Tutorial Menggunakan Filter Nik Collection Bagian 1 (Sharpener Pro, Dfine dan Viveza)

filter nik collection

Tulisan ini merupakan rangkaian dari tulisan sebelumnya mengenai plugin Nik Collection dari Google yang dirilis secara gratis. Untuk mendownload plugin ini Anda bisa lihat linknya di halaman ini. Untuk tutorial kali ini saya akan membahas filter filter Nik Collection yang ada di dalam plugin ini. Totalnya terdapat 7 filter Nik Collection yang terdiri dari Sharpener Pro, Dfine, Viveza, Color Efex Pro, Silver Efex Pro, Analog Efex Pro, dan HDR Efex Pro. Tutorial filter Nik Collection ini saya bagi dalam 3 bagian agar video tidak menjadi terlalu panjang.

Untuk bagian pertama ini saya akan membahas 3 filter yaitu:

1. Filter Sharpener Pro

Filter ini berfungsi untuk menajamkan (sharpen) foto yang terdiri dari 2 pilihan yaitu RAW Presharpener dan Output Sharpener. RAW Presharpener merupakan filter yang diaplikasikan setelah RAW processing yang telah saya jelaskan di video Panduan Awal Menggunakan Plugin Nik Collection Bagian 3 mengenai workflow. Di video ini saya akan menjelaskan mengenai cara menggunakan filter Output Sharpener dan seting yang digunakan.

2. Filter Dfine

Filter ini fungsinya untuk noise reduction atau mengurangi noise yang ada pada foto. Noise biasanya muncul salah satunya karena penggunaan ISO yang tinggi.

3. Filter Viveza

Filter ini merupakan salah satu filter untuk Photoshop dan Lightroom yang powerfull karena kita dapat mengontrol cahaya maupun warna dengan menggunakan Control Point. Sebelumnya saya sarankan Anda untuk melihat video Panduan Awal Menggunakan Nik Collection Bagian 2 mengenai cara kerja dari control point ini.

Selanjutnya: Tutorial Menggunakan Filter Nik Collection Bagian 2 (Color Efex Pro, Silver Efex Pro dan Analog Efex Pro)