Tutorial Efek Jendela Basah Dengan Photoshop

Tutorial kali ini mungkin salah satu diantara tutorial yang saya sendiri susah memberikan namanya :) Berawal dari musim hujan yang terjadi saat tutorial ini dibuat, saya jadi terinspirasi untuk membuat efek kaca jendela basah atau berembun karena hujan dan dingin yang dapat dipadukan dengan beberapa foto tidak hanya portrait tapi juga mungkin landscape dll. Setelah lihat sana siniĀ  dan coba sana sini akhirnya ketemua tutorial yang menurut saya cukup efektif dan fleksibel untuk menghasilkan efek jendela basah ini dengan Photoshop.

Untuk tutorial ini saya menggunakan foto dari Steven Santiago sebagai berikut:

Bianca

Untuk tekstur kaca Anda bisa search di Google untuk berbagai variasi. Saya menggunakan tekstur dari FX-Ray yang bisa Anda download di bawah ini:

Hasil akhir dari tutorial ini adalah sebagai berikut (klik pada foto untuk ukuran lebih besar):

efek jendela basah

Seperti yang saya tulis di atas, saya ingin membuat sebuah teknik untuk membuat efek jendela basah yang juga cukup fleksibel digunakan pada beberapa foto. Sehingga tidak hanya mudah diterapkan pada foto portrait atau beauty seperti contoh di atas, efek jendela basah ini juga dapat dengan mudah dipadukan dengan foto lainnya. Seperti contoh pada foto berikut:

Berikut tutorial efek jendela basah di Photoshop: