 detik)
      • astri

        mass klo dsc h300 itu bsa dicars kya canon sx410 ga ya mas???? trus klo perbandingan zoom yang lbih kecil dripada canon itu ga masalah kan mas???

        • Maksudnya di cars apa yah?
          Perbedaan focal length dua kamera tsb nggak terlalu jauh kok (H300 25-875mm dan CANON PowerShot SX-410 IS 24-960mm).

  • aga

    Misi gan mau tanya jika saya hanya punya bujet 3 jura kira2 kira udah dpt kamera bagus apa gk ya? Dan apa brand nya
    Makasih

    • Untuk bujet 3jt sulit dapat kamera DSLR atau mirorrless baru. Mungkin bisa dicari yang 2nd. Untuk yang baru harga paling mendekati adalah seri PENTAX Q10 Kit dengan harga 4,8jt, OLYMPUS E-PM2 Single Kit dengan harga 4,9jt dan SONY A5000 yang sedang promo dengan harga 5jt.

  • alfandika

    Untuk kelebihan dan kekurangan antara Canon M3 dengan Sony a6000 bagaimana?
    dan apabila saya ada budget sekitar 10jt, lebih baik saya pilih yang mana? terimakasih :)

    • Kelebihan SONY a6000 dibandingkan CANON EOS M3:

      • Kualitas image yg dihasilkan secara teknis lebih baik
      • Memiliki focus point yang jauh lebih banyak untuk menghasilkan auto focus yang lebih akurat
      • Pilihan native lenses lebih banyak
      • Continuous shooting lebih cepat
      • Kapasitas batre yang lebih besar
      • Body lebih ringan

      Kelebihan CANON EOS M3 dibandingkan SONY a6000:

      • Layar display lebih baik (sudah touch screen dan resolusi lebih tinggi)
      • Proses autofocus lebih cepat
  • Tini talibo

    Senang sx dapat artikel ini…
    Mas, saya rencana mau beli mirroless fuji xt10 karena suka travelling, tapi ada beberapa tipe…
    Fuji xt10 (body)
    Fuji xt10 16-50
    Fuji xt10 18-55
    Fuji xt10 18-135
    Kalau misalnya kamera ini bisa ganti/pakai lensa (ganti lensa) sebaiknya beli tipe yg mana? Lalu beli lensa wide/tele yang gimana?
    Atau kalo belum punya budjet beli lensa sebaiknya beli yang tipe mana?
    Atau beli yg 16-50 kemudian beli lensa, gitu? Lensa buat fuji xt10 ini berapaan ya harganya?
    Saya ada budjet sekitar 15-20 jt

    • Ini tergantung dari kebiasaan atau hal2 yang Anda sering foto saat travelling. Saya pribadi lebih rekomen yg FUJIFILM Digital Camera X-T10 Kit1 16-50mm karena asumsi saya saat travelling Anda mungkin akan lebih banyak foto landscape dan focal length 16mm akan memberikan Anda option lebih baik saat memotret nanti. Lain halnya kalo ternyata Anda lebih sering foto portrait atau candid atau documentary saat travelling, maka range focal length yang lebih panjang seperti 18-135 akan memberikan anda pilihan yang lebih bervariasi. Sedangkan FUJIFILM Digital Camera X-T10 Kit 18-55mm memiliki kelebihan karena bisa dibuka sampai f/2.8 di focal length 18mm sehingga berguna pada saat banyak memotret dengan low-light condition, menjadikannya sebagai lensa pilihan yang lebih all round. Saran saya sesuaikan dengan kebiasaan Anda memotret seperti yang saya jelaskan di atas. Kalau ada bujet lebih saya sarankan beli fast lens seperti FUJIFILM Fujinon XF 35mm f/1.4 R Lens atau FUJIFILM Fujinon XF 35mm F2 R WR – Black untuk Anda berkreasi dengan bokeh dan low light condition.

  • orlando

    Mas, saya pny bujet kira2 7 jt-an..
    kira2 kamera ap yg ccok ato bgus saat ni dgn bujet sgtu..???

  • ADIEN

    Permisi mas bisa. Saya pemula pingin belajar. Rencana mau beli kamera tapi saya masih bingung apa bedanya CANON 1200D ama yang 1100D. Rekomend mas bisma yang mana. Trims sblmnya.

    • Saya rekomen CANON EOS 1200D karena secara teknis memang memiliki beberapa fitur yang lebih baik daripada 1100D diantaranya: sudah support video 1080p, support video 24fps, kemampuan autofocus pada saat merekam video dan resolusi sensor yang lebih besar. Selain itu secara teknis kualitas image yang dihasilkans sedikit lebih baik daripada 1100D.

  • khanzani

    pak aku pgn bgt beli fuji x-t10 ato x-a2 … bodynya ringan klo buat cwe ya.. tp dana ga ckup. nah dsiasatinya pk apa ya? yg mirip2 sama mreka bdua tu .. mksh

    • Disiasatinya dengan bekerja lebih keras, nabung lebih banyak dan kurangi jajan :) Anyway, saya harus tau dana atau bujet yang tersedia berapa, supaya saya bisa kasih rekomendasi yang lain.

  • Dhiemasfajar

    Untuk kamera Mirrorless, kalau saya punya budget sekitar 9, lebih baik saya beli
    Sony a5000
    Canon m3
    Sony a6000kit

    kalau beli yang sony a5000 atau yang canon m3, bisa sekalian beli lensa variasinya (mungkin tele atau fast lens), tapi kalau sony a6000 paling dapet lensa kitnya saja. nah, pertimbangannya bagaimana mas? beli a6000 lalu nanti ngumpulin duit lagi buat beli variasi lensanya, atau beli yang a5000 / Canon m3 sekalian beli lensanya?

  • Dias S

    Misi mas mau tanyak nih. Kalo buat pemula bagusnya pake Canon 600d 700d apa 60d. Sebelumnya pake slr 450d. Thx mas sebelumnya.

  • Reza Saputra

    pak, kalo kamera untuk pemula merk canon itu tipe berapa ya?

  • Millanda Melfa

    Mas mau tanya bagusan yg mana Gopro Hero 4 silver apa Canon Gx7 ? recom yg mna kalau mau beli ?
    (I forgot Gx7 or G7x)

  • Fadly

    Mas, saya mau tanya, apakah canon eos 5d mark iii cocok untuk pemula? Sebelumnya saya sudah punya canon eos 1000d tapi, saya pake cuman untuk foto2 biasa dan sekarang saya ingin serius terjun di duia fotografi. Pilihan equipment saya canon eos 5d mark iii dan lensa ef 50mm f 1.2 L usm, ef 16-35mm f/2.8 L ii usm dan ef 17-40mm f 4.0 L usm… Apakah semuanya cocok untuk kelas pemula?
    Terima Kasih….

  • dewicak

    sya ketemu sony a5000 sama samsung nx3000,, udh jatuh hai ke nx3000, menurut agan gimana ? prefer ke mana menurut agan ?

  • dewicak

    mase, mau tanya nih, tertarik mirrorless cz biasa jalan2, nah nyari yg tahan segala medan itu merk apa ya ? budget minim banget skitar 5jt

  • Galih Ginanjar

    Mas saya punya camera nikon d80 , yg lensa nya 50 mm , saya mau tanya kalau mau ganti lensa saran mas mending lensa yang gimna , buat indoor terutama outdoor tapi yg budgetny agak pas kantong :-D terimaksih mas , masih aktif ini mas

    • Indoor terutama outdoor tuh maksudnya gimana yah :) Gini aja, sering dan senengnya motret apa?

  • arum dwi indahsari

    Saya sebagai orang yang baru tau blog ini sangat bangga dan mengapresiasi karena bisa mendapat ratusan ilmu hanya dengan membaca tulisan Mas Bisma dan menyimak reply-reply dari Maestro Photografi seperti Mas Bisma…
    Tentu akan menjadi salah satu dorongan tersendiir untuk pemula yang ingin menyalurkan hobinya di dunia photografi
    Thank you very much…
    God Bless You

    • Terima kasih commentnya Arum, senang bisa membantu :)

  • bimamh

    Mas mau tanya recomended kamera untuk travel2 yang bagus apa ya ?
    Budget 20 jtan
    Terima kasih mas

  • Achi

    Mas, mau tanya. Kamera bagus untuk pemula dengan budget +-5juta, keperluan untuk foto produk dan foto detail (karena saya rencana mau bisnis online), kira2 apa ya mas? Terima kasih sebelumnya :)

    • Silahkan beli DSLR yang harganya sesuai bujet (5jtan). Nanti kalo ada dana lebih bisa investasi di lensa2 makro.

  • fras

    Kk saya minta rekomend bagusan kamera Canon EOS M atau Canon 600D..?

    • Saya lebih rekomen 600D, pilihan lensa lebih banyak, batere lebih besar kapasitasnya.

  • wandi

    Mas…buat kamera mirrorles utk pemula bagusan fujifil x-mi atau lumix gpl-7?(mksih sebelumnya)

    • Maksudnya Panasonic Lumix DMC-G7 atau DMC-GX7 ?

  • mas mintak bantuan nya lah mas. saya punya budget 6-7 jt. saya mau beli camera canon dlsr. yang bagus buat potografi awam seperti saya yang gimana yah mas??
    mohon bantuuan nya donk mas. Makasih:)

    • Pilihannya yah kamera Canon DSLR yang harganya 6-7jt. Yang lebih bagus yah banyak cuma harganya yah enggak 6-7juta. Jadi fokus aja beli dulu kamera yang masuk bujet, nggak usah mikir bagus-enggaknya. Yang penting kebeli dulu dan bisa belajar dulu :)

  • Rangga

    Terima kasih, pak, masukannya..
    Sukses terus!!
    :)

  • Rangga

    Suhu, ane mau nanya nih,
    antara Nikon D7000 vs Canon 60D, mana yg lebih oke ya?
    saya ini pemula, hobi seni dan pengen nyoba fotografi.
    temen2 ada yg pakai nikon juga canon sih.
    Sebelumnya suka foto landscape, mikro, dll karena emang hobi travelling.
    So, which one ya?
    mohon petunjuknya..
    Thanks before..

    • Dua2nya beraada dalam rentang harga yg sama, ini indikasi dua2nya berada dalam kelas yang sama. Namun ada beberapa hal yang kemudian saya pikir lebih baik D7000:

      • D7000 bisa autofocus dalam mode video
      • D7000 bodynya sudah weather shield, jadi lebih aman dibawa pada saat cuaca tidak bagus
      • D7000 punya builtin focus motor sehingga mempunyai pilihan lensa yang lebih bervariasi
  • Mia

    Mas mau tanya, saya photographer pemula dan baru mau beli kamera pertama saya tapi saya sedikit bingung milih antara DSLR atau mirrorless, untuk mirrorles saya bingung antara sony A6000, atau samsung nx 300, samsung nx 500, untuk DSLR saya sedikit tertarik dengan canon 750D, budged saya 10jt, hobinya photo traveling, trus foto tanaman, hewan, terutama fotoin tanaman dalam mode makro kalo lewat hp, mohon bantuan sarannya mas yang cocok kira2 kamera apa ya :D

    • Dari semua kamera yang disebutin semua sama saja kok. Karena seneng motoin tanaman dalam mode makro yang penting sekarang adalah lensanya bukan kameranya. Saya condong ke DSLR karena pilihan lensa untuk macro lebih banyak variasinya ketimbang mirrorless yang masih relatif baru dibandingkan DSLR. Cuma kalo buat traveling lebih enak mirrorless karena compact dan ringan. Mungkin Sony bisa jadi pilihan karena pilihan lensanya cukup banyak.

      • Mia

        Terimakasih atas bantuannya mas :D

  • yusta

    pagi, saya mau tanya. saya masih pemula disini. saya dapat kamera canon d1100 dan rencananya saya mau ganti kamera nikon 3300. untuk pembelian kamera apa bisa tukar tambah? jika bisa nambah berapa ya kira-kira? terus jika tidak bisa, jika dijual sekarang harga canon d1100 berapa ya? mohon advise nya, terimakasih ya

    • Biasanya kalo tukar tambah harus ke penjual lagi dan harganya biasanya nggak begitu bagus. Saran saya jual dulu 1100D nya ke pemakai lagi. Nanti dari uang hasil penjualannya baru dipakai untuk beli D3300. Untuk selisih harga saya kurang tau, harus rajin cek ke toko2 baik yang online maupun offline. Good luck.

  • alfiardi

    Mas.. saya ragu antara milih canon 750d atau 700d. Dgn beda harga sekitar 2 atau 3 jutaan dan beda mp serta beda titik focus, apakah sepadan beda hrg tsb.. tks..

    • Saya rasa cukup sepadan. Bukan karena resolusinya lebih besar tapi pada beberap situs saya baca 750D punya kualitas teknis image yang lebih baik dan performance high ISO yang lebih bersih.

      • alfiardi

        Tks mas… tanya lagi, lensa tele anggaran 2-3 jutaan, type apa yg cocok buat 750d tsb mas… krn rencana saya ambil body only dan lensa tele lgsg.. tks lagi sebelumnya..

  • Andrea

    Mas mau tanya, saya ibu2 yg suka foto di setiap perjalanan saya, pengen beli mirrorless, kira2 ada rekomendasi utk pilhan antara Canon eos M3, Sony A6000, Sony A5100.

    Saya pengen kamera dengan baterai USB (biar ga ribet), dengan autofokus yg cepat, dan mudah penggunaannya. Mohon pencerahannya. Makasih

    • Saya rasa semua kamera yg disebutkan walaupun disertai dengan desktop charger, tapi bisa juga dicharge via USB. Untuk autofokus yang cepat, Canon EOS M3 menggunakan phase detection sehingga autofocus lebih cepat dan akurat dibanding Sony A6000 dan A5100.

  • hesti

    Mas mau tanya, kalo canon d1200 rekomen ga utk pemula…anak sy hobi sekali poto2..mksh

    • 1200D memang utk entry level jadi cocok kok untuk pemula.

  • Mona

    terima kasih artikelnya, mas.
    saya mau nanya nih. saya rencana mau beli kamera, tapi masih pemula banget dan belom berpengalaman sama sekali hehe.
    kalo budgetnya 4-5 juta dan cuma mau dipakai buat dokumentasi jalan-jalan, kira2 kamera yang cocok apa ya mas? bisa kasih rekomendasi mas? :)
    ngga ada bayangan sama sekali mau pake kamera gimana. mohon bantuannya yaaa.

    • Kamera apa saja nggak masalah asal masuk ke bujet. Saya bisa aja rekomendasikan kamera terbagus tapi kalo harganya nggak masuk bujet kan percuma. Jadi silahkan beli sesuai bujet di toko2 kamera yang terpercaya, saya yakin harga dan teknologi berbanding lurus kok. Jadi kalo bujetnya 4-5 juta silahkan beli kamera dengan harga segitu (apapun merek dan tipenya). Dalam tulisan saya yang jadi pertimbangan utama untuk pemula lebih ke lingkungan dekat saja kok. Kalo kebanyakan teman/saudara/tetangga punyanya Canon yah belilah merek Canon yang harganya 4-5 juta (sesuai bujetnya). Kalo kebanyakan Sony yah belilah kamera Sony yang harganya 4-5 juta. Kalo lingkungan dekat nggak ada yang punya kamera? Belilah merek2 yang sudah mapan seperti Canon, Nikon, Sony yang layanan purna jualnya mudah di akses dari kota Anda tinggal. Selain itu merek2 ini punya komunitas yang cukup besar yang bisa mudah Anda cari via online untuk ikut bergabung nantinya. Merek dan tipe apa saja yang masuk bujet Anda? Silahkan browsing di toko2 online, nantinya Anda bisa dapat refrensi harganya kok. Terakhir, DSLR atau mirrorless? Karena buat jalan2 tentu lebih enak mirrorless karena lebih ringan dan compact dimensinya :)

      • pay

        Maaf mas sy mau tnya harga canon 1200D berpa yah??biar jelas nanya langsung ke yg tau
        Baca di google takut slah.hehe
        Trimaksih sblumnya,

        • Silahkan cek langsung ke website toko online, untuk harga soalnya bisa berubah mengikuti kurs mata uang asing dan faktor lainnya.

  • Vivi

    Aku udah baca beberapa comment diatas. Minta sarannya dong mas, saya berencana mau beli kamera dslr canon. Dengan budget 3-4 juta. Pilihannya apa aja ya mas. Terimakasih mas sebelumnya. Artikelnya sangat bermanfaat buat saya.

    • Silahkan cek ke toko2 online saja biar update harganya. Untuk bujet yang disebutkan mungkin tipe2 lama yang masih masuk harganya atau cari yg 2nd. Tidak masalah kok.

  • Ami

    minta sarannya dong mas, saya rencana mau beli kamera tapi masih bingung mau milih mirrorless atau dslr. kira2 untuk pemula cocoknya apa ya ? rencananya sih buat foto pemandangan atau gambar yg detail gitu. untuk mirrorless pilihannya lebih baik sony a5100 atau sony a6000 ya ? terima kasih sebelumnya

  • Tyas K

    Mau minta sarannya mas, saya berencana untuk beli kamera mirrorless. Sementara pilihannya Sony Alpha A5000 atau Fujifilm XM1. Kira-kira untuk pemula seperti saya yang baru mulai belajar fotografi lebih baik yang mana ya? Thank you.

    • Coba A5000 karena true resolution lebih besar daripada XM-1 dan kapasitas batere yang juga lebih besar. Selebihnya kurang lebih sama. Satu2nya kelebihan XM-1 bisa pasang external flash. Untuk awal2 belajar mungkin tidak terlalu signifikan karena A5000 juga sudah dilengkapi internal flash.

  • Fitri

    Kak, aku baca beberapa coment2nya, kenapa pilih kamera disesuain sama lingkungan/teman2 antara nikon dan canon? Terimakasih..

    • Biar gampang tanya2 dan untuk coba2 lensa dan aksesoris lainnya. Gini, kalo kamu punya kamera Canon terus teman2 kamu pakenya Canon, tentu akan lebih mudah buat tuker2an lensa dan tanya2 kalo ada masalah dengan kamera kamu karena kalian semua menggunakan kamera dengan merek yang sama :)

  • Alfna

    Mas ada rekomen kamera buat pemula..? Saya sih msh bingung mau beli mirrorless atau slr
    Minta pendapatnya ya mas.. saya lg ada project foto kaya pemandangan gt sih kira” merk nya apa ya?
    Saya ada budget antara 3-6jtan

    Trim’s

    • Perbedaan signifikan saat ini antara mirrorless dan DSLR:

      • Support aksesoris dan perlengkapan dari merek 3rd party saat ini masih banyak untuk jenis DSLR daripada mirrorless. Jadi kalo nantinya mau lebih berhemat untuk membeli aksesoris dan perlengkapan pilihan bisa jatuh ke DSLR.
      • Dimensi fisik dan berat mirrorrless relatif lebih ringan dan kecil dibandingkan DSLR. Kalo lebih banyak dan sering travel dengan membawa kamera, tentu lebih menguntungkan membawa kamera mirrorless yang tidak terlalu memakan tempat di tas dan lebih ringan untuk dibawa2.

      Untuk merek sama saja, tinggal sesuaikan dengan bujet yang ada.

  • gebry

    kalau untuk toy photography buat pemula bagusnya apa gan?

    • Pada dasarnya semua kamera sama saja, untuk pemula saran saya beli sesuai bujet saja dulu.

  • flo

    Contoh nya camera seri berapa ya dr brand canon ? Yg standart aja ngga usah bagus bagus dg budge 10-12jt sudah bisa beli lensa yg mas sebutin diatas td.

    • Canon 750D + Lens Kit 18-55mm harganya sekitar 10jt pada saat saya buat reply ini.

      • flo

        Oke makasih mas sarannya. Semoga tambah sukses dalam lindungan tuhan

  • flo

    Contoh kameranya menurut mas bisma tipe seri berapa ya untuk canon. Soalnya ngga tau harga kamera dan lensa pasarannya berapa

  • ayu cahya

    kak mau tanya untuk memasuki perkuliahan jurusan fotografi, itu jurusan apa yah. trus mau beli kamera pertama saya tapi untuk mengambil objek alam atau orang kira kira yang pas kamera apa yah?

    mohon jawabanya ya kak terima kasih.

    • Jurusan Komunikasi/Jurnalistik biasanya ada mata kuliah Fotografi. Kalo jurusan Fotografi coba cek Universitas Pasundan (Bandung), ISI Yogya dan IKJ Jakarta. Untuk jenis kamera bebas kok, apa saja bisa asal pilih kamera yang lensa bisa diganti2.

  • Try yono

    Makasih saranya,,,semoga blog nya tambah ramai pengunjung …

  • amir

    Selamat siang mas, kalau kamera mirrorlees yg bagus untuk selfie, gambar bagusn dan tajam ap y mas,,!! Maklum nyarikn ibu2,, se xa an saya bisa makai juga untuk foto2 , he,,,,
    Kalau dari pilahan olympus pen E -pl7 , fujifilm x-A2, samsung nx mini, samsung nx 3000, sony a6000 , yg cocok untk selfie ( bise control pakai hp, tongsis) dan traveling , baik ny saya pilih yg mana ya,,,???

    • Yang saya tau bisa konek via hp adalah Samsung NX300 dan NX500 (bukan NX3000) selain itu Sony A6000 juga. Untuk Olympus dan Fuji mungkin ada user lain yang pakai bisa infokan.

  • flo

    Misi mas bisma, aku sangat amat newbe banget nih.
    Mau tanya. Aku mau beli kamera pertama ku. Sebelumnya aku suka hunting foto pake kamera hp untuk fotoin temen temen aku ala model (hehe) atau foto indoor buat model baju online dan karna seneng traveling jalan jalan di alam juga jd suka foto orang di outdoor dg background pemandangan alam dg jarak yg aga jauh. (Jd curhat) :D
    Ada recommendasi ngga ya untuk seri dr canon yg cocok buat aku dan lensa apa yg cocok jg buat dipergunain buat hobi foto ku seperti yg disebutin diatas tadi dg budge max 10-12jt an. Mohon pencerahannya ya berikut sama rincian harganya kalo bisa :p

    • Saran saya utk memulai:

      • Lensa dengan bukaan lebar untuk indoor dan motret model. Untuk awal, bisa pake lensa 50mm f/1.8
      • Lensa untuk jalan2 saya rasa lensa kit 18-55mm bawaan kamera sudah cukup untuk pemula
      • Untuk jenis kameranya tinggal disesuaikan dengan bujet yang tersisa
  • hamzah

    Selamat malam mas, kalau untuk bajet 5-6 jutaan bagus ny kamera miirrorless ap y mas, untuk traveling,,!!! Trim’s sebelumny,,,

    • Banyak pilihan, yang populer keluaran Sony, Fuji, Panasonic dan Olympus. Untuk jenisnya silahkan sesuaikan dengan bujet. Karena untuk traveling saya sarankan beli yang tidak terlalu berat dan bulky, saran saya datang dulu ke toko atau pinjam punya teman/saudara untuk merasakan berat dan ukurannya dari masing2 tipe.

  • Try yono

    Permisi mas saya pemula dan pengin belajar fotografi,saya punya budget 3jtan baiknya beli prosumer atau dslr y?jika ada dslr yg 3jtan merk apa y?? Makasih sebelumnya

    • Sebaiknya SLR atau mirrorles yang lensanya bisa diganti2. Umumnya kamera jenis ini sudah dilengkapi fitur pengaturan manual yang memudahkan untuk belajar. Bujet 3jt mungkin bisa dicari kamera2 SLR entry level 2nd yang masih berfungsi dengan baik.

  • Listan

    Oke mas thx, mas saya mau tanya lagi saya pemula bgt, kalau tipe itu nnti bisa upgrade lensa mas?

  • Listan

    Selamat malam mas, saya mau belajar fotografi nih sebelumnya suka motret dari hp aja. Untuk pemula seperti saya baiknya beli kamera apa mas. Bujetnya 2-3jtan, kalau liat di toko online ada Canon powershot sx410Is, nikon coolpix l340,sony DSC h300,fujifilm finepix s4300. Atau ada rekomendasi lain? Terimakasih

    • Dari sisi teknis Canon SX410 IS sedikit lebih unggul karena sudah include image stabilizer untuk mencegah hasil foto yang shaky.

  • lev

    Mas,ada saran toko kamera di surabaya yang murah & layanannya baek?mw beli cuma msh awam tentang kamera. trims

    • Coba kontak komunitas fotografi di sana, mereka akan punya info yang lebih update tentang ini :)

  • Anis

    Kak, kan aku ikut ukm tentang broadcast gitu di kampus, tp aku masih pemula banget gitu nah mau beli kamera tp bujetnya sekitar dibawah 5jt. Nah kak bisma bisa kasih rekomendasi kamera apa ya buat pemula banget kaya saya

    • Silahkan browse kamera sesuai dengan bujet yang dibawah 5jt. Karena kepentingannya akan lebih banyak untuk rekam video (broadcast) pastikan punya fitur yang cukup untuk itu. Kalo sudah ketemu pilihannya apa saja silahkan infokan kembali ke saya, nanti saya coba bantu.

  • gan punya tipsnya gak buat beli kamera pertama untuk pemula tetapi kameranya bekas? thx ya gan sebelumnya.

      • Cek kelengkapannya sesuai dengan yang ditawarkan (box, cap, manual, dll).
      • Cek apakah ada garansi atau tidak. Bila sudah tidak ada garansi, apakah penjual memberikan garansi personal? Berapa lama? Apakah barang ex garansi resmi atau non garansi?
      • Cek shutter count kamera. Walaupun bukan penentu usia kamera tapi bisa memberikan gambaran mengenai tingkat pemakaian kamera tersebut sebelumnya.
      • Ajak teman/saudara yang paham mengenai kamera untuk test apakah kamera masih berfungsi dengan normal
      • Cek fisik kamera. Walaupun seringkali tidak berpengaruh terhadap hasil foto, keadaan fisik akan menentukan harga beli dan harga jual pada saat Anda memutuskan untuk menjual kembali kamera tersebut
  • aris

    mas saya mau tanya
    spesifikasi kamera yang pas untuk pemula dengan bujet murah tapi featurenya lumayan lengkap apa yah? disebutin mereknya juga gapapa biar bisa di compare kisaran bujet <5 jt
    saya minta rekomendasinya supaya saya bisa search di google

    thanks :)

    • Disesuaikan dengan bujet aja mas. Misal bujetnya 4,5jt yah beli kamera yang harganya 4,5jt. Untuk merek lihat teman2 Anda yg punya kamera kebanyakan pake merek apa? Misal kebanyakan pake kamera Nikon. Berarti rekomendasi saya beli kamera Nikon yang harganya 4,5jt. Tinggal browse aja di situs2 online populer untuk tipenya. Good luck :)

  • briandy erbano

    Terima kasih infonya sangat membantu mas. Mau tanya dong mas, kalo kamera yg cocok buat pemula seperti saya yang objeknya adalah orang dan alam (terutama saat naik gunung dan backpacker) apa ya? Nikon, canon atau fuji? Terima kasih

    • Semua merek sama saja mas. Seperti nanya bagusan mana Toyota atau Honda? Masing2 punya karakteristik sendiri2. Saran saya sih sekarang tinggal pertimbangkan: teman2 Anda pake merek apa? Pake merek yang sama supaya mudah tukar pakai aksesoris dll. Good luck :)

  • Askana

    Kak, mau tanya.. saya mau beli kamera pertama, mending beli dslr atau miroles ya kak?
    Harganya di bwah 10juta. .
    Mohon jawabnya kak.

    Mkasih kak.

    • Sama saja. Mungkin saat ini perbedaanya lebih di ketersediaan perlengkapan dan asesoris 3rd party untuk dslr lebih banyak pilihan daripada mirrorless yang relatif masih baru.

  • Terimakasih atas tipsnya kak.

    • Sama-sama, senang bisa membantu.

  • wendi

    Mas saya sdh mengerucutkan pilihan ke canon 600d atau nikon 3200/3300 . Kira2 mas bisma ngerekomen yang mana? Makasih.

    • Kalo 2 kamera ini dibandingkan dari sisi spesifikasi teknis, Nikon D3300 punya lebih banyak keunggulan dibandingkan Canon 600D. Ini bukan berarti Canon 600D kamera yang jelek yah :)

  • Sumayyah Aimee

    Menuntun sekali artikel nya. Terimakasih :)

  • Maulana Yusuf

    Mas saya ada bujet 6-7jtan saya mau cari kamera yang cocok untuk view alam baik di segala waktu (malam.pagi.sore)dan ga ribet ganti ganti lensa.menurut mas yang cocok itu kamera apa dan lensa apa…
    Mohon pencerahannya mas…..
    Makasih.

  • trimakasih banyak informasinya nih, ngumpulin dulu fulusnya ahhh

    • bismafs

      Sama2, senang bisa membantu.

  • Agustina Eni

    Thanks alot om.. info nya sangat bermanfaat.. dua jempoollll :-D:-D

  • Nanda

    Mas saya minat dalam hobi fotografi dan saya punya budget 4-5 jt, camera jenis dan type apa yg hrs saya beli? Dan perlu tambahan apa? Saya suka foto2 keluarga dan teman2.

  • Shuchi Shakurani Defi

    saya mau tanya, saya ingin membeli kamera pertama saya,saya ingin kamera prosumer dengan budged yang pas-pasan sebaiknya saya beli kamera merek apa dan seri berapa?

    • bismafs

      Merek dan seri banyak pilihannya. Sesuaikan saja dengan bujetnya karena kita tidak bisa beli sesuatu yang melebihi bujet yg kita punya. Coba juga cari kamera DSLR atau mirrorless karena sekarang harganya sudah murah2 ketimbang beli prosumer.

  • yudi arianto

    terimakasih atas ilmu nya gan semoga bermanfaat untuk semua photo frafi pemula

  • Ugik

    Ikut nyimak. Terima kasih telah berbagi pengetahuannya.

    • bismafs

      Terima kasih juga :)

  • Cris

    salam. saya tergolong masih pemula. Saya lebih interest ke still image, walaupun ke shooting video ada minat sedikit. Apakah menurut bapak saya lebih baik ke Nikon d7000 atau canon 650d? Trims

    • bismafs

      Dalam hal spesifikasi teknis D7000 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan 650D, jadi kalo pertimbangannya hanya dalam hal teknis saya lebih rekomendasikan D7000. Tapi itu bukan berarti image hasil dari 650D lebih jelek dibandingkan D7000 yaaa :) Untuk hasil foto tetep tergantung orangnya.

      • suhu mau ikut tanya nih saya masih pemula dalam bidang fotografi kalo kata suhu mending beli canon d650 apa 5d mark 3 hu?
        saya tungu info nya suhu butuh pengetahuan
        tanks

        • bismafs

          Kalo uang tidak menjadi masalah sy pilih 5dm3 :)

          • kalo buat newbe kata agan bagus mana yah gan? bingung mau ambil yang d650,5d apa 60d bantu info nya yah suhu
            saya membutuhkan anda suhu tanks

          • bismafs

            Coba diatur sesuai dng bujet yg dipunya sekarang. Saran saya 1/3 dari bujet digunakan untuk membeli body kamera, sisanya (2/3) dianggarkan untuk membeli lensanya.

  • Rahman

    Waaah sangat membantu

    Kebetulan om saya baru pengen belajar nh

    Yang cocok buat pemula n amatir seperti aku bagusan Canon EOS 550D atau Canon EOS 600D ???

  • tris

    Malam boss, saya mau beli kamera, antara nikon 90D dan Canon 650 D, mana yang harus dipilih, saya searching di internet kalau dibanding keduanyam sbg winnernya adalah niko 90D, bgmn menurut omm, satu lagi, di toko beredar kamera yang bergaransi resmi dan garansi distributor/importir, kata orang toko barangnya sama hanya beda garansinya bagaimana menurut omm, saya bingung memutuskannya. makasih

    • bismafs

      Menurut saya sih kalo nantinya juga bakalan sering shooting video, Canon 650D lebih memiliki kelebihan dibanding Nikon D90. Tapi kalo dari sisi still image Nikon D90 lebih baik hasilnya dibandingkan Canon 650D. Jadi yah tinggal pilih sesuai kebutuhan aja.
      Sedangkan untuk garansi, memang dikenal dua jenis yaitu: garansi resmi dan garansi toko (alias Black Market atau BM). Kedua2nya dari sisi barang sama saja nggak ada bedanya. Bedanya cuma dari sisi garansi, barang garansi resmi itu masuk ke Indonesia melalui distributor resmi perwakilan merek tersebut di Indonesia. Sehingga kalo mau klaim garansi yah gampang tinggal dateng ke service center resminya yang pasti nerima barang tersebut. Sedangkan barang BM atau garansi toko, barang tersebut tidak masuk ke Indonesia melalui distributor resminya tapi biasanya dibeli langsung di luar negri kemudian dibawa barangnya masuk ke Indonesia. Nah kalo mau klaim garansi yah harus ke toko yang bawa barang tersebut dari luar. Biasanya nanti sama tokonya barang tersebut akan diklaim garansinya ke luar lagi ke negara dimana dia membeli barang tersebut. Kalo barang BM yang tidak ada garansi toko, maka Anda tidak bisa mengklaim garansinya di Indonesia karena memang tidak ada data barang tersebut di distributor Indonesia. Jadi garansi tidak berlaku atau kalo mau yah pergi ke luar ke tempat dimana kamera tersebut dibeli.
      Nah mending mana, garansi resmi atau garansi toko/BM? Kadang garansi resmi lebih mahal harganya tapi seperti yang saya tulis di atas, kalo memang ada bujetnya lebih baik beli yang garansi resmi sehingga kalo ada apa2 klaim garansinya jauh lebih mudah.

  • sangat bermanfaat..!! saya gak tau harus bilang apaa!! yang jelass artikel ini sungguh sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya!! terima ksih atas ilmu & saran yang telah diberikan…!! semoga mndapat berkahh..untuk anda mas Bisma yang CERDAS yang mau membagikan ilmu’x ke publik..!! O:) SaaaaLLuuutttttt…..(y)

    • bismafs

      Terima kasih :)

  • santos

    misi pak, saya pemula banget dari kamera handphone mw beralih k dslr.. klo seumpama budget saya cuma 3juta bisa dpt merk dan type apa ya yang rekoment gitu.,
    makasi banyak pak.,

  • Saraswati R,G

    Temen hunting sih bisa nyari ya.. tapi DSLR nya tuh Nikon ama Sony. Canon sih ada ya… tapi paling deket tuh ama temen aku yang punya Nikon ama Sony. Tapi aku pengen beli yang Canon… gimana nih? hehe.. oiya, pilih Canon EOS 650D apa yang 60D ya??? trus lensanya yang mana nih?? trus harganya berapa ya kira2? wkwk sorry kalo terlalu banyak pertnyaan ya. :D heheh Thanks before. God bless you

    • bismafs

      Benefit kalo pilih brand yg sama dengan temen2 deket diantaranya adalah bisa coba2 lensa atau aksesoris lain yang mereka punya. Begitu juga kalo ada masalah umumnya bisa dibantu lebih cepat karena brand yg sama. Tapi kalo memang confident dengan Canon yah gak masalah juga kok, silahkan saja :)
      Keuntungan 60D: body weather shield jadi lebih bisa diandalkan di cuaca yg kurang bersahabat, baterenya lebih besar dibandingkan 650D sehingga bisa foto lebih banyak. Keuntungan 650D: lcd sudah touch screen dan kalau mau rekam video lebih bersahabat karena bisa autofocus.
      Pada saat tulisan ini ditulis harga body only 60D sekitar 7.7jt. Sedangkan 650D body only sekitarr 6.9jt. Untuk lensa pemula bisa coba dulu lensa kit 18-55mm IS II yang harganya sekitar 1.8jt. Atau kalo perlu motret yg objeknya agak jauh bisa 18-135mm IS yang harganya sekitar 4jt.

  • citra

    hi mas, saya pemula (bangett) saya suka banget motoin anak saya yg sekarang udah ga bisa diem, kira2 canon eos 550D apa sudah cukup? atau ada rekomendasi type canon lain?

    • bismafs

      Cukup banget :) Untuk starter pemula dengan kebutuhan seperti ibu udah cukup. Kalo ada uang lebih sedikit saya rekomendasikan beli tipe yang lebih baru seperti 650D. Tapi kalo nggak ada, 550 udah ok kok. :)

      • citra

        kalau di bawahnya pake canon 1100D pun sebenernya cukup yah? soalnya budget dibawah 5 juta hehe….kalau 550 yg new kan udah diatas 5 juta, yg 650 juga udah 7 juta

        • bismafs

          Oh jelas masih bisa kok dengan 1100D, nggak ada masalah dengan bujet segitu. :)

  • Tire yaul

    merk kamera yg bagus apa ya??

    • bismafs

      Pada dasarnya semua sama saja tergantung dari kebutuhan, bujet & lingkungan terdekat kita. Semuanya sudah saya jelaskan pada tulisan di atas :)

  • saiz

    mas saya tertarik dengan kamera mirror less, karna ukurannya. saya bingung antara samsung nx210 atau sony nex 5n atau ada rekomen bujet seperti itu?
    bagi saya ukuran kamera berbanding searah dengan seringnya memfoto, karna lebih ringkas jadi lebih sering di bawa, jadi lebih sering latihan hahahaha

    • bismafs

      IMHO kamera mirrorless adalah trend kamera untuk masa depan dan akan menjadi market besar nantinya seiring dengan semakin maju teknologinya. Kalo memang pengen sering latihan saya rekomendasi Sony NEX5N karena longer battery life (sekitar 40% lebih lama dari Samsung NX210). Selain itu performance di High ISO lebih baik dari NX210. Kemudian harga juga relatif lebih murah Sony NEX5N ketimbang Samsung NX210. Bisa pilih Samsung NX210 kalo butuh external mic input, higher true resolution atau kemampuan untuk membuat foto 3D. Selain dari itu saya rekomendasi Sony NEX5N.

  • andhika

    mas mohon infonya untuk tripod yang ada layanan service centernya di sini merk apa ya?

    • bismafs

      Hmmm…setahu saya untuk merek2 tripod belum ada yg authorized distributor di sini. Mungkin yg lain ada informasi lain. Untuk merek2 besar seperti Gitzo, Manfrotto, dll seharusnya bisa di jamin oleh toko mengenai garansinya yah.

  • Mia Rachmatia S.

    Mas, saya masih pemula. Saya punya CANON EOS 60D, dengan lensa kit, 18 – 55 mm. Saya berniat untuk membeli lensa baru, kira-kira apa ya yang bisa direkomendasi? Objek yang biasa saya ambil objek jauh.. Kira-kira berapa budget yang diperlukan?
    Saya otodidak dan belom tau banyak seluk-beluk fotografi dan kamera, biasanya tempat untuk belajar itu dimana ya? Kalau komunitas, biasanya komunitas apa ya, untuk kalangan mahasiswa..

    • bismafs

      Halo Mia,
      Untuk lensa rekomendasi tergantung bujet. Intinya kalo bujet 2 juta yah rekomendasinya beli lensa yang harganya 2 juta. Bisa aja saya rekomendasikan lensa yang kualitasnya selangit tapi kalo bujet nggak nyampe juga percuma, nantinya malah jadinya nggak motret2 :)
      Mia domisilinya dimana? Nanti saya bisa rekomendasikan tempat belajar atau komunitas di tempat Mia.

      • Mia Rachmatia S.

        Kalo untuk bujet yang 2 juta, itu lensa cukup atau sudah bagus? Trus, lebih rekomendasi mana lensa standard zoom sama lensa telephoto zoom, mas?
        Di daerah jakarta barat, mas.. Oh iya, untuk tempat belajar itu, kira-kira bujetnya berapa ya, mas ;)

        • bismafs

          Sebelumnya udah punya yang 18-55mm kan? Berikutnya bisa beli yang 55-200mm atau 70-210mm. Jadi sudah mencakup semua rentang focal length dari 18mm sampai 200mm. Cukup untuk buat yang baru mulai start mendalami fotografi. Nggak usah terlalu khawatir dengan bagus atau enggak dengan harga 2 juta, yg penting lensanya ada dan dipake dulu untuk belajar dan berkreasi.

          Untuk belajar fotografi bisa search aja di Google, kalo di Jakarta banyak deh. Atau belajar di FotografiDesain juga bisa :) Infonya di http://fotografidesain.com/kursus-fotografi-photoshop-lightroom/

  • Whay

    Mas mau tanya, saya penggemar aviasi jadi kepengen banget punya kamera dengan lensa yang baik untuk spotting pesawat di bandara. Selain itu saya juga suka untuk candid foto subjek dari jarak yang agak jauh. Kamera dan lensa apa yang cocok untuk beginner dengan keinginan seperti diatas. Terutama jika budgetnya maksimum 10 juta an?

    Terima kasih

    • bismafs

      Halo mas Wahyu. Karena ini peruntukannya untuk subjek yang jaraknya jauh, kita konsentrasi di lensa dulu aja yah. Berarti butuh lensa tele, dan agar bisa fleksibel saya rekomendasikan tele zoom dengan focal length maksimal bisa sampai 200-300mm.
      Saya akan ambil contoh untuk brand Nikon:
      1. Lensa Nikon 55-300mm f/4-5.6G VR (New sekitar 3.3jt)
      3. Body Nikon D5100 (New sekitar 6jt sudah termasuk lensa kit 18-55mm) Untuk Canon:
      1. Lensa Canon 75-300mm f/4-5.6 IS (New sekitar 2.1jt)
      2. Body Canon 650D (new sekitar 7.8jt sudah termasuk lensa kit 18-55mm) Sisa uangnya bisa dibelikan tripod untuk motret aviasi dng lensa tele yang subjeknya jauh.
      Mudah2an bisa membantu :)

  • thomas

    mas ini artikelnya membantu sekali,oh iya mas saya mau tanya,kalo buat pemula cara memilih lensanya bagaimana ya mas?,mohon bantuannya

    • bismafs

      Terima kasih. Untuk lensa sebenernya udah disebutkan di artikel di atas. Untuk pemula bisa mulai dengan lensa kit yang biasanya disertakan pada saat belli kamera. Umumnya lensa kit ada di rentang 18-55mm atau 18-135mm. Silahkan pahami karakteristik lensa tersebut. Walau harganya relatif murah, lensa kit bukan berarti lensa jelek kok. Kalo udah bener2 paham lensa kit biasanya kebutuhan berikutnya adalah fast lens, bisa pilih lensa 50mm f/1.8 yang relatif murah2 juga. Dari situ bisa mulai eksperimen sama Depth of Field yg lebih sempit, low light photography dan maen2 bokeh :).

  • Mhasby_mp

    Trims, mudah2an hidup anda berkah

    • bismafs

      Amin. Terima kasih :)

  • Erenshea

    mas saya irang awan masalah potographi, bisa minta saran mas tiper kamera apa yg cocok untuk pemula seperti saya? :) terima kasih :))

    • bismafs

      Untuk tipe kamera seperti yang saya tulis, coba sesuaikan dengan lingkungan sekitar. Kalo lingkungan Anda banyak pakai kamera Canon, belilah kamera Canon. Kalo banyak yang pakai Pentax, belilah kamera Pentax. Untuk tipe spesifiknya sesuaikan dengan bujet yang ada.

  • Bisa kasih recommend, kamera yang bagus buat pemula. Thanks.

    • bismafs

      Beli kamera sesuai bujetnya. Kamera yg bagus untuk pemula adalah kamera yg sesuai dengan bujet Anda. Jadi kalo bujetnya 3jt maka belilah kamera yang harganya 3 juta. Yang penting sekarang Anda pegang kamera dulu untuk mulai berlatih, sedikit demi sedikit nanti Anda bisa mulai mengukur kebutuhan riil nya seperti apa. :)

      • Mift Inspire

        Thanks mas sarannya… saya dari prosumer berlatih terus…dan sekarang ingin ke DSLR …

        memang harus tenang membeli kamera.. harus sesuai kebutuhan dan kemampuan

  • Farlydatau

    sungguh suatu pencerahan, artikel ini pantas dapat award untuk para orang awam yang bener2 fresh baru mau terjun ke dunia fotografi

    • bismafs

      Terima kasih :)

  • Chandra Erdi

    klo mau beli kamera (hanya body) dan lensa focal length (sapu jagat) harus siapin bujet berapa ya mas?

    • bismafs

      Lensa 18-200 untuk Nikon yg terbaru sekitar 8jt, Canon 6jt & Tamron sekitar 5jt. Untuk body tergantung tipenya pak, mulai dari 4jt yg entry level body only. Jadi total bisa sekitar 10jt untuk body + lensa 18-200. Coba cek website toko kamera online. Salam.

  • Mukhlis Hanif

    saya photografer amateur yang ingin mengais rejeki dari photo pra wedding.. menurut anda mana bagus Nikon D90 sama Canon 50 D.. kira2 bekisar berapa harga keduanya untuk saat ini.
    terima kasih.

    • Anonim

      Halo mas Mukhlis. Untuk Nikon D90 dan Canon 50D kurang lebih berada dalam “kelas” yang sama, beberapa perbedaan diantaranya adalah:
      1. Efektif pixel resolusi. D90 12 Mpx sedangkan 50D 15 Mpx. Kalau nantinya banyak cetak ukuran yang besar-besar bisa pilih 50D
      2. D90 sudah support untuk rekam video HD, 50D belum. Jadi kalo nanti mau dipake buat rekam video juga bisa pilih D90
      3. D90 menggunakan memory card SD sedangkan 50D menggunakan CF. Memory card SD umumnya lebih murah dibandingkan CF, sedangkan CF lebih cepat proses write nya.
      4. Canon 50D sudah weather shield (water & dust resistant) sedangkan D90 tidak.
      5. Secara umum D90 dimensi dan beratnya lebih kecil daripada 50D. Mengenai harga karena berada di kelas yang sama dan sama2 keluaran tahun 2008, maka harganya kurang lebih sama dikisaran 7juta untuk body only new. Silahkan mas Mukhlis pilih, saran saya sih lihat aja kira2 teman2 atau lingkungan seputar mas Mukhlis lebih banyak pake brand yg mana. Canon atau Nikon.
      Selamat berbisnis prewedding, semoga sukses! :)

  • Pingback: Tips Membeli Kamera Pertama Untuk Pemula « frida.chusna@yahoo.co.id()

  • Stefanus Galih Unantyo

    klo untuk arsitektur kamera apa yang bagus pak.. ^_^

    • Anonim

      Untuk arsitektur umumnya memaksimalkan Angle of View (AoV) jadi banyak
      menggunakan lensa wide angle. Selain itu lensa dng fitur perspective
      correction juga berguna untuk mendapatkan sudut perspektif yg normal.
      Untuk kamera bisa apa aja, idealnya sih kamera full frame supaya bisa
      memaksimalkan AoV dari lensa wide angle yg dimiliki.


      Bisma F Santabudi
      http://www.fotografidesain.com/
      twitter: @bisma

      • rif

        Salam kenal suhu bisma

        Saya mau beli kamera untuk photo arsitektur. mau tanya kamera merek apa dan typenya berapa sekalian lensa apa yang terbaik ?

        Please jawab ya .
        terima kasih

  • Dewindriyani87

    thanks..berguna sekali…

    • Anonim

      Your welcome :)

      • samsul

        mas saya mau tanya

        ngebedain kamera yg asli dgn yg imitasi gimana ya?

        • bismafs

          Hampir semua kamera dng merek besar seperti Canon, Nikon, Sony, dll sulit ditemukan imitasinya. Amannya kalo beli kamera pastiin dapet garansi resmi yg bisa ditanyakan langsung ke tokonya.

      • Mas kalo lensa fix dipakein ke canon 1000d bagus apa engga ?

        • Nggak masalah kok. Sekarang tinggal lensa fix nya bagus apa enggak :)