Infografik Trend Fotografi 2016 Menurut Canon Amerika

Canon Amerika baru-baru ini merilis hasil studi mereka mengenai trend fotografi di Amerika. Studi dengan nama Canon 2016 Photography Trend Study dilakukan secara online dengan responden dewasa sebanyak 1004 orang di Amerika dari tanggal 21 – 26 April 2016.

Studi ini memang dilakukan di terhadap warga Amerika, namun kita dapat melihat bagaimana secara umum trend fotografi di 2016 ini. Banyak hal menarik yang muncul dari studi ini yang dapat kita bahas dan kita bisa antisipasi secara bisnis dan human resource, karena bisa jadi trend tersebut juga akan menjadi trend fotografi di Indonesia.

Berikut ini adalah hasil studi dari Canon Amerika:

Download infografik di sini.

Beberapa fakta menarik diantaranya adalah begitu banyak (80%) dari responden yang menyatakan level fotografi mereka adalah Good to Excellence. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa fotografi sebagai sebuah teknologi dan industri telah memberikan level kemudahan yang baik kepada pemakainya. Hal ini terutama setelah berkembangnya teknologi fotografi digital yang memudahkan orang untuk mempelajari fotografi yang terlihat dimana sebagian besar orang (62%) merasa skill fotografi mereka meningkat.

Hal lain yang juga menarik bahwa di tengah kemajuan teknologi digital dan sosial media, 64% dari responden menyatakan bahwa mereka mencetak foto dalam berbagai format. Data ini memang berasal dari penduduk Amerika Serikat, namun ini bisa menjadi indikator bahwa bisnis yang berhubungan dengan printing masih bisa hidup dan mungkin akan menjadi peluang bisnis di Indonesia.

Hampir semua saluran media sosial dikuasai oleh foto selfie namun kenyataannya foto yang terbanyak dibuat adalah foto dengan subjek hewan peliharaan dan foto orang terdekat (keluarga dan teman). Sementara tempat yang paling populer untuk memotret adalah pada saat acara keluarga atau tempat liburan. Sementara itu, semakin banyak orang yang memanfaatkan fitur video pada kamera untuk membuat content online dimana setengah dari responden menggunakannya untuk video selfie.

Foto dan makanan saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan lebih dari 178 juta foto di Instagram yang menggunakan #food. Dari 1004 responden, lebih dari setengahnya mengakui mereka memotret makanan dengan alasan untuk pamer makanan yang mereka buat. Trend makanan yang paling sering difoto adalah es krim, kemudian pizza dan lalu pasta.

Dari trend fotografi di Amerika ini kita dapat melihat bahwa fotografi telah berkembang menjadi sebuah keahlian yang dianggap umum untuk dikuasai oleh sebagian besar orang. Selain itu orang juga akan lebih mudah menghasilkan content video dari sebelumnya dengan adanya bantuan fitur video pada kamera still foto. Cetakan atau print ternyata masih bisa hidup, sebagai orang yang masih menjunjung konsep foto harus berakhir di cetakan, tentu saya sangat meng-encourage para hobiis fotografi untuk terus mencetak foto agar industri fotografi tetap memiliki variasi yang lebih beragam.

Sumber: Press Release Canon