Tutorial Efek Foto Double Exposure dengan Photoshop

efek foto double exposure

Tutorial kali ini merupakan tutorial lanjutan dari tutorial saya sebelumnya mengenai cara membuat efek foto double exposure. Tutorial tersebut membahas teknikĀ  basic dari efek ini dengan menggunakan layer blending mode di Adobe Photoshop. Pada tutorial kali ini adalah pengembangan dari tutorial sebelumnya dengan memperlihatkan opsi lain untuk Anda gunakan dalam membuat variasi lain dari efek foto double exposure tersebut.

Sejarah

Teknik double exposure sendiri merupakan teknik foto yang sudah ada jauh sebelum era fotografi digital saat ini. Teknik ini muncul pada saat fotografi masih berbasis film seluloid sebagai media rekam gambarnya. Saat itu, fotografer dapat melakukan berkali-kali exposure dengan scene yang berbeda-beda pada satu frame film yang sama (sehingga teknik ini juga dikenal sebagai teknik multiple exposure). Akibatnya pencahayaan menjadi saling bertumpuk pada satu frame menghasilkan foto dengan beberapa gambar. Teknik ini dulu lazim digunakan untuk menggabungkan beberapa image dalam satu foto, seperti layaknya kita melakukan composite foto di era digital. Pada jaman dahulu teknik banyak digunakan untuk menghasilkan foto-foto hoax seperti foto “penampakan hantu” salah satunya foto berikut ini yang dibuat tahun 1860 oleh fotografer William Mumler mengenai penampakan hantu presiden Amerika Abraham Lincoln:

efek foto double exposure
Credit: Lincoln Financial Foundation Collection, Allen Country Public Library

Tips

Secara teknik ada beberapa hal yang akan sangat membantu Anda dalam membuat foto dengan efek double exposure ini:

  1. Foto yang akan digabungkan sebaiknya memiliki latar belakang yang simple atau satu warna. Tujuannya adalah agar lebih mudah pada saat kita akan melakukan cut out atau memisahkan subjek foto dari background nantinya.
  2. Apabila salah satu foto adalah foto portraiture, beberapa foto dengan efek foto double exposure yang populer memperlihatkan tampak samping dari kepala/wajah. Jadi model atau subjek foto melihat ke arah samping.
  3. Sebaiknya foto subjek memiliki tingkat kontras yang cukup tinggi. Jadi ada area yang terang dan yang gelap yang akan memudahkan terjadinya transisi/blending antara foto yang akan digabungkan. Apabila foto subjek memiliki lighting yang flat sebaiknya Anda retouch terlebih dahulu agar memiliki tingkat kontras yang lebih baik. Tips lain: pada saat melakukan foto pada subjek bisa menggunakan teknik side lighting untuk mendapatkan kontras yang cukup.

Pada tutorial ini saya menggunakan 2 foto dari Christopher Michel dan Jay DeFehr.

Memorable PortraitsUntitled

Berikut tutorial cara membuat efek foto double exposure dengan menggunakan Adobe Photoshop: