Tips Memilih Tempat Workshop Kursus Photoshop

tempat workshop kursus Photoshop

Saat ini kebutuhan untuk dapat menguasai aplikasi Adobe Photoshop semakin tinggi. Karena itu bermunculan tempat-tempat yang menyediakan workshop dan kursus Photoshop untuk mereka yang ingin belajar Photoshop. Dalam tulisan kali ini saya ingin sharing mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin belajar Photoshop dengan memilih tempat workshop kursus Photoshop. Pengalaman saya menjadi pengajar dan instruktur lebih dari 10 tahun sekiranya dapat membantu Anda untuk dapat memilih tempat belajar dan kursus Photoshop yang tepat.

Tentukan Tujuan

Apakah tujuan Anda belajar Photoshop? Photoshop sebagai sebuah aplikasi didesain tidak hanya untuk fotografer tetapi pada awalnya didesain untuk kepentingan desain grafis. Bila Anda seorang fotografer dan keperluan belajar Photoshop adalah untuk editing foto maka pilihlah tempat workshop kursus Photoshop yang fokus untuk kebutuhan fotografer. Dengan demikian materi-materi yang diberikan dalam kursus tersebut akan fokus dengan kebutuhan fotografi.

Kenali Kemampuan Awal

Jangan malu untuk memilih tempat workshop kursus Photoshop yang ditujukan untuk pemula kalau merasa kemampuan Anda masih dalam level pemula. Salah satu yang membuat peserta workshop tidak nyaman adalah ketika ia salah memilih kelas (masih pemula tapi masuk ke kelas intermediate atau advance) sehingga proses belajar menjadi tidak efektif.

Selain itu pastikan Anda memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikan komputer termasuk perintah-perintah dasar seperti Copy Paste, File Explorer, dll. Dengan demikian proses belajar Anda nantinya akan lebih efisien.

Waktu & Materi Yang Akan Diajarkan

Sebelum Anda memilih tempat kursus, pelajari terlebih dahulu materi yang diberikan apa saja. Tempat workshop kursus Photoshop yang baik pasti akan memberikan semacam outline atau garis besar dari materi-materi apa saja yang nanti akan diajarkan selama workshop atau kursus. Perhatikan materi tersebut apakah sesuai dengan tujuan Anda belajar Photoshop atau apakah materi-materi tersebut sesuai dengan kemampuan Anda saat ini.

Berikutnya perhatikan apakah waktu yang diberikan sesuai dengan materi yang diberikan. Seperti kita ketahui workshop atau kursus waktunya bisa bermacam-macam; ada yang 1/2 hari, full day atau 2 days. Apakah dengan waktu tersebut materi bisa disampaikan secara optimal?

Kenali Pengajar atau Instrukturnya

Di era teknologi informasi saat ini mudah untuk kita dapat melihat paling tidak latar belakang seseorang secara umum. Untuk itu coba kenali terlebih dahulu siapa yang nanti akan menjadi pengajar atau instruktur di workshop atau kursus tersebut. Coba Googling, lihat aktifitas sosial medianya atau tanya ke teman-teman di komunitas agar Anda dapat menilai kapasitasnya sebagagai pengajar atau instruktur.

Setelah Anda mempelajari hal-hal di atas berikutnya Anda bisa menilai dari biaya yang ditawarkan. Apakah dengan biaya sebesar itu dapat memenuhi tujuan Anda belajar Photoshop? Apakah dengan biaya tersebut Anda mendapatkan pengajar yang tepat? Apakah ada hal lain yang didapat dari kursus tersebut seperti handout, konsumsi, dll?

Berikut ini adalah tips ketika mengikuti workshop atau kursus Photoshop. Dengan menyiapkan hal-hal berikut sebelum mengikuti workshop atau kursus maka proses belajar Anda akan lebih efisien dan efektif.

Siapkan Komputer/Laptop

Apabila Anda diminta membawa laptop sendiri maka pastikan aplikasi Adobe Photoshop sudah terinstall terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas. Tes jalankan aplikasi tersebut sebelum datang ke tempat workshop kursus Photoshop dan mengikuti kelas untuk memastikan bahwa aplikasi dan laptop Anda dalam keadaan baik dan tidak bermasalah nantinya. Pastikan bawa charger/adaptor laptop serta storage external (USB flash disk atau HDD external untuk copy data).

Gunakan Mouse

Seringkali saya melihat peserta kelas workshop atau kursus Photoshop memilih menggunakan trackpad laptop karena tidak terbiasa membawa mouse untuk laptop. Hal ini sangat tidak disarankan karena operasional Photoshop yang efisien membutuhkan input device berupa mouse atau pen tablet. Jadi bawalah mouse pada saat mengikuti workshop atau kursus Photoshop.

Perhatikan Kemudian Coba

Kadang peserta workshop sering tidak sabar untuk langsung mempraktekan langkah-langkah yang sedang diterangkan oleh pengajar. Saran saya perhatikan dulu langkah-langkah tersebut sampai selesai baru kemudian Anda coba. Jangan khawatir Anda akan ketinggalan materi karena Anda bisa bertanya atau meminta instruktur untuk mengulang kembali langkah-langkah tersebut. Selain itu Anda bisa meminta instruktur untuk tidak memulai materi berikutnya sebelum Anda menyelesaikan langkah-langkah yang sedang Anda kerjakan.

Tidak Semua Dijelaskan

Dalam aplikasi Adobe Photoshop terdapat lebih dari 64 tools, 28 panel, dan 600 options. Karena itu tidak mungkin instruktur menjelaskan semua hal tersebut, instruktur atau pengajar yang baik akan fokus pada fitur-fitur penting sesuai dengan tujuan workshop agar waktu workshop dan kursus bisa lebih optimal. Jadi bila Anda ada pertanyaan yang sekiranya tidak ada hubungannya dengan materi yang disampaikan bisa Anda sampaikan diluar waktu workshop atau kursus. Namun bila pertanyaan tersebut menurut Anda berhubungan dengan materi yang disampaikan sebaiknya langsung Anda tanyakan pada saat workshop atau kusus langsung.

Materi Yang Baik Bentuknya Sistematis

Materi workshop atau kursus Photoshop yang baik disusun secara terstruktur atau sistematis. Jadi ikuti materi yang diberikan dari awal sampai akhir, bila Anda miss materi-materi di awal maka kemungkinan besar sekali Anda akan kebingungan di materi berikutnya. Sekedar info, materi-materi awal cenderung teknis dan sedikit ‘boring’ tapi dari pengalaman saya justru materi-materi dasar ini yang penting untuk menanamkan kemampuan fundamental yang sangat penting ketika masuk ke materi-materi yang lebih advance.

Tanya, Tanya dan Tanya

Jangan pernah sungkan untuk bertanya. Pengalaman saya menjadi pengajar lebih dari 10 tahun memperlihatkan pada saya bahwa kita sebagai orang Indonesia sangat sungkan dan malas bertanya. Seperti yang biasa selalu saya sampaikan ke peserta di kelas workshop saya; bila ada yang tidak jelas segeralah bertanya. Karena bertanya menunjukan kecakapan intelejensia dan antusiasme Anda terhadap materi. Selain itu pertanyaan Anda mungkin juga akan membantu peserta lain dalam memahami materi yang diberikan.

Jaga Antusiasme

Walaupun Anda akan mengikuti workshop atau kursus, tidak ada salahnya Anda belajar sedikit terlebih dahulu baik dari buku atau media lain mengenai materi. Dengan demikian paling tidak Anda telah memiliki bekal sedikit tentang apa yang akan Anda pelajari pada saat mengikuti workshop atau kursus nantinya. Pertahankan antusiasme dan konsentrasi selama workshop dengan aktif bertanya dan berdiskusi.

Demikian tips dalam memilih dan mengikuti workshop atau kursus Photoshop. Mudah-mudahan berikutnya Anda dapat memilih tempat belajar Photoshop yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Untuk info workshop dan kursus Photoshop bisa Anda lihat di FotografiDesain Workshop.