Top 10 Artikel & Tutorial 2016

Tidak terasa kita telah menjelang pergantian tahun yang baru dari 2016 menuju tahun 2017. Dalam post kali ini saya ingin mereview top 10 artikel dan tutorial di tahun 2016 yang mendapatkan perhatian dan popularitas paling tinggi. Top 10 artikel dan tutorial 2016 ini saya dapatkan datanya via Google Analytics berdasarkan jumlah pageview selama tahun 2016.

Berikut adalah top 10 artikel dan tutorial terpopuler sepanjang 2016:

10. Tutorial Singkat Merubah Hitam Menjadi Warna Lain

merubah hitam

Tutorial ini dibuat berdasarkan pertanyaan dari salah satu pengunjung FotografiDesain.com via post comment. Salah satu kesulitan untuk pemula adalah merubah hitam atau putih menjadi warna lain dengan menggunakan Adjustment di Photoshop. Dalam tutorial ini saya perlihatkan cara mudah untuk merubah warna tersebut di Photoshop.

9. Cara Menghaluskan Kulit di Photoshop Dengan Teknik Frequency Separation

Teknik Frequency Separation merupakan salah satu topik favorit di FotografiDesain. Dalam tutorial ini saya perlihatkan bagaimana melakukan skin smoothing dengan teknik yang powerfull ini.

8. Efek Foto Miniatur Dengan Adobe Photoshop

efek foto miniatur

Efek foto miniatur merupakan salah satu efek foto yang populer di tahun 2016. Dengan menggabungkan antara teknik foto yang tepat dan post processing yang benar maka hasilnya adalah foto dengan efek yang menarik. Dalam tutorial ini saya pun memberikan beberapa gambar background yang dapat digunakan untuk membuat efek foto miniatur ini.

7. Cara Membuat dan Menghilangkan Efek Kabut Pada Foto

cara membuat efek kabut

Tutorial ini merupakan tutorial lengkap bagaimana menghilangkan ataupun membuat efek kabut / haze. Tidak hanya dengan aplikasi Adobe Photoshop tapi juga dengan menggunakan aplikasi Adobe Lightroom.

6. Membuat Foto Dengan Efek Film Horor Dengan Adobe Lightroom

efek film horor

Tutorial ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Adobe Lightroom. Tujuannya adalah untuk mengenalkan beberapa fitur di aplikasi Adobe Lightroom untuk merubah exposure dan tone sehingga menghasilkan mood seperti layaknya adegan dalam film horor.

Berikutnya peringkat 5 sd 1: