Tips Membeli Kamera Pertama Untuk Pemula

tips membeli kamera pertama untuk pemula

Nah mudah-mudahan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas akan ada gambaran seperti apa kamera yang akan Anda pilih nantinya. Apabila Anda masih bingung atau ada pertanyaan silahkan tinggal comment. Sebagai penutup berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pada saya:

1. Kamera analog atau digital?

Apabila Anda baru mau belajar fotografi saya sarankan untuk beli kamera digital. Kamera analog (film) memang murah, tapi harus diingat ada ongkos yang harus Anda keluarkan setiap kali memotret yaitu untuk beli film, ongkos cuci dan ongkos cetak. Memang tidak terlalu besar, tapi kalau kelak Anda sering memotret maka akan terasa cukup memberatkan. Kamera digital memang relatif lebih  mahal, tapi kedepannya hampir tidak ada biaya yang Anda keluarkan setiap kali Anda memotret. Dengan kemampuan untuk langsung melihat hasil fotonya, maka akan sangat mempermudah Anda untuk belajar fotografi.

2. Ada rekomendasi toko kamera?

Biasanya saya beli perlengkapan fotografi saya secara online. Pertama saya lihat harga pasaran dengan mengunjungi situs web toko-toko kamera yang umum. Berikutnya saya akan browse forum-forum online (seperti kaskus.us atau fotografer.net) untuk mencari barang yang saya mau. Kenapa forum online, karena biasanya saya dapat melihat track record dari si penjual. Saya menghindari membeli dari penjual dengan track record yang buruk dan saya selalu menggunakan sistem COD (Cash On Delivery).

3. Beli baru atau second?

Bila Anda pemula saya rekomendasikan beli baru. Apabila hendak beli second usahakan Anda didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman dan tahu mengenai barang yang Anda beli. Keuntungan dari membeli baru adalah jaminan barang dengan kondisi maksimal dan adanya garansi yang menyertainya. Garansi penting karena sebagai pemula apabila terjadi sesuatu bisa langsung complaint lewat garansi. Selain itu tentu saja harga jual kembali yang lebih baik karena Anda adalah pemilik pertama. Keuntungan dari membeli second adalah Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang masih OK dengan catatan Anda benar-benar paham mengenai apa yang Anda beli.

4. Beli flash/blitz perlu nggak sih? Gimana dengan tripod?

Apabila Anda pemula maka blitz atau flash tidak terlalu penting di awal. Karena umumnya kamera sekarang telah dilengkapi dengan internal flash yang sudah mencukupi untuk pemula. Kelak apabila Anda sudah masuk ke kategori serious amateur maka external flash bisa menjadi pertimbangan.

Belilah tripod sesuai kebutuhan. Tipsnya adalah beli tripod seringan dan sekuat yang dimungkinkan oleh bujet Anda. Cari tripod yang ringan karena tripod ini akan Anda bawa-bawa bersama Anda. Tripod yang berat akan cepat membuat Anda capek pada saat membawa-bawanya. Cari tripod yang kuat karena tripod ini akan menjadi kaki dari kamera Anda. Anda tidak ingin kamera Anda jatuh gara-gara tripod yang jelek.  Jadi jangan beli tripod asal-asalan dan murahan. Apakah Anda mau mempercayakan kamera & lensa Anda yang berharga hingga belasan juta rupiah disangga oleh tripod seratus ribuan? Perlu dicatat, semakin ringan dan kuat tripod, semakin mahal harganya. Jadi pertimbangkan baik-baik keputusan untuk membeli tripod.

5. Perlengkapan apa lagi yang penting?

Untuk pemula pertimbangkan juga untuk membeli tas khusus kamera. Membawa kamera & lensa di tas yang tidak disiapkan untuk itu akan cukup beresiko. Mulai dari rusaknya kamera dan lensa karena saling berbenturan atau dengan benda lain di dalam tas, sampai masalah ergonomis yang membuat Anda tidak nyaman membawa-bawa tas tersebut. Pilih tas yang kuat membawa beban (tanyakan ke pembuat tas atau lihat di brosur beban maksimal tas tersebut), aman dari tangan jahil dan cuaca (waterproof atau sudah dilengkapi rain cover?). Pada saat ini banyak merek tas kamera dari yang populer seperti merek Lowepro, Kata Bags, Crumpler, National Geographic dll. Saya sendiri lebih memilih produk tas lokal yang sudah berpengalaman. Anda bisa search di forum forum online untuk tas lokal yang bagus-bagus. Saya rasa secara kualitas tidak kalah dengan merek luar dan harga juga lebih bersaing.

Photo credit: Helga’s Lobster Stew