Memberikan warna pada foto hitam putih dengan Adobe Photoshop

Memberikan warna pada foto hitam putih

Pada tutorial kali ini saya   akan memperlihatkan bagaimana kita dapat memberikan warna pada foto hitam putih atau istilah lain adalah coloring black and white photo. Tutorial ini merupakan pengembangan dari tutorial sebelumnya dimana saya telah menjelaskan bagaimana kita dapat merubah foto berwarna menjadi hitam putih dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Teknik ini biasa digunakan untuk memberikan warna pada foto-foto lama atau vintage. Foto-foto tersebut karena keterbatasan teknologi pada masanya, biasanya dicetak dengan hasil warna hitam putih atau sepia tint. Nah apabila Anda memiliki foto-foto lama dan kemudian Anda digitalisasi dengan menggunakan scanner, hasil foto digitalnya bisa Anda berikan warna dengan menggunakan teknik yang saya sampaikan dalam tutorial kali ini.

Seperti biasa, untuk melakukan sesuatu di Photoshop selalu ada berbagai cara. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan cara memberikan warna pada foto hitam putih dengan langkah yang relatif mudah dan juga fleksibel. Mudah dalam artian bisa dilakukan dengan hanya menggunakan basic skill Photoshop dan fleksibel dimana kita dapat merubah warnanya setiap saat dengan mudah. Selain itu pada tutorial ini kita akan membuat sedemikian rupa sehingga tonality dari foto asli juga tetap bisa terjaga dengan baik.

Untuk contoh memberikan warna pada foto hitam putih ini, saya menggunakan sebuah foto vintage tahun 1942 dari OSU Special Collection & Archives. Untuk foto lama yang berwarna sepia langkahnya sama saja dengan yang di tutorial ini, hanya saja Anda perlu merubah foto sepia tersebut menjadi hitam putih terlebih dahulu. Untuk merubah foto menjadi hitam putih Anda bisa melihat tutorial saya sebelumnya,

Seperti biasa apabila Anda menggunakan tutorial ini pada karya Anda saya sangat berterima kasih bila Anda men-share hasil karya tersebut di sini. Silahkan tulis linknya di bagian comment.