Tips seleksi rambut secara detail dengan Adobe Photoshop

Pekerjaan melakukan seleksi di Adobe Photoshop merupakan teknik mendasar yang harus dikuasai seorang retoucher. Karena seleksi yang baik dan rapih sangat penting dalam menghasilkan retouch yang natural sehingga hasilnya bisa terlihat maksimal. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan tips seleksi rambut secara detail dengan menggunakan Adobe Photoshop. Tutorial ini merupakan tutorial ketiga yang saya buat mengenai cara melakukan seleksi setelah sebelunya saya sempat membahas mengenai basic tutorial melakukan seleksi rambut dan tutorial melakukan seleksi pada background yang kompleks. Sedangkan pada tutorial kali ini saya akan memberikan 3 buah tips yang dapat membuat hasil seleksi terutama pada bagian rambut menjadi lebih rapih hingga ke detail rambut-rambut halusnya.

Tutorial ini merupakan jawaban dari pertanyaan yang disampaikan salah seorang pengunjung FotografiDesain via twitter mengenai cara seleksi rambut yang detail di Photoshop CS4. Walaupun pada tutorial ini saya menggunakan Photoshop versi CS6 namun dasar dari cara seleksinya sama saja sehingga tutorial yang saya sampaikan dapat juga diterapkan pada Photoshop versi CS4. Hanya saja dari pengalaman saya, fitur Refine Edge yang ada pada Photoshop versi CS6 bekerja jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Ketika melakukan seleksi rambut dengan bantuan fitur tersebut di versi CS6 mengasilkan seleksi yang lebih rapih dan baik dibandingkan pada versi sebelumnya. Namun sekali lagi seperti yang saya sampaikan langkah-langkah yang digunakan sama saja antara CS6 dan CS4.

Sebagai bahan untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan foto subjek berikut dari 2happy:

Tips seleksi rambut dengan Adobe Photoshop

Kemudian untuk background saya menggunakan foto dari palmerkim29:

white plastered wall

Berikut video tutorial mengenai tips seleksi rambut secara detail dengan Adobe Photoshop:

  • Anugrah Pandey

    kok ngga jadi klo mau di brush agar rmbut halusnya kelihatan. apa mungkin gara-gara pake photoshop cs4 ???

    • Di brush pake warna putih?

  • Bagus Widodo

    misalnya kyk gmbr ini bisa diseleksi juga?

    • bismafs

      Bisa aja, tapi caranya tentu nggak akan semudah yg di atas karena backgroundnya lebih kompleks. Coba lihat tutorial saya yg lain tentang seleksi dng background yg komplek di http://fotografidesain.com/2012/09/seleksi-foto-dengan-photoshop/

      • Bagus Widodo

        sudah saya liat juga…tp yg itu rambutnya ga terlalu kompleks bos…
        jadi kyknya beda kasus, ga bisa diterapkan ni … :D

        • bismafs

          Konsep dasarnya sama saja, seleksi dng selection tool yang ada di PS. Kebanyakan orang pengen begitu buat seleksi pertama langsung sempurna hasilnya, padahal tidak seperti itu, terutama dng area seleksi yg kompleks. Mulailah dng seleksi dasar dulu dng selection tool apa saja, lalu refine selection dng tombol Shift dan Alt (Add to dan Subtract selection), kemudian bila perlu gunakan Refine Edge jangan lupa juga refine selection dng Path tool. Intinya semakin kompleks area seleksi yah butuh usaha yang semakin banyak juga bahkan sampai ke pixel selection :)

  • Bagus Widodo

    klw backgroundnya simple kyknya bisa ni…tp kalau backgroundnya ruwet gmana bos? bisa diterapkan juga?

  • Mantrap mas,,
    :)
    (y)
    3 jempol deh,,,

    • bismafs

      Terima kasih =)

  • Stupied Time

    Thanks Bisma,..(tapi kaya y bt seleksi Badan,.lebih akurat klu pk Pen tol)sekalian ane mau reques totu bt make Pen toll..Good job..

    • bismafs

      Yah betul, makanya seleksi antara rambut dan badan dipisahin. Untuk badan bisa pake macem2 tool seleksi seperti Pen tool

  • gimana mau masukin b.groundnya bro kayak di menit 10:21 pda tutorial

  • tutorial…maklum sangat pemula dan tutorial ini sangat membantu saya belajar” cs6…

    • bismafs

      Terima kasih :)